Teknik Mengoptimalkan Situs untuk Menggaet Pembaca


Pengalaman adalah guru yang terbaik. Berdasarkan itu pula, sekurang-kurangnya terdapat 7 Teknik Mengoptimalkan Situs atau Blog untuk Menggaet Pembaca yang berangkat dari pengalaman yang saya alami sendiri. Saya berharap, pembaca menuntaskan baca posting ringan ini, selanjutnya diikuti dengan mempraktekkannya. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah berani bereksperimen “coba dan salah” (trial and error)

Sebagaimana kita ketahui, pertumbuhan situs atau blog di Indonesia menunjukkan grafik yang kian hari kian meningkat. Berita baiknya, kenyataan demikian merupakan suatu perkembangan menggembirakan. Sedangkan berita buruknya, persaingan semakin ketat untuk menggaet pembaca agar sudi meluangkan waktu membaca posting yang kita buat.

Sejatinya, 7 Teknik Mengoptimalkan Situs untuk Menggaet Pembaca yang saya tawarkan ini bukan resep instan yang begitu saja secepat kilat meningkatkan kinerja situs sidang  pembaca.

Apabila pembaca seorang pengelola situs yang cukup kreatif, niscaya terbentang 1001 jalan agar situs anda (termasuk posting-posting pilihan) dikenal orang, yang pada gilirannya menggaet pembaca. Apalah faedahnya kita memiliki situs namun posting-posting yang dibuat tidak dibaca orang, bukan?

Dari hasil riset kecil-kecilan yang pernah saya lakukan, tidak ada jaminan bahwa  pengelola situs seorang publik pigur secara otomatis situsnya banyak dikunjungi orang. Demikian pula tidak menjamin, seseorang dengan kemampuan teknik menulis dan tulisan bermutu yang dihasilkan juga akan memiliki traffic situs yang bagus. Dengan melihat widget statistik pengunjung yang biasanya dicantumkan pengelolanya, kita sudah bisa mengetahui seberapa ramai lalu lintas pengunjung yang ada.

Kalaupun widget statistik pengunjung situs tidak tersedia, kita dengan menggunakan plugin tertentu dapat meraba-raba jumlah pengunjung situs bersangkutan dengan melihat faktor page rank (PR), halaman dan posting yang terindeks mesin pencari, backlick dan sebagainya.

Menurut hemat saya, persoalan mendasarnya adalah seorang pengelola situs sudah merasa semuanya beres manakala telah membuat tulisan baru dan mempublikasikannya melalui situs miliknya. Ternyata tidak cukup hanya dengan membuat posting secara teratur saja. Posting teratur hanya salah satu teknik untuk mendatangkan pengunjung. Lebih daripada itu, dibutuhkan teknik-teknik tertentu agar suatu situs dan suatu posting unggulan mendatangkan traffic prima.

Kini marilah kita bahas satu per satu dari 7 Teknik Mengoptimalkan Situs untuk Menggaet Pembaca. Salah satu tujuan dari optimasi situs ini tiada lain agar situs atau posting unggulan yang pembaca buat meraih halaman satu mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain. Lantaran, hanya dengan menempatkan situs atau posting kita di halaman satu mesin pencari, situs kita akan dilirik orang. Pada gilirannya akan meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikan. Ketujuh teknik tersebut, adalah:

Pertama, menentukan judul posting. Selama ini banyak pengelola dan atau admin situs menganggap suatu judul posting yang dibuatnya serta merta akan menarik pembaca. Itu betul jika situs anda berisi konten-konten atas suatu kecenderungan yang tengah menjadi perhatian publik. Katakanlah saat ini anda membuat judul postingan “Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan”, pastilah dilirik orang. Atau anda memposting sesuatu yang benar-benar baru dan memberi perspektif baru pula buat sidang pembaca. Bisa terjadi pula, anda membuat suatu posting yang sensasional.

Terkait soal yang ramai dibicarakan orang, walaupun isi posting biasa-biasa saja, biasanya traffic situs anda meningkat. Mengapa? Lantaran soal “Mie Instan” saat ini ramai diperbincangkan orang. Namun bagaimana jika situs anda berisi konten, misalnya, politik dalam arti luas? Jika anda kurang jeli menentukan judul posting yang pas, saya pastikan situs atau posting anda itu terlibas oleh situs portal berita yang telah mapan atau blog dengan page rank (PR) tinggi.

Kedua, kesesuaian judul dengan konten. Atau disebut relevansi. Tingkat relevansi tinggi berarti konten yang dibuat memiliki bobot tersendiri di mata pembacanya. Jangan sekali-sekali anda membuat suatu posting di mana antara judul dan isi posting tidak ada kesesuaian. Aneh kan anda membuat posting dengan tajuk “Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan” namun isinya membahas zat yang dianggap berbahaya dalam produk kecap?

Ketiga, menyertakan kata kunci dalam konten. Contoh nyatanya adalah tulisan yang sedang anda baca ini. Ada beberapa kata kunci (keyword) yang saya ulang beberapa kali dalam konten yang saya buat. Kata kunci tersebut antara lain: Mengoptimalkan Situs, Menggaet Pembaca, Traffic Situs, Admin Situs dan lain-lain. Dalam suatu posting, kata kunci tersebut kita sematkan dalam tag atau label di dashboard admin situs. Dengan menyertakan kata kunci dalam postingan dan kotak tag, di mata mesin pencari akan dianggap suatu hal yang penting. Dengan demikian, jika seseorang di belahan dunia lain mengetikkan kata-kata kunci pencari yang sama dengan yang anda buat di kotak pencarian mesin pencari. Bisa jadi hasil pencarian yang ditampilkan di halaman satu mesin pencari mengarah ke situs anda.

