Menembus 1 Juta Pengunjung Unik Blog


Pada awal November 2012, blog yang tengah Anda baca ini telah menembus 1 juta pengunjung unik (unique visitors). Sebuah kebanggaan tersendiri menyelinap di kedalaman hati yang patut disyukuri. Lantaran tidak seperti membalik telapak tangan untuk meraih, merengkuh dan meraup 1 juta pengunjung unik dimaksud.

Adapun yang dimaksud pengunjung unik adalah poin yang hanya dihitung sekali tatkala seseorang mengunjungi situs web beberapa kali dalam kurun tertentu. Sebagai pencerahan agar Anda dapat memahami Perbedaan Antara Klik, Kunjungan, Pengunjung Unik, Tayangan Laman, dan Tayangan Laman Unik cobalah kunjungi tautan ini: Google Analitis.

Sebagaimana dikemukakan di awal posting, untuk mendapatkan 1 juta pengunjung unik di atas, bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan waktu selama 4 tahun semenjak posting pertama blog ini tepat pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2008 silam. Dengan demikian, secara kasat mata per tahun blog ini dikunjungi 250.000 pengunjung.

Jumlah posting blog ini sebanyak 447 buah. Komentar: 3.230 buah, Kategori: 23 buah, dan Tag: 2.307 buah, Sedang jumlah pengikut (follower) blog ini: 110 blog dan 350 pengguna Twitter di http://twitter.com/dwikis.

Walaupun admin blog akhir-akhir ini ‘angin-anginan’ mempublikasi posting baru, alhamdulillah per harinya blog ini dikunjungi kurang lebih 1.500 pengunjung unik (unique visitors). By the way,  saat membuat posting ini, masih ada 59 komentar dari pembaca yang belum disetujui.🙂 Untuk lebih jelasnya, sila lihat screenshot berikut:

Selanjutnya, apa makna dari 1 Juta Pengunjung Unik di atas utamanya bagi diri admin blog ini, juga bagi pembaca?

Pertama, dibutuhkan kesabaran prima dan kerja keras tak kenal lelah agar website kita mendapatkan tempat tersendiri di mata pengunjung. Tidak ada cara instan atau sekonyong-konyong dalam sekejap mata website kita berlalu-lintas tinggi. Hindarilah mitos “Bandung Bondowoso”, yakni legenda membuat candi seribu jumlahnya hanya dalam satu malam. Dalam kisah Loro Jongrang, Bandung Bondowoso yang sakti mandraguna pun gagal memenuhi sayembara. Dari 1000 buah candi yang sanggup ia buat dalam tempo satu malam agar dapat mempersunting Loro Jongrang, hingga ayam berkokok di pagi hari ia hanya mampu membuat 999 buah candi. Hanya kurang satu. Dengan demikian, segala sesuatu ikuti saja prosesnya.

Kedua, jumlah posting berbanding lurus dengan lalu lintas pengunjung. Apabila website Anda hanya berisi beberapa posting, janganlah terlalu berharap lalu lintas pengunjungnya tinggi. Kecuali posting-posting yang dipublikasikan tersebut memiliki magnet tertentu yang dapat menyedot pembaca bejibun dalam tempo singkat. Posting banyak pun belum tentu menjamin pengunjung website akan banyak. Syarat penting yang musti dilalui, posting yang banyak juga diiringi dengan ketrampilan search engine optimization (SEO), yakni menampilkan posting-posting ciamik agar nangkring di halaman satu mesin pencarian (Google, Yahoo, Bing dan sebagainya).

Ketiga, jangan remehkan gambar. Pemanis posting berupa gambar (sebisa mungkin hasil kreasi sendiri) disadari atau tidak, menyumbang signifikan suatu website agar mendapat arus kunjungan tinggi. Kebanyakan admin website malas mengunggah gambar sebagai pemanis posting yang dibuatnya. Barangkali lantaran sesuatu dan lain hal, gambar yang diunggah pun ukurannya kecil. Sehingga pengunjung malas mengklik, apalagi mengunduhnya. Website Media Sosial Pinterest, misalnya, ramai oleh pengunjung lantaran kekuatan gambat-gambar yang ditampilkan member-nya. Termasuk pula blog ini, gambar-gambar yang dipublikasi acapkali memenangkan pencarian gambar atas kata kunci tertentu di mesin pencari.🙂

*****

Artikel-artikel terkait di blog ini:

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah dan tag , , , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Menembus 1 Juta Pengunjung Unik Blog

  1. ade nana berkata:

    Motivasi ttg pengunjung uniknya sangat membantu

  2. Ping balik: Rekor Kunjungan Hari Tersibuk Blog Akhirnya Terpecahkan | Dwiki Setiyawan's Blog

  3. julak07 berkata:

    Betul banget Mas,

  4. tedysitepu berkata:

    Blog yang bermanfaat. Mohon ijin akan saya tautkan pada beberapa posting saya yang relevan di http://writeitbrief.wordpress.com

  5. peluang usaha berkata:

    Jadi semakin semangat mas,

    salam YAKIN SUKSES!!!
    Muhammad Rijal

  6. Desain Kita berkata:

    Terimakasi atas artikelnya yg menarik,, seperti halnya blog baru macam punya saya, mungkin masih jau untuk mendapatkan fisitor kyak blog ini,, jika ada waktu,, ditunggu kunjungannya diblog saya meskipun untuk sekedar meramaikan..

  7. info kesehatan berkata:

    Wah jago SEO nih mas Dwiki.

  8. Gunawan berkata:

    salut buat agan dwiki, master SEO. bisa tembus satu juta pengunjung.. sy mau berguru nih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s