Statistik Blog Jelang Usia Ke-2


Statistik Blog Jelang Usia Ke-2. Kamis 28 Oktober 2010 mendatang, blog yang tengah anda baca ini tepat berusia 2 tahun. Sebagai admin, saya bersyukur bahwa dalam enam bulan belakangan ini statistik harian blog ini cenderung stabil. Sebagaimana yang bisa anda lihat pada gambar screenshot Statistik Blog akhir bulan September dan Oktober 2010 yang menyertai tulisan ini, setiap hari blog ini dikunjungi rata-rata 700 orang.

Terbaca pada gambar screenshot Statistik Blog di atas jumlah pengakses sejak kali pertama diluncurkan 28 Oktober 2008 lalu –bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-80– sebanyak  365.595 views. Apabila dipukul rata selama 2 tahun, blog ini dilihat oleh 500 pengakses setiap harinya. Lumayan untuk sebuah blog yang adminnya “bukan siapa-siapa” ini.

Tanpa bermaksud untuk membusungkan dada, mendatangkan (atau lebih tepatnya memikat) orang agar sudi mengunjungi sebuah blog  personal dan membaca posting-posting yang ada di dalamnya hingga ratusan setiap harinya tidaklah mudah. Terkandung di dalamnya sebuah perjuangan: dari menyukai dunia blogging, gemar membaca dan mengamati fenomena sosial untuk dituangkan dalam secarik tulisan, adaptasi dengan perkembangan teknologi dan informasi mutakhir, rendah hati dan mau belajar pada blogger lain yang lebih pandai, dan yang paling hakiki adalah kecintaan serta ketekunan pada aktivitas blogging yang tengah digeluti.

Banyak blogger yang semula menggebu-gebu, lantas blog yang dimilikinya bak kerakap di atas batu, yang hidup segan mati pun tak mau. Namun, tidak sedikit pula para blogger dengan jalur yang telah dipilihnya lantaran kecintaan dan ketekunan, memantapkan diri dan berhasil. Saya sendiri merasa benih kecintaan dan ketekunan itu telah berkecambah, dan tumbuh berkembang perlahan mengikuti irama waktu. Untuk dikatakan sebagai blogger berhasil, rasa-rasanya masih jauh dari harapan.

Apabila pembaca menelusuri posting-posting saya sebelumnya, dalam banyak kesempatan telah disinggung bagaimana meningkatkan performance blog yang kita kelola. Di mana salah target yang dibidik tiada lain meningkatkan lalu lintas (traffic) blog kita. Toh, apalah faedahnya kita memiliki sebuah blog namun hakikatnya blog tersebut merupakan “blog klangenan” yang sedikit pengunjungnya? Laksana hewan piaraan dengan dasar pemikiran asal punya blog, asal update, dan asal-asal lainnya.

Kalaulah boleh saya memberi masukan kepada anda agar blog yang dimilikinya agak lumayan pengunjungnya, mulailah dari sekarang anda memiliki posting-posting unggulan dari sekian posting yang ada. Kerahkan segenap kemampuan dan kreativitas yang ada untuk membuat posting unggulan tersebut. Masukan saya pula, janganlah suka copy paste tulisan orang lain sebagai posting unggulan anda. Jika anda tipe blogger yang gemar copy paste, anda tidak memiliki pengunjung loyal. Bukannya mengharamkan, jika hanya sesekali melakukan copy paste, masihlah dapat ditolerir.

Mungkin dengan copy paste blog anda lalu lintas pengunjungnya padat. Namun itu temporer saja. Tidak akan awet, dan sesungguhnya dengan copy paste itu anda telah menyiapkan lubang kubur untuk  jasad blog anda itu.

Dan, salah satu teknik agar blog anda memiliki pengunjung loyal, berusahalah semaksimal dan sekreatif mungkin menghasilkan tulisan orisinil. Lantaran dibuat dengan semaksimal dan sekreatif mungkin, tentu saja tulisan itu berbobot atau bermutu. Darinya akan mendatangkan lalu lintas padat yang tergambar dengan jelas pada widget Statistik Blog.

Di mana-mana, yang namanya produk bermutu (andai kita umpamakan blog sebagai pabrik dan produknya adalah posting-posting) niscaya akan tahan lama peredarannya dan juga mahal harganya. Demikianlah hukum besinya.

Apakah posting-posting yang ada di blog ini dalam kategori produk bermutu? Saya sendiri merasa belum sampai taraf itu. Namun sekali lagi, dengan bekal kecintaan dan ketekunan saya akan berusaha ke arah itu. Insya Allah.

*****

 

 

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Petak Ide dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Statistik Blog Jelang Usia Ke-2

  1. fikri8 berkata:

    mntab mas.. statistiknya bkin ngiler…

  2. dira berkata:

    Mantabs mas, resepnya apa ya? blog saya masih jalan di tempat, cuma pikiran penulisnya aja yg udah kemana-mana..🙂

  3. Vicky Laurentina berkata:

    500 kunjungan per hari, Pak? Mantap. Bagaimana jumlah komentar per hari, Pak? Per hari lho, bukan per post.

    • Dwiki Setiyawan berkata:

      Vicky, di blogku ini antara kunjungan dan komentar per harinya memang kurang sinkron. Mustinya dengan 500 klik setidaknya ada 5 % komen saja atau 25 buah komentar sudah klop. Namun yang terjadi komen yang masuk tiap harinya berkisar antara 5 hingga 10 orang.

  4. sarjoni berkata:

    aslmkm..
    sebuah prestasi tuch kawan… blogger yang kaya inspirasi, apalagi bloggernya seorang aktivis, menulis itu adalah sebuah kebutuhan.. selamat ya… Semoga Indonesia kita lebih cerah dengan tulisan2 kawan yang bermamfaat ini.. wasalam, Pengurus HMI kerinci.

  5. Joko Sutarto berkata:

    Blog ini seumuran dengan blog yang saya punya. Namun trafiknya saya kalah jauh karena visitor blog saya masih di kisaran 250 s/d 300-an pengunjung per hari.

    Benar, saya sependapat dengan Anda adalah tidak mudah mendatangkan pengunjung apalagi menariknya menjadi pengunjung rutin ke blog personal yang isi postingannya tak spesifik mengarah ke satu tema atau niche tertentu.

    Posting unggulan. Kalau saya suka menyebut posting pilar, betul itulah kuncinya. Semakin banyak isi sebuah blog mengandung posting pilar maka trafik akan naik tinggi. Karena posting pilar banyak dicari orang di internet.

    Boleh tanya, Pak? Posting pilar di blog ini yang paling banyak dicari atau impresionnya yang paling tinggi biasanya bertema tentang apa, Pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s