Laporan Tahunan Aktivitas Blog Personal WordPress Tahun 2013


Semalam (30/12), saya dapat email Your Annual Report (Laporan Tahunan Aktivitas Blog Tahun 2013) from WordPress.com. Ini berarti kali kedua saya dapat Laporan Tahunan Aktivitas Blog) seperti halnya di tahun 2012 lalu. Yang cukup membuat saya merasa bangga, sepanjang Tahun 2013 blog personal Dwiki Setiyawan telah diklik 350 ribu unique visitor dari total 1.411,133 hits selama kurang lebih 5 tahun sejak Oktober 2008.

Laporan Tahunan Annual Report Aktivitas Blog WordPress

Laporan Tahunan Annual Report Aktivitas Blog WordPress

Pengunjung blog personal saya sudah barang tentu dari Indonesia, dengan jumlah 262.624 hits. Disusul netter dari Amerika Serikat 38.086 hits, Saudi Arabia 930 hit, Norwegia 988 hits, India 841 hits, Australia 494 hits, Jepang 399 hits dan sebagainya. Adapun pengunjung tersedikit dari Bulgaria dan Libya dengan hanya 1 hit.

Apa artinya? Bagi saya jumlah pengunjung dari berbagai negara dan kawasan tersebut menunjukkan adanya manfaat atas posting-posting yang saya lakukan. Asas faedah tersebut bisa saja ibarat dua mata dari sebilah pisau: menguntungkan atau merugikan dipandang dari sudut ketahanan nasional. Menguntungkan dalam arti tulisan-tulisan saya di blog, barangkali saja dapat mengenalkan citra Indonesia di mata dunia internasional (boleh dong ‘gede rumongso‘ alias GR). Paling tidak meningkatkan kesepahaman terhadap apa yang saya publikasikan.

Namun demikian, juga bisa merugikan. Dalam arti, dari posting-posting yang saya publikasi menjadi data base yang dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu yang tidak ada sangkut pautnya dengan tujuan publikasi posting dimaksud (misalnya kegiatan spionase).

Laporan Tahunan Aktivitas Blog dari WordPress juga memperlihatkan bahwa sepanjang Tahun 2013 ini saya hanya memposting 9 tulisan dari total 466 pos yang telah saya sematkan di blog. Dari 9 tulisan tersebut saya mengunggah (upload) 40 buah foto dengan total ukuran 18 MB.

Hari tersibuk yaitu Sabtu 23 Februari 2013 dengan total views sebanyak 2.093. Ini juga sebenarnya juga keanehan, lantaran sepanjang yang saya tahu di hari Sabtu atau Minggu banyak orang yang malas membuka internet. Mereka sibuk dengan urusan rumah, atau barangkali tengah liburan sehingga tidak sempat berselancar di dunia maya.

Kata-kata kunci (Key Words) yang paling banyak dicari di mesin pencari sehingga para pengunjung mampir dan tergelincir (mencintai blog ini.🙂 ) diantaranya: sampul kronologi facebook, anas urbaningrum, puisi sufi, kertas suara pemilu, foto sampul facebook keren dan sebagainya. Nama Anas Urbaningrum paling banyak dicari lantaran sepanjang 2013 ini ia menjadi trend setter pemberitaan isyu politik di banyak media. Dalam hal mana saya mendapat imbas lantaran di blog ini banyak tulisan tentang dirinya.

Posting paling banyak mengundang komen sepanjang saya ngeblog di WordPress, antara lain Puisi-pusi Sufi Pilihan Jalaluddin Rumi dengan 90 komen, disusul Puisi-pusi Sufi Rabiah Al-Adawiyah mendapat 57 komen, lantas Sampul Kronologi Facebook Keren dan Lucu, menuai 54 komen. Laporan selengkapnya sila klik Annual Repport (Laporan Tahunan) terlampir.

Akhirnya, yang tak kalah penting adalah sumber referensi dari mana para pembaca blog personal mau dan sudi berkunjung ke blog personal saya. Tidak diragukan lagi, bahwa sumbernya berasal dari media sosial. Urutannya sebagai berikut: Facebook, Twitter, Log.Viva.Co.Id, Dream Indonesia WordPress, dan terakhir Kompasaina.

Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini, wahai pembaca budiman. Selamat Tahun Baru 2014. Teriring salam hangat buat para pembaca setia saya di manapun kini berada. Tolong katakan, bahwa seorang blogger di WordPress, Dwiki namanya, menyimpan kerinduan yang dalam di hatinya buat orang-orang yang Anda kasihi dan cintai di rumah.

… dari kesayupan

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2013 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

The Louvre Museum has 8.5 million visitors per year. This blog was viewed about 350,000 times in 2013. If it were an exhibit at the Louvre Museum, it would take about 15 days for that many people to see it.

Click here to see the complete report.

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah, Media Sosial dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Laporan Tahunan Aktivitas Blog Personal WordPress Tahun 2013

  1. iwan Gunawan berkata:

    mantap om Dwiki, ketekunan dan komitmen yang luar biasa untuk bisa memberikan manfaat pada sesama.

Tinggalkan Balasan

