Rekor Kunjungan Hari Tersibuk Blog Akhirnya Terpecahkan


meraih_kepercayaan_pembaca_truthSaya bukan dalam posisi berharap ada komentar wooow tatkala menggoreskan tajuk posting ini, Rekor Kunjungan Hari Tersibuk Blog Akhirnya Terpecahkan. Akan tetapi, apabila Anda sudi meluangkan waktu sejenak membaca posting ini, Insya Allah akan dapat sedikit pencerahan bagaimana caranya membius eh menggaet pembaca di website atau blog yang kita kelola sendiri.

Soal rekor kunjungan harian tersibuk sebenarnya bukan sesuatu yang perlu dibanggakan. Toh di luar sana  banyak blog-blog personal dengan pengunjung harian bejibun. Hanya saja, mengingat saya sedang dalam taraf akan bertransformasi ke pengelolaan blog agak serius dengan tema tertentu dan memiliki domain unik berbayar, maka apa yang sudah direguk selama mengelola blog gratisan WordPress ini, tentunya akan menjadi pijakan yang kuat  untuk melangkah lebih baik dan lebih maju.

Sabtu (8/12) dinihari, saya terkaget-kaget manakala mengetahui rekor kunjungan pembaca terbanyak di blog ini yang bertahan selama 3 (tiga) tahun akhirnya terpecahkan. Lewat dasbor WordPress dan screenshot statistik yang rutin saya simpan, jumlah kunjungan sebanyak 2.353 pada Rabu 8 April 2009 terlampaui sudah oleh kunjungan pada Jum’at 7 Desember 2012 kemarin sebanyak 2.446 kunjungan. Kurang lebih selisih seratusan.

Saya sendiri tadinya pesimis dapat mengulang kembali sukses banyaknya pengunjung blog seperti peristiwa 8 April 2009. Perlu pembaca ketahui, tanggal itu adalah H-1 menjelang Pemilu Legislatif 9 April 2009. Banyak orang saat itu perlu informasi mengenai tatacara pencoblosan, juga contoh-contoh surat suara pemilu sebelum masuk bilik suara. Lantaran ilustrasi gambar posting blog ini berkenaan dengan alat peraga pencoblosan nangkring di halaman hasil pencarian gambar mesin pencari, maka banyak pulalah orang yang mengklik posting-posting blog ini.

Barangkali saja hingga Pemilu Legislatif 2014 mendatang, jika orang mengetikkan kata kunci (keyword) semisal ‘surat suara pemilu’, ‘contoh surat suara pemilu presiden’ atau kata kunci lain sejenis, postingan yang pernah saya rilis tiga tahun silam itu masih bertengger di singgasana hasil pencarian gambar mesin pencari.😛

Rekor baru ini menebalkan rasa percaya diri bahwa senoktah posting yang kita publikasi, sepanjang itu berfaedah bagi pembaca, maka melalui jalur-jalur yang tak lazim dan tidak kita duga sebelumnya niscaya akan teredus pembaca. Akan dicari.

Di samping, sebagai spirit untuk diri sendiri bahwa di luar nilai-nilai materi yang kini kita agungkan setinggi langit dan kita kejar hingga mati suri, sekecil apapun sumbangsih tulisan yang tersaji bagi orang lain memiliki arti tersendiri. Kesemuanya, bagi saya pribadi merupakan kebahagiaan tiada terperi….

Bagi pembaca yang ingin pencerahan wawasan mengenai teknik menggaet pembaca, sudah pernah saya singgung di posting Menembus 1 Juta Pengunjung Unik Blog. Sedangkan teknik bagaimana mengoptimalkan situs, pernah saya tulis lengkap pada posting Teknik Mengoptimalkan Situs untuk Menggaet Pembaca.

rekor_baru_kunjungan_harian_netter_website_blog

****

Dibedah lebih jauh lagi mengenai dari mana saja para pengunjung mampir ke blog personal ini, maka porsi sangat dominan, mereka tersesat lantaran terbuai hasil pencarian kata kunci tertentu di mesin pencari. Jumlahnya hampir 75 % utamanya via Google. Sedang melalui media sosial semacam Facebook mencapai 20 % per harinya. Sisanya dari tautan-tautan yang saya sematkan di posting-posting blog lain, seperti blog keroyokan Kompasiana dan lain sebagainya.

