Dapat Hadiah Lomba Lima Puluh Ribu Rupiah Saja


Screenshot Halaman Muka Situs Indonesia Menulis

Screenshot Situs Indonesia Menulis

ISENG-ISENG saya mengirimkan satu artikel di blog personal untuk dilombakan dalam Kontes Menulis Blog IM. Tema kontes: Motivasi Menulis untuk Blogger Indonesia. Tak disangka dan tak dinyana, artikel berjudul Kunci Utamanya Disiplin masuk daftar pemenang. Artikel itu sendiri sebenarnya suatu panduan menulis yang saya buat berseri dan hingga kini belum saya teruskan kelanjutannya. Artikel yang dilombakan tersebut berada di peringkat 9 dengan total nilai 229 dari 3 juri yang menilai kontes. Hadiahnya uang tunai Rp 50 ribu + Domain.Info selama 1 tahun.

Pembaca jangan mentertawakan hadiah yang saya peroleh! Kok hanya Rp 50 ribu saja. Saya sendiri ikut kontes menulis itu bukan mengejar hadiah. Hanya semata-mata meramaikan kontes dan memperluas jaringan. Satu hal yang perlu dicatat, kita tidak akan tahu seberapa tinggi cita rasa dan mutu suatu tulisan yang dibuat tanpa dibentur-benturkan pada suatu kontes. Jadi untuk suatu kompetisi apapun, jangan melihat dari hadiah yang ditawarkan. Andai hanya diberi piagam penghargaan saja, rasanya bagi saya sudah cukup. Karena dari piagam penghargaan, dapat dijadikan untuk memotivasi berprestasi anak-anak saya.


Dengan mengikuti kontes, dan walaupun berada di peringkat buncit, kita jadi tahu “kekuatan” suatu tulisan yang dibuat. Sama halnya dengan perumpamaan suatu produksi film Indonesia yang diikutsertakan dalam suatu festival film. Tidak dapat juara pun tidak apa-apa. Yang penting ada penghargaan dan apresiasi dari penonton.

Sama pula halnya tatkala saya mengikuti Kontes Blog berbau Search Engine Optimization (SEO) yang diadakan Pertamina. Walaupun tidak menang, saya sangat puas dengan hasil optimasi kata kunci (key word) Kerja Keras Adalah Energi Kita di Google Com. Awam soal optimasi dan baru kali pertama mengikuti lomba semacam itu, artikel saya nangkring di Halaman 3 (dari target hanya di halaman 5 atau 50 besar).

Artikel yang dilombakan diposting pada 25 Desember 2009, dengan demikian hanya butuh waktu kurang kebih 10 hari untuk mengoptimasi kata kunci, sebelum kontes ditutup pada 5 Januari 2010 lalu. Alhamdulillah dengan segala ketidaktahuan soal cara mengoptimasi, dan pakai jurus trial and error (lebih tepatnya jurus dewa mabuk. hehehe) ternyata kelihatan hasilnya juga. Tidak menang, namun terpuaskan.

Mungkin jika saya mengikuti lomba sejenis, dengan persiapan yang cukup matang dan mengorganisasi “team sukses” (kemarin terkesan individual) hasilnya akan lebih baik. Lantaran saya banyak dapat pelajaran penting dari menceburkan diri dan berbasah-basah mengikuti kontes blog berbau SEO Pertamina itu.

ooOOOoo

Pengumuman Hasil Kontes Motivasi Menulis untuk Blogger Indonesia di atas, silakan kunjungi dengan mengklik tautan ini: http://www.indonesiamenulis.com

Salam dari kesayupan….

[Dwiki Setiyawan]

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s