Sensasi Angkasa Luar RSS Feed


Apa RSS Feed itu? RSS merupakan singkatan Really Simple Syndication. Situs WIKIPEDIA memberi kita pengertian bahwa RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler.

Menurut WIKIPEDIA lebih lanjut, untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS Feed tidak dipungut biaya alias gratis. Akan tetapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.

Untuk konteks tulisan ini, saya akan mengajak pembaca menikmati sensasi membaca RSS Feed yang kita langgani ala menjelajah angkasa luar. Untuk keperluan tersebut, pembaca akan saya pandu tahap demi tahap untuk dapat merasakan pengalaman baru membaca RSS Feed yang lain daripada yang lain.

Kali pertama, silakan kunjungi situs http://rssvoyage.com. Berikut tampilan screenshot-nya:

 

 

Sebagai pendatang baru, silakan pembaca klik kotak “Start” untuk mendaftarkan diri sebagai pemilik akun di “voyage”. Kemudian masukkan RSS Feed situs-situs favorit yang sering pembaca kunjungi.  Sebagai contoh kita akan berlangganan situs KOMPAS.COM dengan RSS Feed: http://www.kompas.com/getrss/all. Bila pembaca hanya menyukai rubrik-rubrik tertentu di KOMPAS.COM, misalnya  rubrik olahraga, masukkan saja RSS Feed-nya: http://www.kompas.com/getrss/olahraga.

Bisa pula pembaca memasukkan RSS Feed blog anda sendiri, akun Twitter anda dan lain sebagainya.

 

 

 

RSS Feed yang ditampilkan situs “voyage” ini dikelola berdasarkan jam dan tanggal. Cukup hanya dengan memainkan tombol scroll mouse atau menekan tombol up dan down di keyboard, pembaca akan menikmati pengalaman seru membaca RSS Feed yang kita sukai. Serasa menjelajahi postingan di angkasa luar….

Lantaran hanya RSS Feed, untuk membaca lengkap artikel-artikel yang tersaji silakan klik saja artikel yang pembaca minati, kemudian anda akan disuguhkan artikel lengkapnya di situs asal. Semoga berkenan.

*****

 

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Gaya Hidup dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Sensasi Angkasa Luar RSS Feed

  1. brillianto berkata:

    Selamat pagi pak Dwiki Setiawan. Perkenalkan nama saya Brillianto (Brill). Saya suka sekali membaca tulisan2 Bapak di blog ini. Informatif dan ada pula yang inspiratif. Apakah tulisan ini bisa saya share ke teman2 saya yang lain? Saya mohon izin.

    Alamat e-mail saya bkjn21@yahoo.com.

    Demikian salam perkanalan saya.

    Terima kasih,
    Brillianto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s