Kalender Abadi Sistem Manual, Komputer dan Online


Mau mengetahui hari dan pasaran di tahun kelahiran anda, orang tua, saudara dan sebagainya? Atau, hanya ingin mengecek hari apa suatu kejadian penting terjadi di tahun tertentu?  Silakan baca posting Kalender Abadi Manual, Komputer dan Online kurang penting ini. Sekalipun demikian,  rasa-rasanya sangat perlu buat pengetahuan praktis para pembaca.

Gambar yang tersaji di awal posting ini adalah hasil scan Kalender Abadi 4000 Tahun sistem manual. Kalender sistem manual ini milik sendiri di rumah, yang telah saya set untuk mengetahui hari dan pasaran HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 pada 2015. Darinya diketahui hari dan pasaran 17 Agustus 2015 jatuh pada Senin Pon.

Cara kerja kalender abadi sistem manual di atas seperti layaknya mainan anak-anak.  Silakan pembaca klik gambar agar saya bisa menjelaskannya.  Pada scan gambar, terdapat  3 lingkaran warna hitam, merah dan biru. Untuk mencari bulan, diputar lingkaran warna merah sehingga jendelanya mengarah ke bulan Agustus sebelum angka 1.  Sementara untuk menentukan tahun (2015), kepala tahun (20)  lingkaran biru diarahkan ke ekor tahun (15) pada lingkaran hitam. Dengan mengambil garis lurus lingkaran merah tanggal 17 dan lingkaran biru, diketahui  HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2015 jatuh pada Senin Pon.

Kita lupakan saja kalender abadi sistem manual yang cukup ribet itu, lantaran kini dengan program komputer microsoft office excel, pembaca  dipermudah untuk mencari dan menentukan hari di tahun-tahun tertentu.

Pembaca silakan unduh (download) kalender abadi program komputer excel, sebelum saya menjelaskan cara kerjanya. Kalender ini saya unduh dari program freeware (bebas pakai) di situs http://www.cnet.com.

Download-Kalender-Abadi-Aplikasi-Microsoft-Excel

Setelah pembaca unduh dan buka, cara kerjanya sangat mudah. Tinggal masukkan tahun yang diinginkan di kotak Year pojok kiri atas dan tekan enter, maka akan ketemu hari-hari apa saja pada tanggal dan bulan yang mau diketahui. Kalender abadi tersebut masih polos, dan pembaca bisa bereksperimen mengotak-atik sendiri.

Bagi orang Jawa, kelemahan sistem kalender abadi program komputer di atas adalah tidak adanya hari pasaran. Dalam sistem kalender Jawa (Tahun Saka), satu pasaran sama dengan 5 hari. Istilahnya khusus, yaitu: Legi  Pahing, Pon, Wage dan Kliwon.

Untuk menutupi kekurangan tidak adanya hari pasaran tersebut, di belantara maya banyak tersedia kalender abadi sistem online. Salah satunya kalender Bali. Silakan pembaca klik tautan di bawah ini, dan terbuka jendela baru:

Kalender Abadi Bali Online

Cara penggunaan kalender abadi online di situs Babad Bali tersebut juga sangat mudah. Masukkan tahun yang diinginkan di kotak tahun, dan tentukan bulannya, lantas klik hitung. Sebagai contoh saya memasukkan angka 1998 di kotak tahun dan memilih bulan Mei untuk mengetahui peristiwa  sejarah huru-hara dan kerusuhan massal 14 Mei 1998 di Jakarta dan beberapa kota lain di Indonesia saat itu.  Di hasil penghitungan, 14 Mei 1998 jatuh pada Kamis Wage.

Hanya ada sedikit perbedaan pemberian nama pasaran pada  kalender abadi online diatas. Pahing menjadi Paing, dan Legi menjadi Umanis.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sidang pembaca.

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Budaya dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Kalender Abadi Sistem Manual, Komputer dan Online

  1. thianwisnu berkata:

    kalender abadi sistem manual yagn jual dimana yah? minta alamatnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s