Tips Memecahkan Rekor Kunjungan Hari Tersibuk Blog


dwiki-setiyawan-perhimpunan-pergerakan-indonesia-ppiSetelah satu satu bertahan, akhirnya rekor kunjungan tersibuk blog sebanyak 2.446 hits/hari, Sabtu (11/1) terpecahkan. Kemarin, blog ini mendapat anugerah kunjungan 2.545 views. Sebuah kejutan indah bagi saya di awal tahun 2014. Alhamdulillah.

Yang cukup membanggakan dan layak disyukuri, posting-posting blog ini banyak ditelusuri para pengguna internet luar negeri. Netter Amerika Serikat adalah juaranya. Disusul Inggris, dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Perujuk para pengguna internet di seantero dunia mengintip posting-posting yang ada di blog, tentu saja urutan teratas dari mesin pencari (search engine). Mencapai lebih dari 98% dari total pengguna. Sisanya yang 2% berasal dari media-media sosial (Facebook, Twitter, Google+, Path, Linkedin dan lain-lain).

Data yang diperlihatkan melalui statistik WordPress tersebut, menyuratkan dan menyiratkan dua hal. Pertama, mesin pencari hingga saat ini masih menjadi panduan para pengguna internet untuk mendapatkan hasil pencarian relevan berdasarkan kata-kata kunci (key words) yang dituliskannya. Kedua, tautan-tautan (links) posting yang kita buat dan acapkali kita sematkan dalam membuat status di media sosial, pengaruhnya sangat kecil untuk mendatangkan lalu-lintas ramai kunjungan.

Sekalipun demikian, menaruh tautan posting yang kita buat di berbagai media sosial bukannya tidak penting. Hemat saya, hal itu tetap penting, lantaran pengaruhnya akan kita petik dalam jangka panjang. Yakni membuat posisi website/blog yang kita kelola menjadi kuat ketimbang pesaing yang tidak melakukannya.

Lantas Anda mungkin bertanya, di mana kekuatan dari blog ini? Sejujurnya dari gambar (images) yang tidak pernah terlupakan tersemat sepanjang saya membuat posting baru. Gambar itupun ada syaratnya, yakni usahakan merupakan karya sendiri. Dan kalaupun copy paste, gambar tersebut musti dirujuk ke tautan sumber aslinya. Mengapa? Mesin pencari semacam Google lambat laun dapat mendeteksi mana gambar asli dan mana hasil copy paste.🙂

Dari hampir 500 jumlah posting di blog ini, sudah tak terhitung dari pengamatan saya sendiri, yang memenangkan hasil pencarian gambar di halaman satu atau dua mesin pencari. Di mana pencapaian itu berkorelasi positif atau menambah lalu lintas kunjungan ke blog ini.

Bagamana kita memiliki stok gambar banyak? Ya jika Anda sebagai blogger atau pengelola blog tidak punya kegemaran memotret, lupakan saja punya stok gambar melimpah. Lantaran itulah prasyarat satu-satunya.

rekor-baru-kunjungan-blog-pengunjung-unik-unique-visitors

posting-posting-unggulan-blog-wordpress

***

Kini, bagaimana tips agar kita dapat memecahkan rekor kunjungan hari tersibuk di website/blog yang kita kelola? Dengan kata lain agar banyak dikunjungi pengguna internet. Pertama, posting yang disajikan berfaedah buat pengguna. Soal ini sudah saya singgung pada posting-posting sebelumnya. Pada intinya, bila Anda membuat tulisan baru maka hendaknya ditujukan buat manusia dan bukan untuk mesin pencari. Coba dan sila klik tautan berikut Tips Menulis Konten yang Baik, Benar dan Bermutu.

Kedua, website/blog tersebut banyak postingan yang menang di hasil pencarian mesin pencari dengan ‘keyword‘ tertentu. Agar posting  senantiasa memenangkan hasil pencarian, maka Anda musti memiliki prinsip bahwa konten adalah raja (contents is the king). Ada bermacam teknik yang tidak bisa saya jelaskan di posting ini agar menjadi jawara di hasil pencarian mesin pencari. Sepanjang yang saya ketahui, entah membuat posting singkat maupun panjang, namun dikerjakan cukup serius dan bernas maka akan diganjar nilai tinggi oleh mesin pencari. Yang pada gilirannya akan menjadi ‘top teen‘ di hasil pencarian.

