Menjadi Ketua OC Ujian Terbuka Promosi Doktor Ilmu Politik M Alfan Alfian


Buku "Militer dan Politik di Turki" karya Dr. M. Alfan Alfian, dosen Universitas Nasional Jakarta.Di situs jual beli online saat ini, harga jual buku Militer dan Politik di Turki karya M. Alfan Alfian sekira lima puluh ribuan perak. Namun, nun di awal sebelum buku tersebut beredar luas, harga jualnya pernah mencapai terendah lima ratus ribu rupiah dan tertinggi dua puluh lima juta rupiah. Dengan demikian, buku karya Alfan Alfian ini merupakan buku penulis Indonesia yang harga jualnya sangat tinggi.

Percaya atau tidak, sebuah buku terjual dengan harga tinggi di atas? Ikuti penuturan kisah sungguh-sungguh terjadi ini hingga tuntas.

Berawal dari pertemuan saya suatu siang dengan M. Alfan Alfian di kantornya, Akbar Tandjung Institute (ATI), bilangan Perdatam Pancoran Jakarta Selatan awal Januari 2015. Alfan, demikian panggilan sehari-harinya, di lembaga penelitian tersebut merupakan salah seorang direktur. Ia seorang penulis artikel politik produktif di media massa cetak nasional. Di samping itu, berprofesi sebagai dosen tetap di Universitas Nasional Jakarta.

Saya dimintanya jadi Ketua Panitia Pelaksana Ujian Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Politik Fisipol UGM Yogyakarta pada Rabu 28 Januari 2015. Lantas saya bertanya berapa anggaran biaya yang dibutuhkan untuk acara tersebut? “Kurang lebih tiga puluhan juta rupiah,” jawab Alfan sembari jari-jari tangannya menari di atas papan ketik laktop.

Begitulah sohib saya yang satu ini. Tidak pernah jemarinya diam. Tiada hari tanpa menulis. Saya sendiri jarang menyelidik apa yang dia tulis. Tak penting tahu. Bagi saya yang penting, dia baik-baik sahaja dan sehat adanya.

Hanya yang saya rasakan, jika menemuinya di sebuah ruangan agak temaram di kantor ATI tersebut, pabila mengobrol berduanya dengannya serasa satu persepsi namun beda frekuensi. Lantaran ketika ngobrol sesuatu agak serius, ia menyambilkan dengan menulis sesuatu di laktopnya. Pun halnya kala membicarakan acara sidang terbuka promosi doktornya itu. 😃

Ringkas kata, saya kemukakan apa-apa saja yang akan dikerjakan tentang pengorganisasian acara sidang terbuka doktornya. Berbeda dengan sidang terbuka program doktor orang lain yang telah disiapkan anggaran biaya oleh yang bersangkutan, sebagai ketua organizing committee (OC), kali ini saya mendapat tantangan jua mencari dana (fundraising). Alamak.

Untungnya, materi disertasi doktor M. Alfan Alfian telah dibukukan jauh hari sebelumnya. Judul bukunya Militer dan Politik di Turki. Dengan buku itulah saya mencari dana ke beberapa kalangan. Selanjutnya saya buat kepanitian kecil dengan menunjuk saudari Ajeng Tenri sebagai sekretaris.

Teknik mencari dana simpel. Panitia membuat surat ke beberapa kenalan (bahkan juga yang tidak kenal), mengabarkan tentang momen ujian promosi doktor M Alfan Alfian sembari mereka berpartisipasi menyukseskan acara dengan cara membeli buku disertasi terlampir. Tak lupa pada buku tersebut, tercantum nama persembahan calon pembeli disertai tanda tangan penulis buku.

Surat OC dimaksud ditandatangani ketua dan sekretaris dengan sepengetahuan dan tanda tangan promovendus.Tak kalah penting tercantum nomor rekening M Alfan Alfian bagi pembeli buku. Dan sengaja dalam surat tidak tertera harga buku. Intinya silakan berpartisipasi seikhlasnya. 😉

Kepada Alfan Alfian, saya juga mengusulkan agar siapa pun yang membantu pencarian dana dengan memanfaatkan jaringan yang dimiliki masing-masing mendapat komisi 50 persen. “Dirimu tak rugi, Fan, yang penting ada dana masuk. Toh bukan dari jaringan kita kok. Pun mereka yang membantu bisa datang dan hadir di Jogja tanpa kita perlu membiayai” kata saya meyakinkan. Sebuah usulan yang ia sepakati.

