Artikel Penutup Kerja Keras Adalah Energi Kita


Kerja Keras Adalah Energi Kita: Sepak Bola Sarung (Koleksi Pribadi)

Kerja Keras Adalah Energi Kita: Sepak Bola Sarung (Koleksi Pribadi)

Seseorang yang membuat kesalahan-kesalahan melahirkan lebih banyak kepercayaan daripada mereka yang tidak pernah yakin akan dirinya.” Untaian kalimat hikmah berserakan di atas  tepat untuk mengawali penutup  serangkaian artikel yang ditulis dalam rangka Kontes Blog HUT ke-52 Pertamina, bertema Kerja Keras Adalah Energi Kita. Jika anda saat ini tengah mengikuti kompetisi apapun, hendaknya mencamkan mutiara hikmah di awal tulisan ini. Anda pasti akan mengalami kesalahan-kesalahan sekecil apapun dalam suatu kompetisi, namun yakinkan pada diri anda sendiri, bahwa kesalahan itu ibaratnya suatu langkah kecil di hari ini untuk lompatan besar di hari lain.

Sebagai suatu lompatan besar di kelak kemudian hari, sudah barang tentu mengikuti kontes berbau SEO sebagaimana Kontes Blog HUT ke-52 Pertamina itu sangat bermanfaat bagi para blogger Indonesia. Kita dipicu dan dipacu untuk mengoptimasi kata kunci (key word) Kerja Keras Adalah Energi Kita di raksasa mesin pencari Google Com. Bagi para blogger pemula (seperti saya ini), mengikuti ajang kontes berbau SEO tersebut banyak manfaatnya. Di samping lama kelamaan tahu tip dan trik mengoptimasi kata kunci, juga banyak ilmu-ilmu praktis yang diperoleh ketimbang tidak mengikuti kontes. Darinya pula banyak belajar kesalahan-kesalahan menerapkan tip dan trik optimasi kata kunci. Yang apabila dipetik pelajaran berharganya, niscaya akan bermanfaat di kelak kemudian hari.

Bila saya pelajari klausul penilaian panitia  Kontes Blog Pertamina dengan kata kunci Kerja Keras Adalah Energi Kita tersebut, penilaian akhir tidak semata-mata didasarkan atas rangking SEO Google Com di halaman pertama.

Kriteria utama hasil akhir nanti berpatokan pada kualitas artikel, di mana Pertamina mengharapkan masukan-masukan, harapan, saran, atau suatu rekomendasi brilyan kepada perusahaan migas nasional tersebut. Rekomendasi  itu sendiri diharapkan menjadi masukan berharga dalam rangka transformasi Pertamina mewujudkan visinya menjadi korporat kelas dunia pada 2023.  Hmmm… lama banget ya. Apa tidak bisa dipercepat?

Sedangkan soal SEO sendiri beserta perwajahan blog dan pernik-pernik lainnya, sekali lagi berdasarkan aturan main Panitia Kontes Blog Kerja Keras Adalah Energi Kita yang saya baca hanya dijadikan faktor penunjang.  Karenanya, saya berharap para peserta Kontes Blog Pertamina tersebut nantinya tidak kaget begitu diumumkan hasil akhir kontes. Sebab, bisa jadi para pemenang kontes bukan dipilih atas hasil optimasi kata kunci di halaman satu Google Com. Kecuali memang kualitas artikel yang masuk optimasi dimaksud betul-betul yahud.

oOo

Hingga tulisan ini saya publikasi, semenjak posting pertama kali pada 25 Desember 2009 lalu, sekurang-kurangnya sudah terpublikasi 8 (delapan) buah artikel yang berkaitan dengan optimasi kata kunci Kerja Keras Adalah Energi Kita.

Dari 8 (delapan) artikel di atas, hanya 5 (lima) buah artikel yang saya masukkan di Dugg (submit article) http://www.pertaminablogcontest.com. Lima buah artikel dimaksud masing-masing:

Kontes Blog Pertamina dimulai sejak 12 Oktober 2009 hingga 5 Januri 2010 silam. Hingga pukul 24.00 WIB tanggal 5 Januari itu, artikel utama  saya yang dirilisdengan tajuk  Kerja Keras Adalah Energi Kita nangkring di Halaman 3 (tiga) Google Com. Sekalipun hari ini mungkin posisinya sudah turun.

Bagi saya sendiri yang baru pertama kali mengikuti kontes blog berbau SEO ini, capaian di Halaman 3 pada akhir kontes (5/1) bukan lagi suatu langkah kecil. Namun lumayan besar. Karena semula saya hanya punya target berada di 50 besar atau nangkring di Halaman 5 (lima) mesin pencari Google Com. Kalau toh tidak masuk 50 besar juga tidak jadi masalah, karena sudah tereguk pengetahuan tentang seluk beluk Pertamina dan ilmu praktis blantika maya lainnya.

Mudah-mudahan langkah kecil ini ke depan akan menjadi suatu lompatan besar bagi saya untuk lebih meningkatkan aktivitas tulis menulis dan juga pengetahuan praktis perBlogan lainnya. Yang barangkali tidak semata-mata hanya untuk diri sendiri, namun juga orang lain. Untuk tetap berbagi (sharing) pada sesama dalam motto: saling asih, asah dan asuh. Semoga.

ooOOOoo


Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah dan tag , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Artikel Penutup Kerja Keras Adalah Energi Kita

  1. ika berkata:

    betul Pak….saya juga sebagai newbie dalam dunia blogging inih merasa mendapat manfaat dari PBC, jadi tau banyak tentang Pertamina dan produknya dan juga ornamen2 SEO….haha…..

    • Dwiki Setiyawan berkata:

      Soal menang atau kalah taruh saja di bagian belakang bagasi blog kita. Paling penting mengambil pelajaran berharga darinya. Terima kasih telah berkunjung ke lapak ini (mbak/bung?). Salam kenal dari kesayupan….

  2. Bloggerndeso berkata:

    Hebat bisa masuk halaman awal

  3. Jermaine Balensiefen berkata:

    Wow! This blog looks exactly like my old one! It’s on a totally different topic but it has pretty much the same layout and design. Wonderful choice of colors!

  4. Luba Hric berkata:

    I second the VGA adapter compatibility request. As an instructor, it would be very valuable to project images on the screen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s