PANDI Akan Rilis Domain My Dot Id


Kabar gembira buat para pengguna domain pribadi atau perorangan di Indonesia. Tidak lama lagi Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), akan merilis domain my dot id menggantikan domain web dot id yang telah ada sebelumnya. Jika sudah diluncurkan, sistem yang ada di PANDI akan mengintegrasikan semua pemilik domain web dot id ke dalam domain pengganti tersebut.

Hal tersebut dikemukakan salah seorang pengurus PANDI Periode 2011-2014, Sigit Widodo, dalam acara Amprokan Blogger Nasional ke-2 yang diselenggarakan oleh Komunitas Blogger Bekasi di Asrama Haji Bekasi Sabtu siang (17/9). Dikatakannya, dari estimasi pengguna internet di Indonesia saat ini yang jumlahnya kurang lebih 50 juta orang, tercatat pemilik domain perorangan web dot id di PANDI tercatat hanya sebesar 15.549 domain.  Pemilik domain lainnya, antara lain: co dot id sebesar 29.015, sch dot id 5.529, or dot id 3.774, go dot id 2.475, ac dot id 1.987, dan mil go id 150.

Dikatakan lebih lanjut oleh Sigit,  bahwa data di atas yang menyangkut pemilik domain komersial (co dot id) dan pribadi (web dot id) sangat mencolok dibandingkan mereka yang memilih domain internasional dot com. Realitasnya, selama ini pelaku binis dan perorangan lebih menyukai domain internasional dot com, disebabkan bebeapa keunggulan yang belum dapat disamai PANDI.

“Dalam waktu dekat PANDI akan melakukan perubahan sistem agar dapat menyamai standar domain internasional. Sehingga akan lebih banyak lagi instansi, lembaga dan individual serta lainnya yang memakai domain dot id,” ujarnya.

Salah satu langkah yang kini dipersiapkan oleh PANDI, lanjut Sigit, adalah mengganti domain web dot id menjadi my dot id. Juga tengah didiskusikan berdasarkan masukan yang ada untuk mengganti domain co dot id menjadi com dot id. “Kalau kita baca domain co dot id itu coid (koit) yang bisa diartikan sempoyongan atau hampir mati. Sedangkan com dot id akan terbaca komit, yang berarti komitmen yang diharapkan,” kata Sigit Widodo sembari tersenyum.

Terkait dengan domain my dot id untuk pribadi, Sigit berharap akan diminati pengguna individu di Indonesia. Ia membandingkan domain pribadi di Jepang yang lebih menyukai domain dot jp ketimbang domain internasional.

Adapun keunggulan-keunggulan menggunakan domain pribadi, menurut Sigit Widodo, di antaranya: 1. Lebih eksis dan keren; 2. Sarana ekspresi; 3. Branding; 4. Tampil lebih profesional; 5. Alamat lebih mudah diingat; 6. Lebih mudah dicari mesin pencari; 7. Memiliki peringkat jumlah pengakses; dan 8. Bisa punya email sendiri menggunakan domain miliknya.

Atas pertanyaan seorang peserta mengena minimnya promosi domain dot id oleh PANDI di tengah masyarakat, Sigit mengakui sembari membuka rahasia bahwa setelah sistem yang ada dibenahi dan berstandar internasional, PANDI akan melakukan promosi yang lebih intensif melalui berbagai saluran media yang ada.

Kita tunggu saja gebrakan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) seperti yang dijanjikan di atas. Semoga Rilis Domain My Dot Id segera menjadi kenyataan.

*****

Sumber Ilustrasi Gambar: Sigit Widodo dari PANDI. Jepretan pribadi menggunakan kamera ponsel SonyErcsson K-7501.

Dwiki Setiyawan adalah salah seorang peserta Amprokan Blogger Nasional Tahun 2011.

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Media Sosial dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke PANDI Akan Rilis Domain My Dot Id

  1. bagus gan,,, terima kasih atas infonya…

  2. wah,, pageranknya turun ga neh nantinya…
    Knpa my.id pak..?? klo co.id dibaca KOIT (sempoyongan atau hampir mati) maka my.id dibaca MAYYID (ya mayat).. kayanya bakal kurang deh pemakai MY.ID,,, filling saya..

    makasih infonya..

  3. milarian.id berkata:

    Setuju!!! Saya tunggu ccTLD .id dibuka, sangat berharap.

  4. Idham Perdameian berkata:

    Wah ngeri juga tuh hahaha… Gak ada yang mau jadi mayyid haha…

  5. Jefry berkata:

    Saya kok baru tahu ya kalau ada domain my.id dan biz.id
    Kira2 persyaratan untuk memilikinya apa saja mas ? Mohon infonya
    Terima kasih..

  6. salesian berkata:

    waow… belum begitu memuaskan hasilnya, ketika dicoba…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s