FPG Tetapkan Chairuman Harahap Ketua Komisi II DPR-RI


H Chairuman Harahap SH MH (Koleksi Dwiki)

H Chairuman Harahap SH MH (Koleksi Dwiki)

Fraksi Partai Golkar Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia menetapkan H Chairuman Harahap SH MH sebagai Ketua Komisi II DPR-RI. Ia menggantikan Drs. H Burhanuddin Napitupulu –Ketua Komisi II sebelumnya– yang meninggal pada 21 Maret 2010 lalu. Keputusan pengesahan Chairuman Harahap sebagai Ketua Komisi II DPR-RI ini akan diagendakan pada Rapat Paripurna DPR-RI beberapa hari mendatang.

Demikian dikemukakan Ketua Fraksi Partai Golkar DPR-RI Setya Novanto dalam konferensi pers yang digelar Kamis sore (22/4/2010) di Ruang 1204 Gedung Nusantara I DPR-RI. Menurut Setya Novanto, sesuai arahan DPP Partai Golkar, FPG mengajukan Chairuman Harahap sebagai Ketua Komisi II DPR-RI dengan misi perberdayaan desa. Melalui anggota-anggota Badan Anggaran yang ada di DPR, kata Setya Novanto lebih lanjut, FPG akan memperjuangkan anggaran sebesar Rp 1 milyar per desa setiap tahunnya. Dengan demikian, salah satu misi Chairuman Harahap di Komisi II DPR-RI yakni mengawal dan memperjuangkan anggaran desa dimaksud.

Saat konferensi pers berlangsung, Setya Novanto didampingi oleh Penasehat FPG Priyo Budi Santoso, Ketua DPP Partai Golkar Mahyuddin, dan anggota Komisi II DPR yang juga anggota Badan Anggaran Mustokoweni Murni. Tidak ketinggalan pula bintang konferensi pers yang namanya tengah diperbincangkan, Chairuman Harahap.

Perlu pembaca ketahui, Komisi II merupakan komisi strategis di DPR-RI lantaran membidangi politik dalam negeri. Mitra kerja Komisi II DPR meliputi Departemen Dalam Negeri, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, Sekretariat Negara, Sekretariat abinet, Badan Pertanahan Nasional, Badan Kepegawaian Negara, Lembaga Administrasi Negara, Arsip Nasional Republik Indonesia, Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum, Komisi Ombudsman Nasional dan Unit Kerja Presiden Pengawasan Pengendalian Pembangunan (UKP4).

Sekedar informasi tentang  Chairuman Harahap, sebelum menjadi anggota DPR, suami dari Ratna Sari Lubis dan ayah dari Wannahari Harahap, Maulida Sari Harahap, Diatce Gunungtua Harahap dan Muhammad Rizki Harahap ini menjabat sebagai Deputi III Menkopolhukam Bidang Koordinasi Hukum dan HAM pada 2006-2008.

Lahir pada 10 Oktober 1947, Chairuman Harahap yang mewakili daerah pemilihan Sumatera Utara II ini malang melintang di jalur karier kejaksaan. Alumni Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung memulai karier sebagai Kasi Sekretariat Kejaksaan Negeri Tondano pada 1976-1977 hingga terakhir menjabat sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus di Kejagung pada 2003-2006. Sebelum itu ia menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara di Kejati Medan pada 2001-2002 [Dwiki Setiyawan].

*****


Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Politik Nasional dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke FPG Tetapkan Chairuman Harahap Ketua Komisi II DPR-RI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s