Ketiga, jumlah postingan di website/blog tersebut sudah banyak. Ingatlah Anda pada pepatah sedikit demi sedikit lama kelamaan menjadi bukit. Demikian pula konten yang Anda buat, tidak bisa serta merta bak membalikkan telapak tangan dalam tempo singkat menjadi banyak. Diperlukan kesabaran dan displin tinggi untuk membuat posting baru yang terjadwal agar menjadi banyak.

Keempat, berkaitan dengan poin ketiga adalah Anda sebagai pengelola musti rajin update. Rajin membuat tulisan baru ini adalah kelemahan saya, lantaran sudah merasa bahwa postingnya cukup banyak. Namun bagi Anda yang masih minim tulisan, maka memproduksi konten sebanya-banyaknya merupakan kondisi yang tak bisa dihindari (condicio sine qua non). Sebuah kaharusan.

Kelima, acapkali dipromosikan ke media sosial yang ada. Banyak admin atau pengelola website/blog merasa bahwa dengan menulis posting baru maka urusan sudah selesai. Mempublikasi sebuah tulisan baru adalah satu hal, sedangkan mendapatkan lalu lintas ramai ialah hal lain. Karenanya butuh waktu tersendiri untuk mempromosikan sebuah tulisan yang baru tayang melalui media-media sosial yang kini menjamur (Facebook, Twitter, Google+, Path, Linkedin dan sebagainya). Anda jangan terlalu berharap para pembaca akan meng-klik tautan yang tengah dipromosikan tersebut.

Saya sendiri punya teknik lain di media sosial, yakni membuat status-status tertentu, misalnya, menulis tips-tips tertentu atau berbagi foto secara konsisten dan kontinyu. Sesekali saja memasang status berupa tautan. Tujuannya adalah menanamkan ‘merk diri sendiri’ ke hadapan khalayak. Namun demikian, saya merasakan teknik tersebut lumayan jitu. Lantaran self branding yang akan diraih tersebut tercapai.

Pungkas kata, seraya menyusun dan menarikan jari sepuluh, website atau blog apapun yang kita kelola akan bersendi pada kepercayaan dari pembacanya. Baik itu kepercayaan terhadap posting-posting yang tersaji atau pada adminnya. Banyak website atau blog berguguran lantaran menyia-nyiakan kepercayaan dimaksud. Semoga pula  saya dan Anda tidak termasuk di antaranya….

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Media Sosial dan tag , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Tips Memecahkan Rekor Kunjungan Hari Tersibuk Blog

  1. ian berkata:

    wadoh gimana ngubernya ini, saya masih ketinggalan jauh dong, umur blog baru dua bulan postingan baru lima puluh, ketinggalan 100x lipat ane gan, mudah2an segera menyusul🙂

    • Dwiki berkata:

      Tips di atas hanya sekedar contoh Mas Ian. Anda tak perlu menjadi orang lain untuk meniti kesuksesan. Karena setiap orang pada dasarnya punya potensi plus masing-masing. Galilah potensi itu, maka di suatu waktu Anda niscaya berhasil.

  2. Ujang Sundana berkata:

    Met pagi Mas Dwiki…
    ini Tips-tips yang layak saya tiru secara saya baru belajar ngeblog.
    Terima kasih atas share-nya

  3. membuat postingan bermutu itu yang bagi saya agak sulit, karena kadang terganjal dengan kesibukan dan tergantung mood juga .. hehehe.
    Infonya menjadi pembelajaran bagi saya dan diusahakan untuk dilaksanakan, walaupun barangkali tidak bisa sepenuhnya karena berbagai keterbatasan. Terakhir, selamat ya mas sudah dapat views yang begitu banyak. Barangkali blog saya gak bisa sampe segitu ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s