Salah Mentag Nova Riyanti Yusuf dengan Maylaffayza


Pesta Blogger 2009 dari kiri Nova Riyanti Yusuf, Raditya Dika dan Enda Nasution (dwiki file)

Pesta Blogger 2009 dari kiri Nova Riyanti Yusuf, Raditya Dika dan Enda Nasution (dwiki file)

ALUNAN sayup-sayup nada Pesta Blogger 2009 pada Sabtu 24 Oktober 2009  berlalu seiring perjalanan sang waktu. Berlalu bagaikan semilir sendu sang bayu dari ngarai penantian tersayat sembilu. Namun  demikian, kumandang perhelatan acara itu masih bergaung di kalbu. Berdetak di dada. Setidaknya buat saya.

Tulisan ringan ini masih berkaitan dengan pergelaran Pesta Blogger 2009. di Gedung SMESCO Jakarta.  Mula kisahnya, tatkala berlangsung sesi break out, saya keliling dari ruangan satu ke ruangan lain untuk mengambil gambar.  Kemudian, di akun Facebook, saya mengunggah beberapa hasil jepretan tersebut. Salah satunya gambar yang terpampang di awal tulisan ini. Dengan “sembrono”, saya mentag (menandai) salah satu nara sumber di Room B Pesta Blogger yang kala itu tengah membincangkan soal “Online Activism” yang disponsori oleh Nokia. Seorang perempuan cantik disisi kanan Raditya Dika, saya tandai namanya: Maylaffayza! Itu lho, seorang pemain biola kenamaan Indonesia.

Ternyata, saya salah mentag. Berdasarkan tag ulang yang disematkan Enda Nasution beberapa saat berselang, si pemilik gambar itu dengan santai dan bersahabat mengomentari fotonya di akun FB saya itu, “Yaaaahahahah.. Kok Maylaffayza… Namaku: Nova Riyanti Yusuf… Ahli jiwa, bukan ahli biola. Untung salah ke cewek cantik, jadi gak papa.”

Agak kaget juga membaca “kelancangan” tidak sengaja itu, spontan saya komen balik, juga dengan ungkapan santai, “Sorry Mbak. Mataku kan sipit. Jadi gak bisa membedakan antara Maylaffayza dengan Nova Riyanti Yusuf.” 🙂

Gara-gara salah mentag itu, ada “blessing in disguise“-nya. Saya jadi berteman di Facebook dengan salah seorang blogger terkemuka Indonesia. Seorang novelis kondang yang juga Anggota DPR-RI Periode 2009-2014 dari Dapil II DKI Jakarta Partai Demokrat.

Sekedar sekelumit dirinya: Nova lahir di Palu Sulawesi Tengah pada 27 November 1977. Nama samaran di blog personalnya NoRiYu (singkatan dari nama aslinya). Ia seorang dokter lulusan Universitas Trisakti Jakarta Tahun 2002. Ia juga memperdalam ilmu yang diperolehnya dengan menempuh pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Jiwa (Psikiatri) di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dan lulus 2009.

Di situs Wikipedia Bahasa Indonesia (Klik Sini), dikemukakan bahwa sebagai seorang novelis, Nova telah menghasilkan 3 novel: Mahadewa Mahadewi (Gramedia Pustaka Utama, 2003), Imipramine (Gramedia Pustaka Utama, 2004), dan 3some (Gagas Media, 2005). Nova juga menulis novel adaptasi dari 3 skenario film: “30 Hari Mencari Cinta” (adaptasi skenario karya Upi Avianto), “Betina” (adaptasi skenario karya BE Raisuli), dan “Garasi” (adaptasi skenario karya Prima Rusdi). Dalam novel “Garasi” ini Nova menggunakan nama aliasnya.

