Yuk Membuat Screen Capture Desktop Komputer Pribadi


Yuk Buat Screen Capture atau Screenshot Desktop Komputer Pribadi. Buat pembaca yang awam dan bingung Cara Membuat Screen Capture dalam keadaan tidak terhubung internet (offline), yuk kita belajar membuat screen capture desktop komputer pribadi. Dalam tutorial ini, pembaca akan saya ajak belajar teknik membuat screen capture tahap demi tahap menggunakan aplikasi freeware alias gratis diunduh di blantika maya. Perhatikan dua buah screenshot di bawah yang saya buat dari desktop komputer pribadi di rumah.

Di blantika maya, ada banyak aplikasi freeware alias unduh gratis  secara bebas. Di antara aplikasi freeware untuk membuat screen capture seperti contoh di atas antara lain: Snippy, Screen Hunter Free, Web Screen Capture, Picpick, Zscreen, Photoscape dan lain-lain. Saya sendiri menggunakan aplikasi Photoscape untuk membuat screen capture desktop dimaksud. 

Photoscape sendiri sesungguhnya sebuah aplikasi gratis untuk memanipulasi foto. Dengan aplikasi ini kita bisa mengedit, menggabungkan, bahkan menambah “sesuatu” dalam sebuah foto. Alasan saya sendiri menggunakan Photoscape di antaranya bersifat gratis, ringan dan familiar saat digunakan.

Salah satu fitur untuk membuat Screen Capture Desktop di Photoscape, yakni “Screen Capture“. Sila pembaca unduh aplikasi freeware Photoscape 3.5 di situs resminya http://www.photoscape.org. Setelah diinstal dan dibuka pada komputer pribadi, pembaca akan dihadapkan pada halaman utama aplikasi Photoscape seperti screenshot berikut:

Selanjutnya klik fitur “Screen Capture“. Begitu jendela “Screen Capture” terbuka, tinggal pembaca pilih 1. Capture Full Screen; 2. Capture Window; 3. Capture Region; atau 4. Repeat last capture. Untuk contoh screenshot di atas, saya memilih “Capture Full Screen”. Sedangkan pada pilihan Capture Screen Process, saya memilih Open at Editor Tab. Tak usah khawatir, silakan coba-coba sendiri pilihan-pilihan yang ada. Capture Window, misalnya, berfungsi bila kita hanya akan men-screen bagian-bagian tertentu saja dari suatu bidang garap.


Setelah tahap-tahap yang (semoga saja) jelas itu dilakukan akan muncul hasil sebagaimana screenshot ini:

Lantas “Save“, dan jangan lupa beri titel hasil screen capture tersebut.

***

Tatkala pembaca dalam modus online (tersambung jaringan internet), aplikasi Photoscape dapat pula difungsikan untuk men-screenshot website atau blog yang pembaca sukai. Halaman Facebook teman juga bisa pembaca screenshot dengan aplikasi ini. Tahapannya sama dengan tutorial Cara Membuat Screen Capture Desktop yang telah dijelaskan di atas.

Untuk mengakhiri posting ini, saya contohkan screen capture halaman utama Facebook milik Anas Urbaningrum (25/4/2011). Di halaman tersebut nampak jumlah teman Anas Urbaningrum sebanyak 4992. Saya tahu persis, Facebooker yang antri menjadi teman Anas Urbaningrum masih banyak. Nampaknya, Ketua Umum DPP Partai Demokrat ini tidak mau mendapat marga baru “Full”. Lantaran bila jumlah temannya mencapai 5000 orang, namanya akan berubah menjadi Anas Urbaningrum Full.🙂

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Petak Ide dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

19 Balasan ke Yuk Membuat Screen Capture Desktop Komputer Pribadi

  1. Hari Gino© berkata:

    Nice info:-):-):-)

  2. seputar blog berkata:

    langsung terjun ke TKP

  3. akukeren berkata:

    Makasih kk Nick Info

  4. 7 taman langit berkata:

    wah bagus banget nih
    saya bisa posting pakai screen capture.
    terima kasih artikelnya.

  5. r@sya berkata:

    thanks gan nice info

  6. Kalau selain Photoscape apa ya???soalnya ribet kalu mau bikin tutor,,,aku nyarinya yang otomatis bisa kesimpen kaya fraps itu

  7. cewerasacoklat2013 berkata:

    terus … yang mana yang harus di download …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s