Memproteksi Konten Website atau Blog dari Plagiator


Blog yang tengah Anda baca ini sekarang tersemat widget Proteksi Konten DMCA yang terletak di area footer. Dimaksudkan untuk memproteksi konten yang ada dari tindakan pencurian tanpa hak atau plagiat, salah satu contohnya salin tempel (copy paste) yang sudah keterlaluan dan dianggap lazim… namun hal tersebut tidak boleh dibiarkan.

DMCA kependekan dari The Digital Millennium Copyright Act. Merupakan perangkat hukum untuk melindungi konten-konten digital yang bernaung di bawah World Intellectual Property Organization (WIPO) atau Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia. Selain itu, DMCA memperberat hukuman dengan melakukan finalti bagi siapapun yang melakukan pelanggaran hak cipta di ranah internet.

Dengan demikian, apabila seseorang telah mencuri konten di blog ini dan mempublikasikannya tanpa izin di situs web atau blog lain, saya cukup melaporkan nama website atau blog, lokasi dan alamat URL konten yang dicuri ke DMCA.com.

Umumnya seseorang mencuri konten dari website atau blog lain lantas diakui sebagai hasil karyanya sendiri dilatarbelakangi oleh beberapa motif. Antara lain: keperluan bisnis, agar lalu lintas pengunjung ke situsnya ramai atau agar peringkat search engine optimization (SEO) bagus.

Lantaran blog ini tidak bersifat komersial, tindakan melapor ke DMCA.com tersebut akan saya lakukan apabila: 1.) Sang pemilik situs mengaburkan dan atau tidak mencantumkan secara jelas alamat URL konten yang di copy paste, dan 2.) Sulit terhubung dengan pengelola situs yang meng-copy paste lewat jalur-jalur online yang ada.

Adapun beberapa contoh konten website atau blog yang acapkali dicuri (copy paste) tanpa mencantumkan alamat URL yang mengarah ke konten asli, dan tanpa izin pemilik konten asli antara lain:

  • Gambar – dari, diambil, dan milik admin website atau blog
  • Video – dari, diambil, dan milik admin website atau blog
  • Grafis
  • Teks – beberapa paragraf atau keseluruhan buah pikiran si penulis bersangkutan
  • Games atau permainan
  •  Iklan
  • Aplikasi
  • Program
  • Profil atau Biodata – pribadi atau perusahaan
Sertifikat Proteksi Konten DMCA.com

Sertifikat Proteksi Konten DMCA.com

Untuk mendaptarkan atau Memproteksi Konten Website atau Blog, sila klik: DMCA.com. Adapun beberapa manfaat yang akan kita peroleh dari proteksi konten tersebut antara lain:

  • Melindungi konten asli hasil jerih payah kita dari pencurian.
  • Secara aktif memerangi pelanggaran hak cipta secara online.
  • Dapat memonitor atau memantau keseluruhan konten yang dimiliki.
  • Mendapatkan backlink secara gratis.
  • Menciptakan iklim berinternet secara sehat dan bertanggungjawab.

Apa kemudian implikasinya bagi website atau blog yang mencuri konten tanpa mencantumkan alamat URL asli dan atau seizin pemilik konten asli tersebut? Yang jelas situs pencuri konten tersebut masuk daftar hitam (black list) di dunia maya. Posting hasil plagiat akan dihapus dari indeks mesin pencari. Turunan dari telah masuk ‘daftar hitam’ bisa bermacam-macam dan merembet ke mana-mana. Misalnya, situs dimaksud dapat dijauhi semua mesin pencari yang ada dengan konsekuensi tidak diindeks lagi. Dapat pula status pemeringkatan baik di Google Pagerank maupun Alexa Rank akan anjlok drastis dan seterusnya.

Bukankah yang demikian akan merugikan Anda? Alih-alih, mulai sekarang kita musti menjunjung sportivitas dalam melakukan aktivitas berinternet. Dengannya pula secara tidak langsung menciptikan iklin berinternet sehat. Era plagiat berupa copy paste secara membabi buta sudah berlalu, dan bukan zamanya lagi. Kini kita telah memasuki era baru: berkarya dengan segenap daya dan upaya hasil olah pikir diri sendiri. Berbuat menyajikan sesuatu walau kadar manfaatnya kecil kepada orang lain, namun dengan usaha dan mencurahkan kemampuan diri yang ada.

Berikut contoh formulir isian DMCA.com apabila situs Anda telah terdaftar dan merasa konten yang ada diplagiat orang lain:

Formulir Isian DMCA.com Proteksi Konten Anda

Formulir Isian DMCA.com Proteksi Konten Anda

Semoga tulisan “Memproteksi Konten Website atau Blog dari Plagiator” ini bermanfaat.

