Berkah Ramadhan


Sekalipun agak lama saya tidak mempublikasi tulisan baru di blog, rupanya bulan Ramadhan 1432 Hijriah kali ini, tak surut pula para pengguna internet ‘tersesat’ di blog ini. Selama bulan Agustus 2011 M atau Ramadhan 1432 H saja, pengunjung unik (unique visitor) yang berkunjung ke blog  hingga tulisan ini saya publikasi terendah 685 dan tertinggi 1350. Lihat screenshot statistik blog yang menyertai tulisan. Ini namanya benar-benar Berkah Ramadhan.🙂

Di bulan Ramadhan ini, posting lama di blog ini yang banyak menuai pengunjung antara lain: Pantun Ramadhan, Ramadhan 17 Agustus 1945 Kebetulan yang Patut Disyukuri, Menatap Wajah Sejarah Kemerdekaan Indonesia dalam Puisi dan Lukisan, Puisi-puisi Sufi Pilihan Jalaluddin Rumi, Puisi-puisi Sufi Rabiah Al-Adawiyah, dan Secarik Kenangan Bersama Anas Urbaningrum.

Sepanjang bulan Juli 2011 lalu, blog ini juga tidak kalah derasnya dalam arus kunjungan pengguna internet. 30-an ribu lebih yang berkunjung ke blog ini, atau rata-rata per hari seribuan lebih. Pada bulan itu, isyu yang dilontarkan Muhammad Nazaruddin terkait dengan Anas Urbaningrum di media massa arus utama menyebabkan banyak orang terdampar di blog ini. Tidak berlebihan kiranya, mengingat di blog ini tulisan-tulisan dengan kata kunci atau menyinggung  ‘Anas Urbaningrum‘ cukup banyak jumlahnya.

Jauh lebih penting dari semuanya, beberapa artikel yang telah saya sebutkan di atas acapkali memenangkan pertarungan kata kunci tertentu di mesin pencari utama (main search engine). Walaupun jarangnya posting artikel baru itu harus saya tebus mahal dengan turunnya page rank (PR) blog ini.🙂

Apa arti dari hal-hal yang telah saya paparkan ini? Sebuah website atau blog jika pengelolanya berharap lalu-lintas pengunjungnya banyak musti mengoptimasi beberapa artikel yang ada dari sekian banyak artikel yang ada di website atau blog bersangkutan.

Apabila anda setelah memposting sebuah artikel yang menurut anda berfaedah buat para pengunjung internet dan memiliki tingkat relevansi tinggi antara judul dengan bagian tubuh artikel, lantas dibiarkan begitu saja, jangan harap ada pengunjung yang mau meliriknya.

Agar mau dilirik dan disapa, anda musti melakukan optimasi artikel dengan cara-cara natural agar artikel tersebut nangkring di halaman utama mesin pencari (usahakan dapat halaman 1, namun minimal di halaman 2). Di luar halaman 1 dan 2 mesin pencari, lupakan saja artikel yang anda posting akan diklik pengguna internet. Artikel yang hanya terindeks mesin pencari namun kalah di search engine result page (SERP) pada hakekatnya ‘kuburan massal’ di dunia maya.

Tanpa perlu menepuk dada, sesungguhnya cukup banyaknya pengunjung blog ini lantaran saya banyak memenangkan pertarungan kata kunci tertentu di hasil pencarian mesin pencari.

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di SEO dan tag , , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Berkah Ramadhan

  1. amirul berkata:

    selamat datang kembali pak. didunia maya.. semoga puasanya lancar

  2. Bang Iwan berkata:

    Saya tidak tersesat koq Bang…. cuman memang baru mampir lagi sejak Ramadhan.

    • Dwiki Setiyawan berkata:

      Halo Bang Iwan. Saya kadangkala kalau mampir ke blog anda agak iri juga dengan masih bersemangat posting dengan sangat rutin. Mau meniru namun kalau sduah malam badan capek jika mau posting baru.🙂

  3. Trisnoaji berkata:

    Bagaimana tuh bung, cara optimasi secara natural itu? tolong penjelasannya dong?! thx.

  4. mantap sekali bang… minta tipsnya cara optimasi secara natural…

  5. wah rame kayaknya nih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s