Caleg Anggota Milis Kahmi Pro Network: Mengapa Tidak Gunakan Jasa SEO Kami?


Munas IX KAHMI Hotel Labersa Pekanbaru Riau

Munas IX KAHMI Hotel Labersa Pekanbaru Riau

Beberapa saat lalu, saya menulis penawaran pembuatan Profil Calon Legislatif (Caleg) yang tergabung di milis Kahmi Pro Network. Kahmi di sini singkatan dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam. Tujuannya jelas, agar saya mendapat job tambahan (side job) dari kegemaran menulis di blog. Berikut posting lengkap saya:

Anggota milis Kahmi Pro Network yang budiman. Saya tahu banyak anggota milis di sini menjadi Calon Legislatif DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Sebagian kecil saya cek telah memiliki webiste/blog, namun sebagian besar lainnya tak punya.
Di era media sosial saat ini, jika Anda tidak memiliki website/blog, dan hanya mengandalkan metode kampanye konvensional seperti: spanduk, baliho, kartu nama, kalender dll, saya nilai sudah ketinggalan zaman. Anda perlu mentarget pemilih-pemilih pemula yang kini telak melek teknologi informasi. Caleg yang punya website/blog pun ada keterbatasan, jika saja pengelolanya kurang paham ilmu search engine optimization (SEO), yakni ilmu atau lebih tepatnya ketrampilan dalam mentarget kata-kata kunci tertentu, misalnya: ‘caleg dapil jawa tengah v’, ‘kabupaten klaten’ dll. Paling banter ia hanya bisa menang di hasil pencarian mesin pencari jika diketikkan nama si caleg tersebut. Sebagai contoh, Anda mencari dan mengetik nama ‘setya novanto’, maka hasil pencarian web di halaman utama direkomendasikan hasil http://www.setyanovanto.info Itupun barangkali bukan di nomor satu, namun beberapa baris di bawahnya (walau tetap di halaman satu hasil pencarian).
Bagaimana solusinya jika Anda tidak memiliki webiste/blog, namun tetap ingin agar para pemilih pemula atau mereka yang melek internet menemukan informasi tentang Anda sebagai caleg dapil tertentu? Sangat mudah. Percayakan pada saya untuk dibuatkan profilnya agar terpublikasi di dunia maya. Di banding Anda menghambur-hamburkan uang untuk peraga-peraga kampanye yang nilainya tidak sedikit itu, dibuatkan profil adalah solusi jitu. Harga yang saya tawarkan relatif terjangkau (yah paling-paling hanya buat uang jajan anak-anak saya ke sekolah saja). Saya pun bisa mengkampanyekan/sharing profil yang dibuat tersebut melalui target-target tertentu di media sosial, misalnya grup-grup tentang dapil di Facebook, contohnya Grup Alumni SMA, dan komunitas-komunitas di jejaring sosial Google+, umpamanya Komunitas Perguruan Tinggi. Jadi tergantung target yang ingin Anda harapkan sahaja.
Untuk melakukan kampanye itupun, saya tidak perlu di depan layar komputer atau desktop di rumah atau kantor. Di manapun saya berada, hanya dengan satu dua ujung jari di depan ponsel maka bagaikan virus, kampanye/sharing itu segera tersebar (dengan catatan profilnya telah saya buat).
Dimana profil Anda sebagai caleg tersebut saya publikasi? Ada banyak, bisa di situs Wikimu, Kompasiana, Blog Personal atau Portal Berita yang kini saya kelola www.satukan.com dan lain-lain . Saya bisa mentarget ‘Nama Anda’, ‘Dapil Anda’ untuk mendapat hasil optimal di mesin pencarian. Misalnya, saya buat Profil dengan judul “Inilah Zainun Ahmadi Caleg DPR-RI Daerah Pemilihan Jatim X“, maka saya menjamin ketika orang di belahan manapun mencari kata kunci ‘zainun ahmadi’, ‘dapil jatim x’ ‘caleg dapil x pileg 2014’ dsb akan mendapatkan hasil dari profil yang dibuat tersebut di halaman terhormat mesin pencari (Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari media sosial Facebook, Twitter dsb).
Untuk membuatkan profil tersebut, Anda sebagai caleg hanya membayar jaya 50% dulu kepada saya. Sisanya harus Anda lunasi ketika memang profil yang dibuat nangkring di halaman satu atau dua hasil pencarian mesin pencari, baik web maupun gambar, dengan kata-kata kunci yang dibidik. Bagaimana jika tidak masuk di halaman satu dan dua? Dengan ikhlas saya tidak akan meminta sisa kekurangan seperti detail perjanjian bermaterai yang saya sodorkan dan telah disepakati. Hehehe.🙂
Adakah kamu punya contoh konkrit Dwiki? Ya jelas ada. Masak saya membual kepada para politisi! Sahabat dan guru saya, Mas Ravik Karsidi yang kini Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pernah saya buatkan profilnya menjelang pemilihan rektor. Beliau juga tidak tahu bahwa ngobrol-ngobrol saya dengan dirinya di kediaman membuahkan tulisan. Saya juga mengambil gambarnya di sudut perpustakaan mini kediaman beliau. Mas Ravik hanya kaget tatkala saya minta cv-nya (daftar riwayat hidup).
Sekarang ini, jika Anda mengetikkan kata kunci ‘ravik karsidi’, ‘cv ravik karsidi’ di Google, maka posting profil beliau akan tampil di halaman satu hasil pencarian, baik website maupun gambar (images).
Ada lagi yang unik. Gara-gara saya membuat profil Ibrahim Hasyim (kini salah satu anggota Komite BPH Migas) di dunia maya, saya dicari-cari asisten pribadinya. Intinya Pak Im (demikian saya menyapa) penasaran dengan orang yang telah membuat profil dirinya namun tak pernah ia kenal sebelumnya. Jadilah saya hingga kini berteman akrab dengan Pak Ibrahim Hasyim. Hahaha.🙂
Ya itu tadi pangkal soalnya. Kala orang mencari sesosok nama di dunia nyata, maka ia akan mencari dan bertanya pada Google. Mesin pencari itu memberkan jawaban atas kegalauan tentang sosok-sosok yang dicarinya. Kalau kemudian hasil jawaban Google tersebut mengarah pada posting yang saya buat, ya itulah takdir yang musti saya terima dengan senang hati.
Terakhir, bagaimana Anda dapat terhubung atau mengontak saya? Cukup Anda kirim email ke dwiki[at]email.com. Kok emailmu cantik, Dwiki? Biasa-biasa saja, itupun email gratisan kok, sama halnya dengan Gmail atau YahooMail. Jika kurang mencukupi, Anda bisa segera mengontak saya ke nomor cantik ini ########## (sensor).

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di SEO dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

