Merengkuh Makna Kehadiran Sebuah Blog


Merengkuh Makna Kehadiran Sebuah Blog. Hari Kamis ini (28/10/2010), bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-82, blog yang tengah anda baca tepat berusia 2 (dua) tahun.

Tidak ada salahnya, bila kita memperingati sesuatu apapun, apalagi yang berkaitan dengan suatu kelahiran, untuk melakukan refleksi: masihkah kita di jalur yang  tepat dan benar saat memulai,  apa kekurangan dan kelebihan pada tonggak yang telah kita pancangkan, telah sampai di mana diri kita, dan apa yang akan diperbuat untuk menapaki perjalanan selanjutnya? Berjalin kelindan dengan sederet refleksi tersebut, tiada lain dimaksudkan agar kita tetap setia dengan  pelabuhan tujuan yang hendak digapai.

Tanpa mau melakukan refleksi, kita ibaratnya menempuh suatu perjalanan namun tidak memiliki tujuan tertentu. Kita barangkali telah membawa  alat dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pengembaraan yang jauh dan memakan waktu, seperti: bekal makanan, obat-obatan, peta, senter,  kompas dan lain-lain. Namun kadang-kadang kita tidak tahu untuk apa kesemua alat dan perlengkapan itu. Di sinilah pentingnya suatu refleksi di hari kelahiran. Agar kita dapat mengkonsolidasi kesemua alat dan perlengkapan yang ada untuk mencapai tujuan yang sedari awal telah ditetapkan.

Demikian pula kehadiran  blog ini. Di hari jadinya, yang ke-2, saya  musti melakukan refleksi. Suatu perenungan. Dengan refleksi itu, akan tergambar dengan nyata apa saja yang sudah didapatkan, mana saja yang belum, kekurangan apa yang tertinggal, dan keberhasilan apa saja yang sudah terengkuh. Dan sebagainya.

***

Tatkala kali pertama membuat blog dan menerbitkan tulisan pertama bertajuk “Percikan di Langit Pikiran” pada 28 Oktober 2008, saya menggoreskan misi blog ini dengan untaian kalimat, “Blog ini hanyalah percikan di langit pikiran. Mottonya, “Pencerah Langit Pikiran”. Karena sifatnya yang hanya percikan permenungan, blog ini jauh dari idealitas pengelolanya. Dimaksudkan sebagai ajang tukar gagasan, informasi, dan kerja-kerja kreatif pikiran lainnya.”

Kalimat kerja-kerja kreatif pikiran lainnya di atas memiliki makna bersayap.

 

 

 


Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Merengkuh Makna Kehadiran Sebuah Blog

  1. Selamat ultah bwt blog nya…moga makin sukses aja heheh

  2. widhi eko berkata:

    salam kenal ya mas dwiki.
    tulisannya bagus2 juga🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s