Menjuarai Lomba Penulisan Politik (Sebuah Pengalaman)


Tropi Kejuaraan Lomba Penulisan Politik1 (dwiki file)

Tropi Kejuaraan Lomba Penulisan Politik1 (dwiki file)

JARI-JARI kaki adalah jari-jari tangan yang telah meninggalkan jejak di masa lalu…

ooOOOoo


Ini adalah pengalaman saya menorehkan prestasi kecil dua puluh tahun silam. Sebuah kenang-kenangan indah yang terpatri dalam di langit pikiran.

Mohon maaf pula, pabila saya mengungkapkan kisah di ruang publik ini, tiada maksud untuk  merasa diri jumawa. Lantaran itu masa lalu. Namun lebih dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan anak-anak saya yang masih kecil, bagaimana asal muasal dua tropi kejuaraan lomba penulisan politik saya dapatkan…

Sebagai mahasiswa semester tiga Program Komunikasi Massa Fisip UNS Solo Jawa Tengah, bukan main gembiranya tatkala Panitia Lomba Resensi Buku Senat Mahasiswa Fisip UNS memberi kabar naskah yang saya kirim masuk nominasi pemenang. Dari ratusan naskah yang masuk ke panitia, saya diminta mempersiapkan diri mewakili UNS. Untuk menentukan para pemenang lomba regional antar mahasiswa se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu, akan diadakan tanya jawab antara nominator dengan para dewan panelis atau juri dan undangan yang hadir.

Saya sendiri mengirim naskah dengan  titel “Tonggak-tonggak di Perjalanan Mahasiswa Indonesia.” Sebuah resensi atas sebuah buku (dari beberapa pilihan yang sudah ditentukan panitia) berjudul Politik dan Ideologi Mahasiswa Indonesia: Pembentukan dan Konsolidasi Orde Baru 1966-1974 (Jakarta: LP3ES, 1985 ) karya Indonesianis asal Perancis Francois Raillon.

Selanjutnya, pada Agustus 1989 bertempat di auditorium Perpustakaan UNS, berlangsunglah kompetisi itu. Seluruhnya  tampil 6 orang nominator untuk memperebutkan Juara 1 hingga Harapan 3. Setelah tanya jawab dan debat yang cukup melelahkan antara nominator dan juri serta undangan, diumumkanlah para pemenangnya.

Tidak siap-sia, sebagai anak bawang saya menyabet Juara III. Berhak atas tropi Walikota Surakarta. Uang senilai Rp 150 ribu (saat itu uang SPP 1 semester kurang dari Rp 100 ribu). Juga piagam penghargaan dan buku-buku LP3ES dan puluhan majalah Prisma sebagai salah satu pihak sponsor.

Juara 1 diraih saudara Sudarsono, mahasiswa Jurusan Ilmu Sosiatri Fisipol UGM Yogyakarta (pernah ketemu sekali saat ybs jadi wartawan majalah Forum Keadilan). Sedangkan Juara 2 diraih saudara Nur, mahasiswa Akademi Fisioterapi Surakarta. Sementara Juara harapan 1 hingga 3, saya lupa namanya

Esok harinya, harian Kedaulatan Rakyat (KR) Yogyakarta pada halaman utama rubrik Surakarta dan sekitar memuat reportase lomba di atas lengkap dengan foto. Beberapa waktu kemudian juga dimuat di majalah Visi Fisip UNS, dimana saat itu saya juga salah satu redakturnya.

Gara-gara dimuat harian KR, rupanya lurah di desa tempat saya menghabiskan masa kecil dan sekolah dasar  membaca reportase tersebut. Diinformasikan pada Paklik, dan cukup membuat heboh warga kampung. Yang lebih merepotkan, sebagai remaja yang  baru menginjak usia 20-an, setiap menghadiri “lek-lekan” (begadang) dalam rangka “malam midodareni” atau “sepasaran bayi”, saya diminta warga untuk menganalisa perpolitikan nasional. 🙂

Untung saja  sejak SMA saya penggemar siaran berbahasa Indonesia gelombang pendek radio BBC, Radio Australia, Radio Hilversum Belanda, Radio Moskwa, dan VOA. Karenanya, analisa politik nasional kekekinian saat itu saya olah dan bumbui yang lebih “seram” kepada warga kampung yang menanyakan. 🙂



Tropi Kejuaraan Lomba Penulisan Politik2 (dwiki file)

Tropi Kejuaraan Lomba Penulisan Politik2 (dwiki file)

Tidak sampai satu tahun, pada Lomba Menulis dan Presentasi Makalah Politik tahun 1990 yang diadakan Forum Diskusi Mahasiswa Senat Mahasiswa (Fodisma Sema) Fisip UNS, saya kembali menjadi juara. Cukup bergengsi, memenangkan Juara 1. Sekalipun berskala lokal. Lingkup lomba adalah mahasiswa se-Eks Karesidenan Surakarta. Makalah yang saya tulis berjudul “Partisipasi Politik dalam Sistem Politik Indonesia”. Hadiahnya berupa uang, tropi dan piagam penghargaan.

***

Setelah dua puluh tahun paceklik juara, baru pada Oktober 2009 lalu ikut lomba lagi. Kali ini Lomba Posting Blog yang diadakan oleh Driving Skills for Life (DSFL) Indonesia, sebuah program CSR yang bernaung dibawah PT Ford Motor Indonesia. Tema lomba, yakni Nyaman dan Aman di Jalan Raya Milik Kita Semua. Postingan saya mengenai info pemenang di Kompasiana silakan telusuri (Klik Sini).

Setelah bersaing dengan puluhan blogger, Alhamdulillah, dua artikel yang saya kirim memenangkan lomba sebagai Juara 2. Berhak atas hadiah menginap dua hari satu malam bersama Ford Escafe di Novus Puncak Resort & Spa Bogor Jawa Barat dan uang saku sebesar Rp 4 juta (hingga saat ini belum saya manfaatkan kesempatan itu). Untuk melihat para pemenang lomba silakan Klik Sini.

Hari ini, saya juga tengah berkompetisi untuk kejuaraan lomba posting blog yang berbau search engine optimization (SEO). Hanya iseng dan mencoba sedikit kemampuan. Walau minim  pengetahuan soal-soal SEO. Perkara menang atau kalah, tidak jadi urusan.

Dan, tahun 2010 yang sebentar lagi datang menjelang, saya mentargetkan memenangkan minimal satu kali kejuaraan lomba penulisan. Entah itu lomba posting blog atau naskah. Setiap ada kontes atau lomba, akan saya coba. Memanfaatkan kesempatan sembari mengasah ketajaman kualitas tulisan. Sebab jika kita tidak pernah mengikutsertakan tulisan untuk sebuah ajang lomba, kita tidak akan pernah tahu seberapa “mutu” tulisan yang dibuat.

*****

Jari jemari tangan adalah tarian pemikiran yang akan menyongsong jejak di masa depan….

ooOOOoo

.

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Menjuarai Lomba Penulisan Politik (Sebuah Pengalaman)

  1. Vicky Laurentina berkata:

    Ini menarik, Pak. Saya belum pernah ikut lomba .soalnya belum ada lomba yang temanya sesuai hati nurani saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s