Hapal Semua Teman Sekolahnya Sejak SD Hingga Perguruan Tinggi


Foto Profil Tri Djoko Wahjono di Multiply (http://triwahjono.multiply.com)

Foto Profil Tri Djoko Wahjono di Multiply (http://triwahjono.multiply.com)

JARANG lho ada orang yang hapal semua nama-nama teman sekolahnya semenjak Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi. Malah bisa dikatakan langka. Blogger yang satu ini,  Tri Djoko Wahjono, layak diusulkan masuk Museum Rekor MURI lantaran termasuk orang yang jarang dan makhluk langka perihal ingatannya akan semua nama teman sekolahnya sejak SD hingga Perguruan Tinggi itu.

Di halaman “Friends” Blog Personalnya (Klik Sini),  Tri Djoko Wahjono memposting Daftar Teman-teman Sekolahnya itu. Lengkap. Mulai dari Nomor, Nama, Alamat, dan Sekolah Lanjutan.

Mas Purwoko menjadi komentator pertama di halaman berisi Daftar Teman Sekolah tersebut. Ia merasa surprise dan kagum dengan postingan itu, “Sampeyan tuh memang bener-bener punya darah ilmuwan, anak-anak lain masih asyik bermain gobak- sodor, tapi Dik Yon sudah hidup melampaui zamannya, dengan kata lain seribu langkah ada di depan. Coba, teman SD saja sudah terekam dengan baik. Aku baru bisa “sisi” (membuang ingus) diusia segitu he . .he. . he.”

Dengan terkaget-kaget, komentator lain yang kebetulan namanya tercantum, Prihatin Rahayu Santoso namanya, memberi kesaksian, “Aku kaget lho, namaku kok ya masih kau inget dan tercantum di blog-mu. Padahal, nama itu sendiri hampir tak lupain, karena kata mbah dukun, namaku yang bagus cuma yang terakhir aja, biar gak prihatin terus.”

***

Mas Yon atau Om Yon, panggilan akrab Tri Djoko Wahjono ini,  bekerja sebagai Peneliti Senior di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta sejak tanggal 1 Agustus 1980 dan juga bekerja sebagai Lektor Kepala (Associate Professor) di Binus University, Jakarta sejak 1 September 1982.

Tentang latar pendidikan Tri Djoko Wahjono, ia menyelesaikan studi TK, SD, SMP dan SMA di kota kelahirannya Madiun Jawa Timur. Kemudian melanjutkan studi ke Departemen Statistika dan Komputasi IPB Angkatan 1976 dan lulus Maret 1980. Selanjutnya melanjutkan pascasarjana di Indiana University at Bloomington, Indiana, USA dan lulus pada Desember 1989 dengan gelar Master of Science in Computer Science dengan bidang spesialisasi Information Systems dan Artificial Intelligence.

Mengenai masa-masa sekolahnya, Mas Yon dengan gaya kocaknya menulis, “Taman Kanak-Kanak aku jalani di TK Pertiwi Ngrowo, lulus 1962 waktu Titiek Puspa menyanyi “Minah Gadis Dusun”. Sekolah dasar aku habiskan di SD Mojorejo I, lulus 1969 waktu the Beatles nyanyi “Let Me Do” dan “Hey Jude”. SMPku adalah di SMP 2 Madiun dekat Pasar Kawak, lulus tahun 1972 dimana aku mendapatkan memori yang sangat membahagiakan di sini (guru2 dan murid2nya serba luar biasa – terutama Budi Mulyanto, Harry “Gembes” Bagyo Hananto, Purwoko dan teman Pramuka semuanya), oh ya waktu lulus SMP aku undang John Lennon menyanyikan “Oh My Love” dan “Oh Yoko” dan aku menirukan dengan membaca liriknya di Majalah Aktuil. Setelah itu aku mendaftar di SMA “the haves” yaitu SMA 1 Madiun – walau aku dari keluarga “dirt poor”, yang testnya disuruh menuliskan bahasa Inggris dari “2+3=5″, “5-3=2″, “5*13=65″, “60/5=12″, “2^4 = 16″, “log basis 2 dari 243″ dan seterusnya. Aku lulus SMA 1 Madiun tahun 1975 – sangat mengherankan mengingat aku tidak pernah belajar selama 3 tahun – waktu aku lulus SMA Susy Quattro menyanyikan lagu manis “Cat Size” pada saya (thanks Susy !) dan Nazareth menyanyikan lagu serak slow rock “Love Hurt” (thanks Naz !!).”

Selanjutnya ia menceritakan jatuh bangun ikut tes masuk perguruan tinggi. Gagal tes di jurusan Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur ITB Bandung yang dikatakannya sebagai “Institut Tekanan Batin”. Pun gagal pada jurusan sama di UGM Yogyakarta yang dengan kocaknya disebut sebagai “Universitas Gak Masuk-akal”. Akhirnya keberuntungan menghampirinya. Ia diterima sebagai mahasiswa di Departemen Statistika Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Januari 1976.

