Target Mengikuti Kontes Search Engine Optimization (SEO)


SEPANJANG Tahun 2009 ini, sudah tidak terbilang Kontes Search Engine Optimization (SEO) diselenggarakan. Dari yang berskala global, nasional hingga lokal. Lantaran saya tahu diri seorang pemula di blantika maya, (bikin blog pertama akhir Oktober 2008),  kontes SEO yang semakin marak itu hanya sebagai informasi saja. Mau mencoba? Rasanya ilmu berikut tip dan triknya, saya terus terang tidak menguasai.

Andai boleh memilih, saya sendiri lebih suka kontes penulisan blog ketimbang kontes SEO. Persoalan mendasar atas argumen tersebut, saya suka menulis dan merasa ada kemampuan untuk itu. Permasalahan SEO, sekali lagi, rasa-rasanya kosong sama sekali di langit pikiran saya.

Namun demikian, tak urung saya juga tertarik tatkala membaca adanya Kontes Blog berbau SEO yang diadakan Pertamina semenjak 12 Oktober 2009 lalu hingga ditutup pada 5 Januari 2010 mendatang. Kontes yang diselenggarakan dalam rangka HUT Pertamina ke-52 tersebut tidak semata-mata berdasarkan SEO murni. Aspek penilaian pertama berdasarkan mutu artikel. Selanjutnya Google SEO optimalisasi, dan terakhir lain-lain yang mencakup tampilan blog, aksesibiltas dan penggunaan tata bahasa. Berpatokan dari aspek penilaian tersebut, akhirnya dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim saya akan mencobanya.

Mengenai Google SEO, kata kunci yang dioptimalisasi dalam ajang Kontes Blog Pertamina ini yakni Kerja Keras Adalah Energi Kita.

Lantaran sesuatu dan lain hal, untuk ajang Kontes Blog Pertamina dimaksud, saya nampaknya terlambat membuat tulisan. Bayangkan ajang kontes dimulai sejak 12 Oktober lalu, namun saya  baru publikasi artikel pada Jum’at pagi 25 Desember 2009. Tajuk tulisan sama dengan kata kunci optimalisasi mesin pencari GoogleCom: Kerja Keras Adalah Energi Kita.

Hingga tulisan ini dibuat (29/12), perlahan namun pasti artikel yang saya lombakan beringsut dari urutan belakang hasil pencarian kata kunci menuju papan tengah. Untuk ukuran diri saya yang hanya memegang peta buta per-SEO-an, pencapaian selama 4 hari dari urutan belakang menuju papan tengah patutlah disyukuri.

Saya tidak mencari kemenangan dari ajang Kontes Blog Pertamina ini. Target yang telah saya patok sendiri, hanya ingin masuk ke dalan 50 besar hasil pencarian Google. Tak usah muluk-muluk bagi pemula seperti diri saya ini ingin masuk 10 besar. Dengan demikian, saya santai saja mengikuti kontes ini. Perkara tidak masuk pula 50 besar, apa boleh buat?

Selain target hanya ingin masuk 50 besar, sudah barang tentu dari ajang kontes ini saya ingin lebih mendalami tip dan trik melakukan optimalisasi kata kunci (key words). Dengan menguasai teknik-teknik tersebut, ke depannya saya bisa optimalisasi artikel-artikel yang dipublikasi di Blog Personal. Suatu ilmu praktis yang mungkin akan berguna tatkala saya mengelola situs lain yang lebih serius (orientasi bisnis). Yakin usaha sampai….

Hanya itu saja target yang akan saya raih. Tak lebih dan tak kurang

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Target Mengikuti Kontes Search Engine Optimization (SEO)

  1. alyudha berkata:

    ooh gitu…
    caranya ?

    • Dwiki Setiyawan berkata:

      Mas Yudha yang baik. Soal cara mengoptimasi kata kunci (key word), mungkin dengan berlatih terus menerus sembari belajar dari blog pemenang kontes berbau SEO, Insya Allah ilmu praktis itu dikuasai. Terima kasih atas kunjungannya mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s