Air Mata Sepak Bola


Air mata dapat mewakili ungkapan emosi seseorang, kelompok, masyarakat, bangsa bahkan antar bangsa. Tengoklah  saja melalui layar kaca belakangan ini kala berlangsung laga sepak bola Piala Dunia FIFA 2010 di Afrika Selatan. Linangan air mata yang meleleh di pipi para penonton sepak bola itu merefleksikan keadaan duka cita atau  suka cita. Barangkali pembaca yang tengah asyik menonton tayangan dimaksud mengalami hal serupa. Fenomena ini  saya namakan Air Mata Sepak Bola.

Empat tahun silam, pada laga Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman, Italia  di final turnamen keluar sebagai jawara setelah mengalahkan Perancis lewat adu finalti. Senyum kemenangan mengembang di bibir banyak publik dan fans sepakbola Italia. Tim kesebelasan yang menang menyunggingkan senyuman. Pada saat sama air mata tak sedikit mengucur didalamnya.  Beda tipisnya,  lelehan air mata, milik bagi pemenang maupun pecundang.Air mata yang menetes pada para penonton sepak bola bisa berarti simbol dari kekecewaan karena tim jagoannya kalah. Namun dapat bermakna pula ia penanda rasa haru akan keberhasilan suatu tim meraih kemenangan. Namun demikian, drama akhir laga  sepak bola bukan semata-mata soal kalah atau menang.

***

Dalam keseharian, di luar soal sepak bola, kita juga bisa menyaksikan bahwa air mata dapat menjadi senjata sekaligus alat pertahanan diri. Bagi yang lihai memanfaatkannya, Air Mata merupakan alat untuk memuji dan berterima kasih.

Pada sebagian orang, keberadaan air mata begitu nikmat dan menenangkan.  Laksana air nan mengendap delapan tahun lamanya (koyo banyu wayu sewindu lawase). Ia adalah bagian terjauh dari emosi. Yang terlindung dan tersimpan di langit pikiran dan dataran hati. Air mata bisa pula menjelma sebagai putri dari keadilan, akan tetapi ia tidak dapat membebaskan kegusaran. Lantaran kegusaran umumnya menuntut sikap dan tindakan untuk memperbaiki kesalahan.

*****

Sumber Gambar: http://news.bbc.co.uk

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Budaya dan tag , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Air Mata Sepak Bola

  1. hmmm kadang menangis juga perlu untuk membersihkan bola mata yang lelah ini. nice infonya, semoga Brazil juara ya sob🙂

  2. mylitleusagi berkata:

    hiks..hiks..
    german kalah gara-gara si paul…

  3. Sepatu Eagle berkata:

    semoga sepakbola kita …bisa maju …salam kenal semua

  4. harri berkata:

    mantap gan….salam kenal…….check it out blog gw

  5. Tish Shamapande berkata:

    Hello i’m so happy I discovered your weblog, I really found you by mistake, whereas I was looking out Yahoo for something else, At Any Charge I am here now and would identical to to say thanks for a wonderful blog posting and a all round intriguing blog (I additionally love the theme/design), I do not need time to learn all of it at the proper now but I have bookmarked it andNice information, this actually helpful for me. There is nothing to argue about.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s