Saya rasa hampir semua blog personal yang ada saat ini tidak memungkiri fakta tersebut, bahwa mesin pencari masih menjadi mantra ajaib yang diandalkan untuk menggaet pembaca ke website atau blog yang dikelolanya. Dengan demikian penguasaan teknik search engine optimization (SEO) dasar musti dikuasai oleh para admin. Sebab jika tidak, posting-posting yang dipublikasikan, sekalipun dengan mutu sangat prima, namun kalah dalam meraih posisi terhormat di hasil pencarian kata kunci tertentu, nantinya tidak lebih posting-posting itu hanya menjadi ‘kuburan massal di dunia maya’.

Media sosial semacam Twitter, Facebook, Google+, Foursquare, Pinterest, Linkedin atau aplikasi-aplikasi semacamnya di ponsel cerdas seperti Path, Instagram dan sebagainya dapat dijadikan ajang promosi gratis posting-posting baru yang kita publikasi. Di mana akan berkorelasi dengan tingginya jumlah kunjungan harian.

Saya sendiri, di samping posting baru telah dengan sendirinya terhubung ke Twitter atau Facebook, juga sesekali masih membuat status yang terkait dengan posting-posting lama yang menjadi unggulan. Memposting status di media sosial dengan posting-posting lama unggulan berimplikasi pada dua hal. Pertama, memberitahu teman yang terlewat membacanya, dan kedua akan menaikkan peringkat posting tersebut di mata mesin pencari.

Demikian pula jangan meremehkan media lain semacam “Forum” di situs-situs tertentu atau blog keroyokan seumpama Kompasiana atau blog yang terintegrasi dengan situs seperti Blog Detik untuk mempromosikan baik itu posting baru maupun lama. Dan masih banyak teknik lain yang kesemuanya bermuara pada “orang melirik (tentunya juga berkunjung) ke blog yang kita kelola”.

perujuk_pengunjung_ke_website_blog_tertentu

Akhirnya, seraya menyusun dan menarikan jari sepuluh, website atau blog apapun yang kita kelola akan bersendi pada kepercayaan dari pembacanya. Baik itu kepercayaan terhadap posting-posting yang tersaji atau pada adminnya. Banyak website atau blog berguguran lantaran menyia-nyiakan kepercayaan dimaksud. Semoga pula  saya dan Anda tidak termasuk di antaranya….

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah, Media Sosial dan tag . Tandai permalink.

9 Balasan ke Rekor Kunjungan Hari Tersibuk Blog Akhirnya Terpecahkan

    • dwikis berkata:

      yayaya. terima kasih mbak.😛 saya juga barusan ke blog mbak. baca tentang 30 univeritas terbaik di jerman. hanya belum sempat ninggalin jejak. hehehehe.

      • pursuingmydream berkata:

        Pagerank blog pak Dwi juga sudah diangka 3 loh! hebatt🙂.

        Pak saya mau tanya mungkin bpk tau jawabannya, begini : apa beda page rank dan alexa ya? alexa saya sdh lumayan ramping .. tp page rank saja msh betah di angka 1😦.

  1. dhaiyat berkata:

    Keren
    semangat ya min..

  2. jepigomars berkata:

    MANTAAAPP..BAGI TIPSNYA DONX MIN..HEHEE

  3. Lian berkata:

    sundul gan, nolongin org terzolimi; http://chirpstory.com/li/188486

  4. Rijal berkata:

    Keren mas Dwiki, semoga blog saya juga tertular ya mass.. aminn..😀
    bagi reseeep donggg…

  5. Selamat ya bagaimana bisa sih mendapatkan pengunjung sebanyak itu, saya boleh dong di bagi rahasianya?

  6. bagi tipsnya dong mas …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s