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Panduan Menulis dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Memproteksi Konten Website atau Blog dari Plagiator

  1. Fandy berkata:

    Ini beda sama copyscape ya Mas Dwiki?

    trims ya infonya manfaat sangat!

    • dwikis berkata:

      serupa namun tidak sama mas fandy. pada prinsipnya, bila kita mengambil sebagian atau keseluruhan konten berupa teks artikel, gambar dan lain-lain dari blog lain terlebih dahulu meminta izin. langkah berikutnya mencantumkan alamat url asli postingan yang bisa diklik atau mengarah ke sumbernya. dengan demikian ada penghargaan kepada pemilik asli konten. juga sesungguhnya etika dalam berinternet sehat. demikian mas fandy. terima kasih atas komennya.

  2. Arickszone berkata:

    thanks infonya…sejauh ini sy bru paham mengenai DCMA…akan sy coba…:)

  3. hamimservis berkata:

    Infonya sangat bermanfaat nih pak,, ohh iya karena kita sudah punya COM jadi kita bisa gunakan plugin untuk anti clik kanan. terima kasih banyak nih buat infonya pak, tambah sukses

  4. WINA berkata:

    Info berharga sekali…. tapi sepertinya saya lebih suka membiarkan orang lain memanfaatkan jerih pikiranku secara bebas daripada memproteksinya, toh dalam batin orang itu ada pengakuan kalau dia nyontek kita….. semakin banyak dia contek, semakin pintarlah dia… dan saya tidak rugi karena saya ngeblog tidak untuk mencari uang.

    • dwikis berkata:

      Mas Heru (Wina). Bukan soal postingan kita dicopas, dibajak, disedot dan seterusnya pangkal masalahnya. Jika Anda baca kembali postingan tersebut, saya hanya ingin mereka ‘fair’ dalam beraktivitas online. Seseorang dapat menuangkan gagasan dalam tulisan bukanlah laksana permainan sulap: sim salabim maka jadilah tulisan. Namun dimulai dari pengendapan atas fenomena yang terpampang di depan matanya dan diperkaya dengan bacaan. Seorang plagiator, saya yakin ketika ditanyakan secara mendalam apa yang ia tulisnya, niscaya akan ‘keteteran’ menjawabnya. Sebab ia hanya tahu di ‘atas permukaan’ sahaja, di ‘bawah permukaan’ yang kadangkala hakiki, ia tidak dapat menjelaskannya. Dengan demikian, gugurlah argumen Anda bahwa dengan membiarkan copy paste akan ‘memintarkan’ orang. Menjadi bak kepompong yang hanya bisa toleh kiri-kanan atas-bawah mungkin iya. Hahahaha.

  5. zhovila berkata:

    ya benar sekali orang yang hobinya copas 100% bukan tambah pinter tapi tambah goblok karena kreativitasnya mati. terimakasih atas infonya

  6. The Gaptek berkata:

    mAs, kalau mau verrified harus bayar dulu ya…

  7. Scampro berkata:

    Hanya Untuk WordPress ya..?

  8. Anticopas berkata:

    saya tergolong pemilik blog yg kontenya dicuri membabi buta oleh sebuah situs hingga jumlahnya puluhan. Bukan review atau mengutip sebagian, ini plek copas dan semua URL didalamnya dibuang dan di klaim atas namanya, padahal watermak dalam image yang ada di postingan ga bisa boong kalau postingan itu milik orang lain

    …dalam sebulan kemarin post dicuri diatas dua puluh posting😦 keterlaluan, sudah mengirimkan complain ke admin eh malah saya jadi tak bisa berkomentar d blog wordpress, soalnya masuk spam. Bukan curiga atau menuduh tetapi ada yang janggal, karena sebelumnya saya bisa berkomentar di blog sahabat saya.

    Dan anehnya kegiatan tak beretikannya makin menjadi2 walapun sudah di report ke google dan google tak perlu berlama-lama ambil tindkan. Yang bikin kesel itu meski google sudah meremove dari index, tetapi postingan tersebut masih ada di blognya. Tetap saja ini merugikan karena search engine bukanlah google saja, ada yahoo bing etc. Lagi pula akan menjatuhkan reputas blog original…saya berfikir untuk mengadukan ke layanan hotingnya, jika layanan hotingnya ngeyel maka kedua makhluk itu bisa terjerat pelanggaran menurut saya.

    Saya hanya ingin berbagi saja. Bila memiliki blog seputar kewirausahaan, bisnis, yang postingannya sering ada di 1st google page, silahkan periksa siapa tahu terkena jambret manusia robot ngga tahu sopan santun. Dia menggunakan subdomain untuk mencuri artikel2 orang lain. Baru-baru ini dia bikin situs baru dan ulahnya sama…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s