Catatan Kaki Temu Pelanggan Seluler Kompas 2010


Temu Pelanggan Seluler Kompas (http://picasaweb.google.com)

Temu Pelanggan Seluler Kompas (http://picasaweb.google.com)

Untuk kali ketiga –setelah tahun lalu absen– saya hadir di ajang Temu Pelanggan Seluler Kompas 2010. Kegiatan Temu Pelanggan Seluler ini rutin diselenggarakan setiap tahun, dan biasanya berlangsung di sela Pameran Seluler Indonesia atau Indonesia Cellular Show (ICS). Tahun 2010 ini ajang Temu Pelanggan Seluler Kompas berlangsung pada Kamis 15 Juli di Main Stage Assembly Hall I Balai Sidang Jakarta.

Mengusung tema “Inovasi dan Etika Bisnis“, kegiatan Temu Pelanggan Seluler Kompas yang diadakan Dyandra Promosindo tersebut, hemat saya kurang menukik pada tema yang diangkat. Hal ini tercermin setidaknya dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pelanggan seluler kepada para operator seluler yang hadir: Axis, Esia, Xl, Telkomsel, Indosat, dan Smartfren.

Hampir sebagian besar pelanggan yang punya kesempatan bertanya kepada 6 operator seluler dimaksud, mengeluhkan soal penerimaan sinyal yang lemah di beberapa titik atau daerah tertentu (dalam hal layanan internet di seputar putus-sambung koneksi). Sebagian yang lain soal pulsa yang tiba-tiba tergerus. Juga soal bombardir sms promosi maupun iklan dari operator. Sementara masalah inti, yakni soal inovasi hanya disinggung ala kadarnya. Sedangkan inti lainnya, yaitu etika bisnis para operator seluler kurang mengemuka. Tak urung pengamat konsumen seluler, Indah Suksmaningsih,  selaku narasumber acara dimaksud mengingatkan peserta untuk fokus pada tema yang diangkat.

Soal yang menyangkut etika bisnis operator seluler di atas, memang perlu disuarakan terus menerus. Dalam kaitan ini yang menyangkut relasi antara operator dan pelanggan. Tujuannya tentu saja untuk memaksimalkan tingkat kepuasan pelanggan. Sekaligus untuk meminimalkan  salah persepsi antara operator dan pelanggan.

Perlu disadari bersama bahwa posisi pelanggan di manapun dalam keadaan lemah.  Hanya segelintir pelanggan saja yang paham tentang seluk-beluk di belakang berlangsungnya sistem seluler. Bagian yang jauh lebih besar dari pelanggan  tatkala merasa dirugikan niscaya akan terbengong-bengong saat ditunjukkan sistem itu. Alih-alih bisa berargumen, melihat grafik atau angka-angka atau apapun namanya dari sistem seluler itu saja sudah pening kepalanya.

Setali tiga uang dengan soal etika bisnis operator seluler ini menyangkut pihak ketiga. Dalam hal ini soal content provider. Keluhan yang mengemuka terkait mudahnya registrasi untuk berlangganan konten tertentu, namun banyak pelanggan bingung tatkala ingin mengakhiri langganan konten tertentu. Para operator seluler di ajang Temu Pelanggan Seluler Kompas di atas sudah menjawab soal ini.

Namun perlu ditegaskan, edukasi atau informasi mengenai hak pelanggan soal REG atau UNREG atau UNSUB perlu disampaikan secara rutin kepada pelanggan. Bukan hanya pada saat konfirmasi awal seorang pelanggan mendaftar layanan konten tertentu saja. Akibat kurangnya edukasi ini, banyak pelanggan seluler merasa dirugikan.

Segi lain menyangkut etika bisnis operator seluler, yakni hendaknya para operator seluler segera tanggap merespon keluhan dari pelanggannya. Tak terkecuali siapa dia pelanggan itu. Operator seluler yang sigap menyelesaikan sekecil apapun keluhan yang muncul, tak pelak akan tetap eksis dalam kompetisi yang keras ini.

Di ajang Temu Pelanggan Seluler Kompas 2010, hampir setiap keluhan yang mencuat ditindaklanjuti operator. Pelanggan merasa bangga dan puas. Hal ini perlu diapresiasi. Namun demikian, akankah keluhan-keluhan yang sama melalui customer service (dalam hal ini menelepon ke operator) juga mendapat perlakuan sama?

Jika menilik masih munculnya keluhan pelanggan di surat-surat pembaca media massa, atau yang hanya muncul pada obrolon warung kopi, silakan jawab sendiri pertanyaan kunci di akhir catatan kaki ini…

Sumber Gambar: http://picasaweb.google.com/dwiki.setiyawan/

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Gaya Hidup dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Catatan Kaki Temu Pelanggan Seluler Kompas 2010

  1. Usually I do not read article on blogs, but I would like to say that this write-up very pressured me to check out and do it! Your writing style has been amazed me. Thank you, very great article.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s