Baron Abel Rosnovski (1)


Cover Novel Kane and Abel

Cover Novel Kane and Abel

PELAJARAN apa yang dapat saya petik dari membaca novel “Kane and Abel” karya novelis Jeffrey Archer? Jawabnya tiada lain jika kita punya kemauan, di situ pastilah ada jalan. Apakah hanya itu? Ooo tidak. Masih ada yang lain. Jawaban atas pertanyaan terakhir tersebut, akan anda dapatkan setelah tuntas membaca postingan dalam 2 seri ini.  Teriring harapan, postingan ini akan jadi amunisi motivasi….

Novel “Kane dan Abel”, saya baca pertama tatkala masih menjadi ‘Cerita Bersambung‘ (cerbung) di harian Kompas awal 1990-an. Semenjak jatuh hati oleh cerbung tersebut, hampir saban hari justru kisah itu yang saya baca terlebih dahulu dibandingkan berita-berita halaman satu atau halaman opini Kompas. Ibaratnya sudah kecanduan, bila satu hari  cerbung itu terlewatkan saja, di lain hari pasti saya cari-cari. Kalau perlu saya mendatangi perpustakaan Monumen Pers Solo yang memang mendapat kiriman koran dari manapun untuk dijadikan arsip. Membaca cerbung itu pun sudah lewat pukul 12.00 WIB, lantaran memang saat itu harian Kompas tiba di Solo agak siang.

Novel  “Kane and Abel” beberapa tahun kemudian saya dapatkan dalam bentuk buku. Diterbitkan oleh Binarupa Aksara Jakarta pada 1994. Bukan dalam satu buku tebal, melainkan dipecah menjadi 3 buah jilid buku. Mungkin maksudnya agar tidak kelihatan tebal, dan pembaca bisa membeli dengan harga terjangkau satu per satu. Untuk menyegarkan ingatan akan cerbung di Kompas, akhirnya tiga jilid novel tersebut saya beli sekaligus. Dan saya tidak pernah bosan untuk membaca novel inspiratif dimaksud.

Di bon pembelian yang saya tempel di kulit sampul dalam, saya membeli tiga jilid novel itu pada pukul 13:23:10 WIB tanggal 8 Februari 2000. Harga novel itu per jilidnya Rp 9.900. Tertulis pula Karisma Modern Bookshop Graha Cijantung sebagai toko bukunya, dengan nama kasir yang melayani ialah Nining. Entah sekarang berapa harga per jilidnya?

Salah satu kebiasaan saya memang selalu menempelkan bon pembelian buku di sampul dalam buku yang dibeli. Tintanya masih jelas. Hanya cetakan print jaman  sekarang mudah luntur. Beda dengan dulu. Termasuk label harga  yang nempel di sampul plastik pasti saya kuliti pelan-pelan, dan ditempel kembali pada sampul belakang kulit luar.

***

Novel ini telah diterjemahkan ke dalam 35 bahasa. Ia pernah menduduki Nomor 1 di New York Times bestseller. Pada tahun 1985, novel ini dibuat film mini seri pada jaringan televisi CBS Amerika Serikat dengan judul sama.

Novel ini menceritakan kisah dua lelaki yang lahir jauh berbeda. Mereka tidak memiliki kesamaan kecuali sama tanggal lahir (18 April 1906) dan semangat untuk sukses dalam hidup. Lelaki pertama adalah  William Lowell Kane adalah seorang kaya dan berkuasa.

Sedangkan lelaki kedua adalah Abel Rosnovski (awalnya bernama Wladek Koskiewicz). Seorang imigran asal Polandia, yang kemudian berimigrasi ke Amerika Serikat.

Perjuangan kedua lelaki dari latar yang bertolak belakang, guna meraih sukses dan kejayaan dengan lika-likunya yang memikat, akan saya lanjutkan pada postingan mendatang.

*****

Bersambung Bagian 2


Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Tinjauan Buku dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s