Kejujuran dan Kepercayaan di Blantika Maya


KEJUJURAN membuat jalannya sendiri ketika pergi, sedangkan ketidakjujuran harus mencari-cari jalan kecil dan berliku-liku. [Lilmimber]

ooOOOoo

Be Honest Tell the Truth (http://www.freespirit.com)

Be Honest Tell the Truth (http://www.freespirit.com)

Blantika maya bukanlah sekedar wahana berbagi dan berinteraksi sesama penghuni didalamnya. Ia hakikatnya universitas kehidupan terbuka dimana kita bisa menuntut ilmu hingga level paling tinggi (bukan hanya master namun hingga doktor). Di universitas itu, kita bisa mengambil jurusan umum atau gado-gado (aneka ilmu). Pula bisa program spesialisasi (khusus bidang tertentu). Hanya saja, ketika telah mencapai level master atau doktor, tidak ada selembar ijazah pun yang kita dapatkan.

Di universitas kehidupan terbuka tersebut, hanya ada dua modal utama agar kita tidak tergelincir didalamnya. Yakni modal honest (jujur) dan trust (percaya). Kejujuran dan kepercayaan ibaratnya sebatang benih pohon buah  yang kita tanam. Di mana benih itu  mustilah dipupuk terus menerus dan kita sirami agar tumbuh subur. Kita siangi dari tanaman-tanaman pengganggu. Pula kita jaga agar tidak terkena hama penyakit dan hewan penggerek. Sehingga kelak akan dipetik buah ranum dari pohon  yang kita tanam bermodalkan kejujuran dan kepercayaan itu.

Dengan kejujuran dan kepercayaan itu pula, lambat laun kita akan mendapat gelar master atau doktor. Pun akan terhindar mendapatkan  finalti dan drop out (DO) dari sesama civitas akademika universitas kehidupan itu. Saya berani mengatakan ini lantaran sudah ada bukti para mahasiswa (baca: netter) terkena blacklist (daftar hitam) dan hilang reputasinya dikarenakan ulah ketidakjujuran dan ketidakpercayaan yang menyertainya.

Berbeda dengan blantika nyata, universitas kehidupan terbuka blantika maya tersebut, para pengampu mata kuliahnya sesama mahasiswa. Hakikatnya tidak ada dosen. Semua kedudukannya sederajat. Berdiri sama tinggi, dan duduk sama rendah.

Yang membedakan mereka hanyalah sebagian yang lain telah menyandang gelar master atau doktor, sementara yang lainnya tengah menuju ke arah level itu. Sebutan master atau doktor pun letaknya hanya di masing-masing hati individu bersangkutan. Tidak ada pula sebutan yang satu masih yunior, sedang lainnya menyandang sebutan senior. Pengkotakan semacam itu menyesatkan, seolah-olah di universitas kehidupan terbuka blantika maya terdapat pengkategorian berdasarkan “kelas”. Namun satu hal sudah pasti, dalam interaksi setara semacam itu, kejujuran dan kepercayaan merupakan mata uang yang diberlakukan. Tidak peduli siapa diri anda.

Dengan demikian, semua penghuni blantika maya hakikatnya manusia pembelajar. Sekaligus pula manusia pencari. Ia senantiasa belajar terus menerus menempa ilmu dan mencari akan arti kehidupan menuju proses “menjadi”. Metamorfosis untuk “menjadi” ini melalui fase-fase tertentu.  Dari mulai tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti dan tidak memahami menjadi mengerti dan memahami, dari tidak peduli menjadi peduli dan sebagainya.

Sekarang tinggal anda pilih sendiri sendiri? Boleh saja anda melakukan apapun di blantika maya. Namun satu hal, jika mata uang kejujuran dan kepercayaan itu diciderai sendiri, anda tidak akan laku di blantika maya. Percayalah…

Ilustrasi Gambar: http://www.freespirit.com

ooOOOoo

Memberikan kepercayaan kepada orang lain lebih membuatmu percaya diri ketimbang meraih kepercayaan dari mereka. [Lilminber]

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Petak Ide dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kejujuran dan Kepercayaan di Blantika Maya

  1. imron46 berkata:

    intinya bahwa hiduplah seperti apa adanya anda, didunia nyata maupun didunia maya, jaga etika, jaga kosakata, jaga pemberitaan dari fitnah dan opini yang tidak mendasar, motivasi orang lain untuk berkembang, bagikan ilmu dan anggap sesama blogger sebagai SAUDARA.

  2. sex shop berkata:

    Marvelous. What to add? Nothing because there is no such a word which can describe this piece of work.

  3. IRS Attorney berkata:

    Renouncing / relinquishing solves the problem of citizenship-based taxation for individual ex-pats and puts the issue front and center in the media.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s