Terkait dengan poin pertama, kedua dan ketiga di atas, yang tidak kalah penting pula usahakan untuk mengoptimasi posting dengan menempatkan kata-kata kunci di awal posting. Mengapa demikian? Soalnya tiada lain, bagi mesin pencari kalimat-kalimat awal yang anda goreskan itu dianggap sebagai “hal amat penting”. Pula kali pertama yang akan diindeks oleh robot mesin pencari. Perhatikan posting saya ini, kata kunci “Teknik Mengoptimalkan Situs untuk Menggaet Pembaca” saya tempatkan di awal tulisan. Demikian pula pengulangan kata kunci tersebut di paragraf lain, ditambah dengan pemberian cetak tebal (bold) akan dipandang sebagai “hal amat penting”. Dengannya, kemungkinan untuk tampil di halaman satu mesin pencari lebih besar ketimbang teknik itu tidak dilakukan.

Keempat, posting secara teratur. Sebuah situs dengan posting teratur akan meningkatkan tingkat kepercayaan suatu situs di mata mesin pencari (search engine). Dengannya pula, situs anda akan teratur dikunjungi dan diindeks robot mesin pencari. Yang perlu diperhatikan, hindari kesan bahwa posting teratur anda itu merupakan duplikasi atau hasil salin tempel (copy paste) dari situs lain. Di samping itu, posting teratur juga mempertebal kepercayaan pengunjung tetap situs Anda.

Kelima, melakukan “ping” setiap kali publikasi posting baru. Yang dimaksud melakukan “ping” ialah melakukan pemberitahuan melalui situs “ping”. Di ranah maya, ada banyak situs-situs ping yang bisa anda langgani dengan cara mendaftarkan diri. Sebagai panduan, silakan ketikkan kata kunci “ping site” di mesin pencari (search engine), dan pilih yang sesuai dengan selera anda. “Ping” bisa diartikan sebagai alarm, sirene atau lonceng suatu situs. Tatkala anda mempublikasi posting baru: alarm berbunyi, sirene meraung-raung, atau lonceng berdentang-dentang memberi tahu orang lain akan adanya suatu posting baru.

Blog personal milik saya ini juga menggunakan teknik “ping”. Karenanya, tanpa perlu bersusah payah, sekali memposting suatu tulisan baru, pada saat yang bersamaan tersebar ke berbagai situs lain. Teknik ini akan menghemat anda untuk memberi tahu kepada khalayak luas akan adanya posting baru yang anda buat. Pembahasan lebih lengkap mengenai situs “ping” ini akan saya posting tersendiri.

Keenam, membangun link ke berbagai situs lain. Membangun link berarti menempatkan link situs atau link posting di situs lain yang mengarah kepada situs anda. Apabila situs atau blog anda terpandang di mata mesin pencari, maka dengan sendirinya link anda itu memiliki bobot tersendiri dan “dihitung” yang tercermin dari hasil pencarian suatu mesin pencari. Oleh karena itu, diperlukan suatu itikad baik diri kita selaku admin situs atau blog dalam pergaulan di komunitas blantika maya. Atas dasar nilai etis itu, saat anda membangun link dengan konten yang berkualitas dan konsisten, maka kemungkinan besar anda akan menuai panen raya berupa jumlah pengunjung yangh signifikan di situs atau blog anda.

Cara mudah untuk membangun link yakni dengan melakukan bookmark di situs-situs bookmark yang telah ada. Penjelasan soal ini silakan pembaca telusuri posting terkait sebelumnya: 15 Daftar Social Bookmark Indonesia Pilihan.

Ketujuh, mencoba hal-hal baru yang berbeda. Seorang admin situs atau blogger sukses ditandai oleh inovasi tiada hennti, berupa secara berkelanjutan mencoba hal-hal baru. Mengasah kemampuan dengan membandingkan teknik yang dipakai orang lain yang menuai banyak pengunjung ke situsnya, menyelidiki situs-situs yang cepat berkembang dan maju serta menduduki peringkat atas, dan mengikuti setiap perkembangan baru pada teknologi mesin pencari. Sejujurnya tidak ada “rumus pakem” untuk mengklaim suatu teknik yang dikuasainya akan selalu berbanding lurus dengan performance suatu situs yang dimilikinya. Melainkan suatu kombinasi antara rasa keinginantahuan, pengalaman, kecerdasan, kerendahhatian dan perasaan untuk menjadi yang terbaik di bidang yang digelutinya dalam mengoptimalkan suatu situs atau blog.

Hal-hal lain yang belum termaktub dalam posting Teknik Mengoptimalkan Situs untuk Menggaet Pembaca ini, mari kita diskusikan!

*****

Sumber Ilustrasi Gambar: http://www.seotrinity.com

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Budaya, Panduan Menulis dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

27 Balasan ke Teknik Mengoptimalkan Situs untuk Menggaet Pembaca

  1. Akhirnya nemu juga postingan seperti ini yang dipaparkan dengan bahasa yg lugas mudah dimengerti. Selama ini saya sering gak mudeng dengan postingan cara meningkatkan traffic blog, karena banyak menggunakan istilah yang sangat teknis. Thx ya mas Dwiki.

  2. Ping balik: Rekor Kunjungan Hari Tersibuk Blog Akhirnya Terpecahkan | Dwiki Setiyawan's Blog

  3. guruproduktif berkata:

    Sip…bacaan yang bermanfaat, thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s