Luar Biasa Penggalangan Zakat Mal Warga Aceh di Jakarta


ibrahim-hasyim-buka-bersama-taman-iskandar-muda-warga-aceh-jakartaAtas undangan seorang sahabat, Pak Im –panggilan akrab Dr. Ibrahim Hasyim, SE, MM, salah seorang tokoh Aceh yang kini menjabat salah seorang anggota Komite BPH Migas– saya menghadiri acara buka bersama warga Aceh Jakarta yang terhimpun dalam organisasi Taman Iskandar Muda (TIM). Berlangsung pada Sabtu (6/8) lalu bertempat di Mes Aceh Jalan RP Soeroso Menteng Jakarta Pusat.

Acara buka bersama penutup di Ramadhan 1434 H yang diselenggarakan Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (PP TIM)  tersebut dihadiri ratusan pengurus dan anggota dari 29 cabang TIM se-Jabodetabek. Saya lihat beberapa tokoh Aceh hadir, antara lain: Azwar Abubakar (Menpan), Surya Darma (Ketua Umum PP TIM), Said Zainal Abidin (Mantan Penasehat KPK), Bachtiar Ali (Staf Ahli Kapolri), dan Ahmad Farhan Hamid (Wakil Ketua MPR-RI).

Yang cukup membuat surprise diri saya, setelah sambutan oleh salah seorang sponsor acara, Ahmad Farhan Hamid dan ceramah Shalat Tarawih oleh Dekan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Prof. Dr. Muhammad Amin Suma bertajuk “Zakat dan Peningkatan Kesejahteraan Umat”, tampil Ketua Umum PP TIM, Dr. Ir. Surya Darma, MBA menyampaikan informasi organisasi dan laporan penggalangan zakat mal malam itu. Luar biasa hasilnya, buka puasa putaran ke-8 terkumpul 146.200.000,-.

Total yang terkumpul selama 8 kali acara buka bersama organisasi warga Aceh Jakarta itu sebanyak hampir Rp 2 milyar rupiah. Tepatnya Rp 1.888.800.000,-. Rinciannya buka puasa 1: Rp 176 juta, 2: Rp 258 juta, 3: Rp 325 juta, 4: 334 juta, 5: 241, 6: 139 juta dan 7: 317 juta.

Saya perhatikan, Surya Darma membacakan satu per satu formulir zakat yang telah diisi peserta yang hadir berikut nama dan jumlahnya. Ada yang membayar zakat mal mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 10 juta. Jumlah yang terkumpul setiap putaran bukber tersebut menurut saya lumayan besar. Kalau bukan karena penghayatan dan implementasi akan ajaran agama yang diyakini sepenuh hati, mustahil akan terkumpul dana zakat sebesar itu.

Menurut Syarifudin Husein, Bendahara PP TIM, zakat mal yang terkumpul akan distribusikan kepada para penerima zakat di Aceh dan Jakarta. “Khusus untuk pembagian zakat mal di Provinsi Aceh yang dihimpun organisasi Taman Iskandar Muda Jakarta, tahun ini ditekankan untuk para muallaf dan fakir miskin muslim yang rentan berpindah agama,” kata Syarifuddin.

Melihat pengorganisasian yang baik oleh organisasi semacam Taman Iskandar Muda di atas, jika saja organisasi-organisasi lain melakukan gerakan yang sama dalam penggalangan zakat mal di bulan Ramadhan, saya kira hal ini suatu potensi ekonomi yang cukup dahsyat. Jarang saya lihat acara-acara buka bersama yang dilakukan suatu organisasi dimanfaatkan pula sebagai wahana penggalangan zakat seperti yang dilakukan warga Aceh di Jakarta ini.

Di Jakarta ini, banyak komunitas berlatar kesamaan asal geografis. Di bawah permukaan, sesungguhnya di masing-masing komunitas tersebut bermukim potensi zakat tersembunyi. Andai saja pimpinan komunitas itu mampu mengorganisir zakat mal para anggotanya (berdasar kemampuan masing-masing) dan mengelolanya atas prinsip manajemen modern, betapa besar dana zakat yang akan terkumpul. Di mana hasilnya bisa disalurkan bagi penguatan kaum mustad’afin. Yang pada gilirannya menciptakan keadilan dan pemerataan di tengah masyarakat.

Prinsip keadilan dan pemerataan itu pulalah yang ingin dicapai zakat sebagai salah satu pilar dari lima rukun Islam.

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah, Religi dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s