Sebelum surat dan lampiran buku beredar ke target-target yang telah ditentukan, saya posting secara terbatas di grup WhatsApp tentang promosi dan penjualan buku disertasi M Alfan Alfian dan rencana sidang promosi doktornya di Fisipol UGM Jogja. Di luar dugaan, sambutan dari anggota grup WA menggembirakan. Beberapa orang kenalan membelinya dengan harga antara Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Sebuah awal kerja yang bagus. Sekalipun mungkin ada unsur kasihannya… 😊

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Yang membuat saya ketir-ketir, hingga H-7, dari surat-surat dan buku yang beredar belum ada tanda fundraising berjalan sesuai harapan. Barulah memasuki H-5 hingga pelaksanaan Sidang Terbuka Promosi Doktor di Ruang Seminar Lantai 2 Gedung Pascasarjana Fisipol Bulaksumur UGM, datang laporan si A membeli buku eh menyumbang Rp 5 juta. Si B Rp 10 juta. Dan sebagainya. Bahkan ada penggemar M Alfan Alfian yang membeli bukunya seharga Rp 25 juta. Alhamdulillah.

Janji pun musti ditepati. Seorang teman panitia yang pontang-panting mencari dana, bisa tersenyum lega. Komisi 50 % sesuai perjanjian tetap dibayar utuh oleh panitia.

Suami Istri Pasangan Dr. M. Alfan Alfian dan AlfiasihHingga pelaksanaan acara promosi terbuka doktor usai, saya masa bodoh dengan dana yang terkumpul via rekening Alfan. Bagi saya yang penting segala keperluan biaya yang dibutuhkan tercukupi. Dengan fundraising tersebut, saya bisa melakukan banyak hal. Mulai dari memperbanyak ringkasan disertasi, mencetak ulang buku, rental mobil Jakarta-Jogja PP, membiayai tiket kereta api dan akomodasi hotel beberapa orang teman, membawa kru dokumentasi untuk foto dan video hingga menyewa dua orang model di Jogja sebagai penerima buku tamu.

Di samping itu, agar acara berlangsung nampak meriah, jauh hari saya mengontak beberapa kenalan untuk mengirim karangan bunga ucapan selamat. Nampaknya soal kecil ini perlu juga diskenario, dan berhasil. Dengan puluhan karangan bunga yang terkirim, sekitar ruangan acara nampak meriah dan hidup dengan warna bunga beraneka.

Sebelum pulang ke Jakarta, sebagai ketua panitia saya menerima honor. “Cukup gak, Dwiki?” tanya Alfan. Menurut saya lebih dari cukup, lantaran juga masih memegang saldo. Untuk urusan uang, Dr M. Alfan Alfian adil dan proporsional. Dengan honor dan saldo itulah, sepulang dari Jakarta saya membelikan sebuah motor baru untuk putri sulung yang naik Kelas XI di SMAN 99 Jakarta. 👍🏽

Anda kini sedang mempersiapkan disertasi? Jadikan buku dulu sebelum acara sidang terbuka promosi doktor, dan kontak saya untuk menjualnya dengan harga tinggi….

Dwiki Setiyawan, M Alfan Allfian, Alfiasih dan Udin Jahudin di Fisipol UGM Jogja

Dr. Ir. Akbar Tandjung, Dr. M. Alfan Alfian, Krisnina Akbar Tandjung dan Guru Besar Fisipol UGM Jogja

Bedah Disertasi Buku Militer dan Politik di Turki karya Dr. M. Alfan Alfian

Karangan Bunga Ucapan Selamat Promosi Doktor Ilmu Politik Fisipol UGM Jogja

Undangan Ujian Terbuka Promosi Doktor Ilmu Politik Fisipol UGM Yogyakarta

*****

Foto-foto di atas, merupakan koleksi pribadi. Lebih jauh tentang beberapa dokumentasi promosi doktor M. Alfan Alfian di atas, saya membuat Halaman Penggemar (Fan Page) di Facebook untuk mengabadikannya:

https://www.facebook.com/M-Alfan-Alfian-284866421661468

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Budaya, Jejak Langkah dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s