Fitur Baru Asal Negara Pengunjung WordPress.com


Terhitung Jum’at 9 Maret 2012, WordPress.com meluncurkan fitur baru asal negara pengunjung blog yang dikelolanya. Dengan tampilan baru ini, admin blog WordPress.com dapat mengetahui dari negara mana saja pengguna internet yang mengunjungi konten yang disajikan. Maklumat soal ini dapat dibaca dari posting Jeff Bowen di WordPress.com bertajuk (sila klik): “Where in the World?“.

Saya sudah mencicipi fitur baru ini dengan melihat pengunjung blog asal negara di dasbor My Stats. Blog yang tengah Anda jelajahi ini, misalnya, Jum’at (9/3) pukul 21.15 WIB tercatat pengunjungnya berdasarkan asal negara sebagai berikut:

  • Indonesia: 810
  • Amerika Serikat: 113
  • Kanada: 8
  • Malaysia: 5
  • Perancis: 3
  • Polandia: 2
  • Belgia: 2
  • Inggris: 1
  • Norwegia: 1
  • Korea Selatan: 1
  • India: 1

Fitur My Stats WordPress.com Berdasarkan Negara

Jika diklik “Summaries” di pojok kanan “Views by Country“,  maka akan ditampilkan data statistik akumulasi pengunjung berdasarkan negara dalam kurun 7 hari terakhir, 1 bulan terakhir, 3 bulan terakhir, 1 tahun terakhir, dan sepanjang usia blog bersangkutan (All time). Hanya saja, mungkin lantaran baru, fitur ini hanya dapat memantau aktivitas pengunjung berdasarkan negara kurun satu minggu terakhir.

Sebagai contoh saya screenshot pengunjung blog ini berdasarkan asal negara dalam 7 hari terakhir ini (top views by country for 7 days ending):

Pengunjung Blog Asal Negara 7 Hari Terakhir

Lantas pertanyaan yang mengemuka, apa kegunaan atau manfaat dari fitur baru statistik pengunjung berdasarkan asal negara tersebut? Sekurang-kurangnya ada dua hal yang dapat kita peroleh dengan mencermati kategori pengunjung dimaksud.

Pertama, mengetahui fokus dan target konten blog. Di blog ini, 90% lebih pengunjung berasal dari Indonesia (disebabkan kontennya berbahasa Indonesia). Tidak bisa tidak, maka penyajian konten seperti apa yang diinginkan audien dan manfaat yang diperoleh setelah berkunjung musti ditingkatkan dari hari ke hari. Tantangan terbesarnya soal update dan memetakan hal-hal apa saja yang ingin diketahui pengunjung. Soal terakhir di dasbor statistik WordPress.com bisa kita lihat, umpamanya, dari “kata kunci” atau istilah-itilah yang acapkali diketik pengguna internet pada mesin pencari.

Kedua, teknik penulisan yang ramah pada perkakas penerjemah (translate tool). Apabila kita menulis konten dalam bahasa tertentu (dalam konteks ini bahasa Indonesia), maka hendaknya pemilihan dan pemilahan kata, diksi, kalimat dan lain-lain harus tepat sehingga dapat diterjemahkan ke dalam bahasa lain melalui perkakas alih bahasa. Dengan demikian, pengguna internet yang tidak paham dengan bahasa yang kita gunakan dapat pula mengerti atau menafsirkan konten yang ditulis.

Soal pemilahan dan pemilihan kata, diksi dan kalimat dalam sebuah konten pada gilirannya akan menentukan pula seberapa banyak pengunjung dari negara lain yang akan mengunjungi blog yang kita kelola. Namun demikian, di atas segalanya yang hakiki adalah soal isyu, topik atau tema berfaedah yang ditulis. Jika topik dan konten yang ditulis dirasa kurang ‘menggigit’, tetap saja tidak akan dilirik.

Dengan mengetahui dari negara mana saja pengunjung blognya, yang tidak kalah penting juga akan memotivasi seseorang untuk konsentrasi mengurus blognya.  Akhirnya, jempol dan angkat topi tinggi buat tim WordPress.com untuk fitur Asal Negara ini. Terima kasih banyak.

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Media Sosial dan tag , , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Fitur Baru Asal Negara Pengunjung WordPress.com

  1. denni berkata:

    sangat menarik sekali tu mas,kalau boleh tolong di beri komen jika kita tidak pakai WP bisa gak mas

  2. Eko Wardoyo berkata:

    wahh saya uga merasa terbantu dengan adanya hal tersebut hehehe

    d(^o^”) ternyata kebanyakan dari indonesia dan US d(^o^”) terima kasih tipsnya

    berarti harus mengurangi bahasa bahasa gaul nich ahahahaha

    salam persahabatan d(^o^”)

  3. the kube berkata:

    menarik sekali tulisannya. terima kasih udah share.

  4. Rafans Com berkata:

    Mantap juga nih. WordPress.com tampil dengan aksesoris yang baru lagi. Thanks infonya,-

  5. andri berkata:

    Gajian Mingguan!
    Mudah, Cepat, dan Dijamin Siapapun Berhasil!
    No PC/Laptop Gak Masalah!
    http://www.mesinpenghasilan.com

  6. Dewasastra berkata:

    nice info.. awalnya saya juga kaget waktu ngecek statistik blog koq tiba-tiba ada gambar peta gitu.. ga taunya itu mmg fitur baru WP..🙂

  7. safan berkata:

    Info Bagus kang

  8. Monica berkata:

    wordpress makin hari makin cantik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s