Cerita Ringan Sutan Sjahrir Terlibat Tabrakan Mobil


Cover Buku Perjuangan Kita Sutan Sjahrir

Cover Buku Perjuangan Kita Sutan Sjahrir

Setelah tidak menjadi Perdana Menteri merangkap Menteri Luar Negeri Republik Indonesia pada Juni 1947, suatu hari Sutan Sjahrir berlibur ke Puncak Bogor. Seorang diri ia mengendarai mobilnya. Di daerah Gadok, tiba-tiba mobilnya menabrak bemper belakang mobil di depannya. Penyok.

Dua orang suami istri –yang kebetulan saja dari etnis China– yang ditabrak mobilnya itupun turun. Begitu juga Sjahrir. Melihat sosok ceking berperawakan pendek di depannya, sang suami itu segera menyemprot Sjajrir dengan kata-kata pedas. Ia tak tahu bahwa lelaki yang dihadapinya itu adalah mantan Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri. Sjahrir tak melakukan perlawanan apa-apa, kecuali mukanya tertunduk. Merasa bersalah.

Si pengemudi mobil etnis China itu meminta pertanggungjawaban Sutan Sjahrir untuk mengganti kerusakan mobilnya. Tak selang berapa lama, Sjahrir pun menelepon sahabatnya Hamid al-Gadri di Jakarta tentang peristiwa tabrakan yang dialaminya. Hamid al-Gadri segera mengirim orang menyusul Sjahrir untuk menyelesaikan dan memperbaiki mobil yang ditabrak Sjahrir tersebut.

Kepada Hamid Basyaib darimana kisah ini bermula, Hamid al-Gadri pun tertawa lepas saat menceritakan episode tabrakan mobil di Puncak Bogor itu. Kata Hamid al-Gadri, “Coba kalau bukan Sjahrir, pasti  si suami dari etnis China itu akan dilabrak habis-habisan. Bisa-bisa dia meminta maaf sambail mencium kaki.”🙂

Terima kasih buat Bung Hamid Basyaib atas cerita ringannya saat kita bersua di Cilandak Town Square beberapa waktu lalu.

Kredit Foto: http://www.flickr.com/photos/dwikis

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Politik Nasional dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Cerita Ringan Sutan Sjahrir Terlibat Tabrakan Mobil

  1. Marzuki Md berkata:

    oke bang trims bangettt

  2. Mas Dwiki luar biasa keistiqomahannya dalam mencatat sejarah HMI dan KAHMI-nya. semoga terus sehat dan tetap berkarya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s