Ekonomi Indonesia Masih Kuat Atasi Ancaman Krisis Global


Pertumbuhan ekonomi Indonesia diprakirakan masih cukup kuat mengatasi krisis ekonomi global. Pertumbuhan 2011 diprakirakan akan mencapai 6.6% terutama didukung oleh konsumsi dan kegiatan investasi. Namun demikian, pengaruh gejolak ekonomi global akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi tahun 2012 yang diprediksi berada pada kisaran 6.2-6.7%.

Pernyataan di atas dikemukakan Deputi Gubernur Bank Indonesia Bidang Pengaturan dan Penelitian Perbankan, Dr Muliaman D. Hadad, dalam diskusi bertajuk “Krisis Ekonomi Global Bagaimana Respons Indonesia?” di Akbar Tandjung Institute (ATI) Perdatam Jakarta, Senin siang (17/10/2011). Pembicara lainnya, yakni, Iman Sugema (Ec-Think) dan Hendrawan Supratikno (anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI).

Indikator masih kuatnya fundamental ekonomi Indonesia tersebut, lanjut Muliaman D. Hadad, dapat dilihat dari beberapa faktor kondisi perekonomian domestik terkini. Pertama, kinerja neraca pembayaran. Neraca pembayaran tahun 2011 diprakirakan akan mengalami surplus didukung pada Transaksi Berjalan dan Transasksi Modal Finansial. “Ke depan, NPI diprakirakan tetap masih mencatat surplus yang cukup besar,” katanya.

Kedua, ekspor diprakirakan akan tetap tumbuh, namun perlu diwaspadai dampak perkmebnagan ekonomi global khususnya pada tahun 2012.

Ketiga, pertumbuhan investasi dipakirakan tetap kuat. Investasi akan terus meningkat didukung oleh konsumsi dan ekspor. Demikian pula persepsi terhadap fundamental ekonomi domestik yang tetap terjaga, serta iklim investasi yang membaik.

Keempat, rupiah mengalami tekanan depresiatif dengan volatilitas yang meningkat.

Kelima, tekanan inflasi terus menurun. Inflasi IHK pada Triwlan III-2011 tercatat sebesar 1,89% (qtq) atau 4,61% (yoy). Kenaikan inflasi inti pada triwulan III-2011 lebih karena kenaikan harga emas dan depresiasi nilai tukar sejalan dengan gejolak eksternal yang meningkat.

Keenam, fungsi intermediasi perbankan berjalan cukup baik dengan pertumbuhan kredit tinggi (15% ytd dan 23,8% yoy) serta kualitas sangat baik

Mengantisipasi krisis ekonomi global  agar pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia dapat diminimalisir, Muliaman D. Hadad berujar, “Bank Indonesia akan terus mencermati perkembangan ekonomi dan keuangan global serta menempuh respon suku bunga serta bauran kebijakan moneter dan makroprudensial lainnya untuk memitigasi potensi penurunan kinerja perekonomian Indonesia tersebut. Yakni dengan tetap mengutamakan pencapaian sasaran inflasi yaitu 5%±1% pada tahun 2011 dan 4,5%±1% pada tahun 2012.

****

Hal-hal terkait detail permasalahan yang disampaikan Deputi Gubenur BI, Dr Muliaman D. Hadad dalam diskusi di  atas, silakan unduh papernya dalam format PDF berikut :

Perekonomian Global dan Respon Kebijakan Indonesia, Muliaman D. Hadad, Deputi Gubenur BI.


***

Dokumentasi Foto Diskusi “Krisis Ekonomi Global Bagaimana Respons Indonesia?” di kantor Akbar Tandjung Institute (ATI):

Dr. Muliaman D. Hadad

Dr. Muliaman D. Hadad

Dr. Muliaman D. Hadad

Dr. Muliaman D. Hadad

Hendrawan Supratikno

Hendrawan Supratikno

Iman Sugema

Iman Sugema

dari kiri ke kanan: Muliaaman D. Hadad, Hendrawan Supratikno, Iman Sugema dan Puji Wahyono

dari kiri ke kanan: Muliaaman D. Hadad, Hendrawan Supratikno, Iman Sugema dan Puji Wahono

kiri ke kanan Dr. Puji Wahyono dan Dr. Ir. Akbar Tandjung

kiri ke kanan Dr. Puji Wahono dan Dr. Ir. Akbar Tandjung

*****

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi Dwiki Setiyawan.

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Ekonomi Nasional dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Ekonomi Indonesia Masih Kuat Atasi Ancaman Krisis Global

  1. Kontraktor berkata:

    Info yg bagus…lanjutkan indonesia…

  2. 4kopisusu online berkata:

    Apakah benar ya, indonesia masih kuat dalam mengatasi ancaman krisis global? saya masih sanksi dengan pernyataan diatas meskipun saya bukan ahli ekonom.. dilihat dari kenyataannya masyarakat indonesia banyak yang semakin miskin

    http:///4kopisusu.blogspot.com

  3. kursijati berkata:

    informasi yang menarik,,, tetap semangat indonesia tercinta

  4. kta berkata:

    Optimisme rakyat & kepedulian pemerintahan terhadap masyarakat terutama pengusaha kecil menengah juga menjadi kunci stabilitas perekonomian kita. Indonesia Optimis!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s