Halaman Unik Form Kontak Blog WordPress Comku


Catatan: Posting ini telah saya revisi (29/5/2011). Untuk hal yang berkaitan dengan  halaman unik tetap saya pertahankan dengan judul halaman ‘Aporisma‘. Sementara yang berkaitan dengan kontak menjadi halaman tersendiri. Namanya saja blog ‘trial and error‘, jadi mohon pembaca maklum. Namun demikian tidak ada salahnya juga membaca posting berikut.🙂

Tidak ada rotan, akar pun jadi. Dengan segala keterbatasan WordPress Com yang ada, Halaman Unik Form Kontak (contact me) pun jadi. Barangkali itulah ungkapan yang tepat bagi saya selaku blogger pengguna layanan blog  WordPress Com –dan mungkin juga anda yang senasib-sepenanggungan di manapun kini berada.

Di satu sisi, berbeda dengan blogger pengguna layanan Blogspot Com yang bebas memodifikasi blognya sesuka hati, harus diakui dalam urusan ‘oprek-mengoprek’ blog, blogger WordPress Com musti gigit jari.

Di sisi lain, blogger pengguna  WordPress sebagai blog engine dengan domain nama sendiri bebas memodifikasi blognya, lantaran terhampar banyak plugin untuk diunduh dan diinstal di webblog-nya. Hemat saya, kecenderungan ‘diskriminasi’ antara WordPress sebagai blog engine dan blog service ini seyogyanya perlahan-lahan diakhiri.🙂
WordPress Com memang sudah menambahkan menu  Add  a Custom Form di area postingan baru untuk membuat Halaman Form Kontak. Tetapi saya ingin cari cari pengalaman lain. Yang agak berbeda.

Disebabkan saya gaptek  tetek bengek soal HTML, XHTML, CSS, PHP serta Java Script sehingga cara membuat Halaman Form Kontak (contact me) sahaja di WordPress Com harus berputar-putar. Maksud saya, semustinya sekali klik Halaman Kontak langsung muncul formulir isiannya, bukannya klik dua kali baru terpampang formulir isian seperti halnya blog Dwiki Setiyawan’s ini.

 

Tak apa-apa. Tidak ada bantal, guling pun jadi.  Selama akal dioptimasi apapun terjadi. Tak ingin kehilangan inisiatif, akhirnya saya berdayakan Halaman Kontak yang ada untuk menyalurkan kegemaran saya mengoleksi aporisma atau kata mutiara semenjak masa SMA dulu. Saya posting sedikit demi sedikit di Halaman Kontak tersebut, hingga mungkin suatu saat akan menjadi Halaman Unik kumpulan (ratusan hingga ribuan item) aporisma atau kata mutiara yang bermanfaat buat siapapun.

Sejatinya, boleh percaya atau tidak, Halaman Unik Kontak di blog saya ini, barangkali satu-satunya yang ada jagad maya. Anda boleh menertawakan atau mencibir soal ini, namun saya kukuh pada pendirian bahwa Halaman Unik Kontak ini suatu saat banyak dicari orang.🙂

 

Menurut hemat saya, Halaman Kontak yang beberapa kalangan menamakan sesuai selera bahasa yang dimiliki, misalnya: Contact, Contact Me, Kontak Saya, Hubungi Kami dan lain-lain merupakan halaman penting sebuah webblog. Berfungsi sebagai media korespondensi personal, formal dan intens antara pemilik webblog dengan khalayak pembacanya.

Dengannya pula privacy atau hal-hal rahasia kedua belah pihak akan terjaga. Di samping itu, dengan adanya Halaman Kontak di webblog akan meminimalisir spam (pesan sampah) yang acapkali dikirim melalui surat elektronik (surel atau email).

***

Untuk membuat halaman form kontak (contact me) di WordPress Com, banyak situs yang menyediakan layanan pembuatan secara gratis.  Di mana pengguna awam pun bisa mendisain Halaman Kontak yang terbaik buat webblognya. Yang penting paham seperlunya bahasa Inggris. Saya sendiri menggunakan layanan http://www.emailmeform.com.

Tutorial membuat Halaman Kontak untuk blogger WordPress Com tidak kami sajikan dalam posting ini. Silakan cari di blantika maya melalui mesin pencari utama (Google, Yahoo dan Bing). Masukkan kata kunci yang relevan semisal cara membuat halaman kontak, tip trik mendisain halaman kontak dan sebagainya.

Terakhir, saya tampilkan screenshot form Kontak menandakan isian yang telah dibuat pembaca webblog kita telah berhasil dikirim.

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

18 Balasan ke Halaman Unik Form Kontak Blog WordPress Comku

  1. nantaPD berkata:

    Antara WordPress Vs Blogspot emang punya keistimewaan sendiri-sendiri Mas Dwiki… Pilihan ada pada kita tergantung kebutuhan kan !

  2. nalatar007 berkata:

    pak Dwiki info nya sangat menarik…saya jadi tambah pengelaman nih.

  3. iphone5j berkata:

    Mas nice article, add to the knowledge!

  4. hawe berkata:

    Makasih mas Infonya..
    Dah aku subscrib halaman ini. Thx

  5. Langsung dipraktekkan om di wordpress com saya.. thax..

  6. www.ADA--APA.com berkata:

    blogwalking, kunjungan balik ya

  7. mauris berkata:

    wah bagus mas artikelnya saya ini lagi mau cari halam kontak yang simpel sama juga kurang menuguasai html dan tetek bengeknya

Tinggalkan Balasan

