Gara-gara Barack Obama


 

Presiden Amerika Serikat Barack Obama bertemu Presiden RRC Hu Jintao di KTT G-20 Seoul Korea Selatan (Source:Shanghai Daily)

Presiden Amerika Serikat Barack Obama bertemu Presiden RRC Hu Jintao di KTT G-20 Seoul Korea Selatan (Source: Shanghai Daily)

Gara-gara Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama melakukan kunjungan singkat ke Indonesia, blog personal yang tengah anda baca ini dalam tiga hari belakangan mendapatkan arus pengunjung signifikan. Rabu (11/11/2010) kemarin saja, hingga pukul 24.00 wib terdeteksi di dasbor 1.699 unique visitor menyambangi blog ini. Sehari sebelumnya, ada 1.357 unique visitor. Hari-hari normal, blog ini hanya dilirik antara 600 hingga 750 visitor.

Kaitan antara blog personal ini dengan lawatan Barack Obama ke Indonesia, tiada lain lantaran di blog ini beberapa postingannya (lama maupun baru) mengupas fenomena Obama berikut figur-figur penting di balik kiprah dia dalam panggung politik dunia yang  fenomenal.

Posting-posting yang saya maksud, antara lain posting pertama tertanggal 22  Januari 2009 tentang Pidato  Lengkap Pelantikan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama. Disusul sehari kemudian mengupas sosok pemuda tampan dan imut Jon Favreau: Penulis Pidato Pelantikan Barack Obama.

Selanjutnya pada 5 Juni 2009, blog ini memposting Pidato Lengkap Barack Obama di Universitas Kairo Mesir yang tersohor itu. Pidato Obama di Kairo bertajuk Permulaan Baru hubungan Amerika Serikat dengan Dunia Muslim. Berselang empat hari kemudian saya posting sosok Ben Rhodes: Penulis Pidato Barack Obama di Kairo.

Posting tentang Ben Rhodes merupakan surprise dan kebanggaan tersendiri saya sebagai seorang blogger, lantaran sebelum adanya posting itu nyaris tidak ada media massa (cetak maupun online) yang membicarakan profilnya. Saat saya posting di blog Kompasiana, dalam hitungan menit tulisan profil Ben Rhodes dipublikasi oleh Kompas Dot Com pada halaman Luar Negeri. Berkaca dari pengalaman tersebut, sesungguhnya blog personal milik siapa pun dapat menjadi trendsetter untuk media massa cetak maupun online lainnya.

Paling baru adalah posting tentang Pidato Barack Obama di Universitas Indonesia pada 10 November lalu, tatkala Obama melakukan lawatan singkat ke Indonesia.

Bergandengan tangan dengan hal yang telah dikemukan di atas, posting-posting dimaksudlah yang dicari para netter. Sebagaimana pembaca lihat pada screenshot yang saya sertakan dalam posting ini, para netter dirujuk ke blog personal ini manakala mengetikkan kata kunci (keyword) di mesin pencarian. Atau seseorang mendapat rujukan dari situs media sosial yang saya langgani.

Di samping itu, ada beberapa posting lain di blog ini yang membicarakan perihal Barack Obama. Hanya saja minim perhatian dari pengunjung.

 

***

Blog personal ini sejatinya hanyalah setitik buih yang mengapung di atas luasnya samudera world wide web (WWW). Hari ini, barangkali sudah ada ratusan juta website dengan milyaran halaman di dalamnya. Semua informasi yang hakekatnya kita butuhkan untuk mempermudah hidup dan kehidupan kita di kolong langit ini tersedia secara realtime. Sudah barang tentu tidak semuanya ada, lantaran atas nama keamanan dan privacy, beberapa data dan informasi yang mungkin kita butuhkan tidak disajikan kepada publik.

Namun demikian, hal itu tidak mengurangi hasrat para netter untuk tahu akan sesuatu hal. Sumber-sumber daya informasi dan data yang kini tersedia di blantika maya bertambah banyak dan senantiasa diperbaharui. Problematikanya, tidak semua orang tahu tip dan trik untuk mendapatkan sumber daya yang melimpah ruah tersebut.

Akses ke arah sumber daya informasi dan data terbuka lebar. Kita sendirilah yang musti belajar sembari praktek (learning by doing) untuk membuka pintu lebar-lebar fenomena yang telah saya kedepankan sekilas ini. Kunci guna membuka pintu itu hakekatnya telah kita kantongi. Tinggal bagaimana kita tahu kunci mana yang tepat untuk membuka pintu jagat digital yang tergelar di depan mata kita ini.

Demikianlah posting Gara-gara Barack Obama. Salam dari kesayupan….

 

*****

Sumber Ilustrasi Gambar: http://www.shanghaidaily.com

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Petak Ide dan tag , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Gara-gara Barack Obama

  1. sarjoni berkata:

    luar biasa.. saya sich juga pernah mengalami hal yang serupa dg katakunci indonesia merdeka, dan bertepatan 17 agustusan… trafficnya mebludak,,,

  2. masmpep berkata:

    Wah, ilmu yang satu ini saya perlu belajar mas. Bagaimana blog kita rame dikunjungi, dibaca, dan memberi manfaat bagi banyak orang….

  3. Sungguh luar biasa Mass, makin rame kunjungannya🙂 Mas, tukeran link yuk? link blog mas udah saya pasang di situs saya, di halaman ini:
    http://vanovic.com/blog

    ditunggu link balikny, terima kasih🙂

  4. Xpressi berkata:

    info yang bagus sob!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s