Secarik Doa Ungkapan Syukur


Secarik Doa Ungkapan Syukur. Wahai dataran jiwaku yang membentang luas tiada bertepi, senandungkanlah sepoi-sepoi puja dan puji syukur ke hadirat Illahi Rabbi. Lantaran Dia Maha Pencipta, dan berkat rahmat-Nya-lah semua makhluk yang ada di kolong jagat ini hidup dan bergerak sehingga tumbuh dan berkembang. Dia-lah Tuhan yang Maha Perkasa, Maha Mulia dan Maha Segalanya. Dalam karunia-Nya-lah, pribadi yang menarik melebur menjadi bentuk yang indah; Atas ketentuan-Nya telah memberi makan burung-burung di udara dengan ikan-ikan di laut; Yang karena selalu memperhatikan kebutuhan burung elang, Dia juga tidak mengabaikan kebutuhan nyamuk.

Dia, mengetahui dan dengan ilmu-Nya menjamin rezeki atas semut-semut kecil yang hidup di gua-gua, di dalam tanah, atau di dalam batu karang yang keras. Dia, menciptakan kehidupan dari setetes air mani, dan menciptakan gula dari batang tebu, menciptakan daun-daun yang harum dari batang kering, dan air yang mengalir dari celah batu karang yang tinggi; Dia-lah yang mengajarkan lebah rajin dan bekerja keras mengumpulkan madu dari kelopak bunga mekar tanaman yang tumbuh dan membantu bebijian tumbuh menjadi sebatang pohon; Dia-lah yang berdiri sendiri, tak tergantung pada apa dan siapa pun. Dia Maha Pemurah, tersembunyi dari segala sesuatu akan tetapi tampak jelas di dalam segala sesuatu.

Wahai samudera hatiku yang dalam tiada terkira, dentingkan dengan alun melodi lembut dan teduh puji dan puja syukur pada-Nya. Lantaran tangan Yang Maha Pemurah mencapai semua tempat, bahkan yang tersembunyi sekalipun. Dan karena kebaikan-Nya yang tiada terbatas, maka terkadang hati ini tidak mampu bersyukur. Dia, yang telah menghiasi kanvas kehidupan dengan warna-warni, dan bentuk dengan lukisan yang indah.

Dia, menciptakan bintang-bintang berkerlip elok di langit sebagai sumber ketakjuban bagi mata yang mau berpikir; Dia memenuhi semua kebutuhan hidup dengan menciptakan lautan, menciptakan daratan, memelihara pepohonan yang terus tumbuh; Dia membagi waktu ke dalam beberapa musim; Yang menjadikan matahari menerangi siang dan bulan menerangi malam; Yang menegakkan gunung-gunung di atas setitik tanah; dan membentangkan tanah di atas permukaan air; Yang mewujud ke dalam panas matahari, menghidupkan pepohonan dari saripati tanah, dan memuliakannya dengan menghasilkan buah-buahan; Yang merawat semak belukar yang baru tumbuh di dalam ayunan tanah tandus kemudian menghiasinya dengan bunga-bunga yang semerbak wangi; Yang mengalirkan air kepada akar-akar tanaman yang kehausan melalui gumpalan mendung di angkasa.

Aduhai hati, pujilah Tuhan Yang Maha Tinggi, dan ikutlah nyanyian merdu burung bul-bul, dalam konser musik pujian rasa syukur.

Dia, yang bersegera dalam pengampunan dosa-dosa kita dan lamban dalam melihat kelemahan kita; Yang di dalam penglihatan-Nya manusia adalah sama; Yang menyembunyikan kesalahan kita; Yang menerima tobat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan rahmat-Nya yang melimpah ruah; Yang di hadapan-Nya kepala-kepala penguasa yang agung terkulai dengan hina dan dalam kepasrahan; Yang tidak menghukum orang-orang durhaka dengan tergesa-gesa, meskipun Dia berkuasa tetapi tidak sewenang-wenang.

Bagi-Nya semua yang ada adalah setetes air di dalam samudera kebijaksanaan; Yang meja rahmat-Nya terbentang luas untuk orang-orang taat maupun ingkar; dan atas kehendak-Nya benda dan kehidupan bergerak dalam ketaatan.

Wahai kalbu, puji dan pujalah Tuhan Yang Maha Awal dan Maha Kaya. Dia melihat rahasia tersembunyi di dalam dada kita dari balik kelambu pengetahuan.

*****

Posting Secarik Doa Ungkapan Syukur di atas merupakan adaptasi dari karya Sa’di sebagaimana dikutip oleh Mehdi Nakosteen dalam buku History of Islamic Origin of Western Education A.D. 800-1350 (Colorado: University of Colorado Press, Boulder, 1964). Tentang Sa’di, silakan klik tulisan saya sebelumnya Jalan Cinta.

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Secarik Doa Ungkapan Syukur

  1. eliya berkata:

    terima kasih tulisannya

  2. kukuh budiharso berkata:

    artikel di blog ini bagus-bagus, saya ikut tertarik dan makasih telah mengunjungi blog saya.. juga atas sarannya saya ucapkan terima kasih.. mohon panduannya lagi agar page rank blog saya bisa naik… maaf komentar mas di blog saya tidak saya tampilkan karena masuk kategori spam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s