***

Diantara postingan-postingan Mas Yon di Blog WordPres, semuanya dibahasakan dengan gaya anak muda. Itu tidak berlebihan, lantaran “pembaca tradisionalnya” adalah anak-anak muda yang suka dengan gaya kocaknya.

Salah satu postingan yang cukup menggelitik, tatkala ia memposting mengenai “Kesamaan 3 M: Mozart, Michael Jackson dan Mbah Surip” (Klik Sini). Diurainya dengan bahasa lugas soal pilihan mana yang benar, antara “seni untuk seni” (art for art) atau “seni untuk bisnis” (art for business). Dalam soal pilihan berkaitan dengan 3 M itu, Mas Yon memilih “seni untuk seni” dengan segala argumentasinya. Menurut dia, “Ternyata ketiga pemusik yang kebetulan namanya diawali dengan huruf M yaitu : Mozart. Michael Jackson, dan Mbah Surip, meninggal dunia karena sebab yang sama yaitu : menerima order besar untuk membuat karya besar dan massif, namun pada akhirnya proses kreatif dalam diri mereka tidak bisa dipaksakan kecepatannya dan jumlahnya, yang pada akhirnya membuat si pemusik menjadi frustasi, sakit, dan akhirnya meninggal dunia.”

Selain itu, postingan-postingan Mas Yon, antara lain: “Beda Nasib Prita dan Nasib Saya“, “Cara BerLogika Mario Teguh“, “Test CPNS BPPT Semeriah Pesta Blogger 2008”  dan sebagainya memiliki perspektif lain ketimbang yang lain. Ia mampu mengurai suatu masalah dengan pendekatan sederhana. Pendek kata seperti motto Perum Pegadaian, “Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah….”

***

Tentang awal mula Mas Yon ngeblog, mari kita ikuti penuturannya pada posting tertanggal 7 Januari 2007 di blog personal pertamanya Blogspot (Klik Sini) bertitel “Who Am I“:

“Ini Blog pertama yang aku tulis. Mestinya aku sudah mulai menulis blog sejak beberapa bulan, atau bahkan beberapa tahun yang lalu. Namun tak sempat. Dan sudah didahului oleh teman-teman dan oleh anak saya, yang sudah membuat blog sejak dua tahun lalu.

Mestinya menulis blog itu asyik. Karena rasa bisa tercurahkan di blog lewat ketak-ketik tuts kibor komputer. Namun juga bisa membosankan. Lah…masak pikiran kita bisa terbaca oleh orang ? Bagaimana kalau seseorang mencuri pikiran kita dan tiba-tiba pikiran kita jadi kosong melompong bagaikan terkena jurus Ctrl-Alt-Del ? Wah, perlu di-reformat dong otak kita ? Kalau me-reformat hardis sih agak mudah, tapi me-reformat otak ? Mestinya yang melakukan kudu sudah sekolah bertahun-tahun dan sudah berpengalaman luas me-reformat otak banyak orang dunk !

Wait a minute ! Are you serious ? Apakah emang otak orang Indonesia perlu sering di-reformat ? Bukankah secara intrinsik otak orang Indonesia sudah sering ter-reformat sendiri tanpa disadari. Sehingga banyak orang Indonesia yang otaknya kosong, dan menurut cerita harga otak orang Indonesia paling murah dibanding otak orang Inggris (yang inventor ulung), otak orang Amerika (yang developer ulung), dan otak orang Jepang (yang producer ulung) ?

Kembali ke menulis Blog. Awal mulanya aku agak males nulis Blog. Banyak blog milik orang Indonesia yang bagus-bagus. Yang membahas politik sampai petualangan. Celakanya, aku termasuk jenis orang yang “termasuk ke segala jenis orang”. Mau masukkan aku sebagai pemikir, akulah orangnya. Mau disebut aku penari, aku suka nari pula. Mau disebut aku penyanyi, aku suka pula – minimal di kamar mandi dengan suara yang pitch-nya tidak sebagus anak-anak Indonesian Idol sih. Pokoknya aku masuk semua. Aku adalah penjahat, aku adalah pewelas asih.

Namun pengembaraan ini semakin lama semakin mendekati senja. Satu atau dua kata, satu atau dua paragraf, ataupun satu atau dua lembar, tentu akan ada gunanya kelak, bagi pembaca blog ini.

Oleh karena itu, sodara-sodara, the blooooogggggg tiimmmmmeeeeeee begins !!”

Selain di Blogspot, pembaca juga bisa melihat foto-foto Mas Tri Djoko Wahjono ini di Multiply (Klik Sini).

Sekali lagi, salut dengan Pakde Tri Djoko Wahjono. Terutama ingatannya yang hebat Hafal Semua Teman Sekolahnya sejak SD hingga Perguruan Tinggi.

*****


Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Resensi Blog dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