Sosok perempuan cantik dan cerdas ini namanya masuk dalam daftar Top 10 Legislator versi  Majalah Globe Asia Edisi November 2009. Nova yang berasal dari Partai Demokrat, namanya nangkring di posisi ketiga majalah tersebut setelah Puan Maharani dan Puti Guntur Sukarno (keduanya legislator dari PDI Perjuangan). Untuk mengenal lebih jauh sosok dan kiprahnya, siilakan anda kunjungi sendiri blog personalnya (Klik Sini).

***

Sedangkan Maylaffayza, kita kenal sebagai segelintir perempuan pemain biola Indonesia terkemuka. Namanya telah menjulang tinggi di kancah musik kontemporer Indonesia. Namun demikian, mungkin hanya sedikit saja dari kita yang tahu, bahwa disamping terkenal sebagai pemain biola, ia sesungguhnya seorang blogger kawakan yang telah berkarat. Sudah malang melintang di blantika maya.

Nama lengkapnya Maylaffayza Permata Fitri Wiguna. Biasa dipanggil Maylaf atau Fayza atau cukup Fay saja. Ia lahir di Jakarta pada 10 Juli 1976. Ia adalah anak pasangan Taufik Wiguna dan Tuti Rochyati. Di Blog Personalnya, dijelaskan bahwa nama Maylaffayza merupakan nama aslinya  orangtuanya dari bahasa Inggris, yaitu My Love untuk menyebut Maylaf dan disambung dengan nama Fayza.

Ia memulai karir musiknya ketika mulai belajar alat musik sejak umur 9 tahun dan mengenyam pendidikan olah-vokal sejak tahun 90-an, dengan beberapa guru seperti Elfa Secioria, Bertha, Catharina Leimena, hingga Ivonne Atmojo. Ia kemudian diajari langsung oleh Idris Sardi, musikus terkenal Indonesia. Gaya permainan dan jenis musik yang Maylaffayza mainkan pun bernuansa modern dan dinamis.

Anda bisa berkunjung ke blog personalnya (Klik Sini), dan silakan jelajahi tulisan-tulisan dia yang memikat. Pun silakan pula memandangi foto-foto Maylaffayza yang artistik dan fantastik di blog tersebut. Apabila akan mendownloadnya jangan lupa berbasa-basi izin terlebih dahulu! 🙂

***

Untuk menyegarkan ingatan saya yang sudah menurun ini, dan agar saya tidak salah lagi membedakan antara Nova  Riyanti Yusuf dan Maylaffayza, diakhir tulisan ini akan saya tampilkan masing-masing lima buah foto keduanya. Bukan disajikan buat anda… wahai pembaca budiman. Ini rangkaian foto buat diri saya sendiri….

Nova Riyanti Yusuf:

Nova Riyanti Yusuf (http://id.wikipedia.org)

Nova Riyanti Yusuf (http://id.wikipedia.org)

paling kiri Nova Riyanti Yusuf dengan Nia Dinata (http://noriyu.wordpress.com)

paling kiri Nova Riyanti Yusuf dengan Nia Dinata (http://noriyu.wordpress.com)

kiri Nova Riyanti Yusuf Bersama Boediono (http://noriyu.wordpress.com)

kiri Nova Riyanti Yusuf Bersama Boediono (http://noriyu.wordpress.com)

tengah Nova Riyanti Yusuf Diskusi Buruh bersama Wahyu Susilo (http://noriyu.wordpress.com)

tengah Nova Riyanti Yusuf Diskusi Buruh bersama Wahyu Susilo (http://noriyu.wordpress.com

Nova Riyanti Yusuf Perjalanan ke Hongkong (http://noriyu.wordpress.com)

Nova Riyanti Yusuf Perjalanan ke Hongkong (http://noriyu.wordpress.com

Maylaffayza:

Maylaffayza Mysterious Desert Violinist (http://maylaffayza.multiply.com)

Maylaffayza Mysterious Desert Violinist (http://maylaffayza.multiply.com)

Maylaffayza Playing Mantra (http://maylaffayza.multiply.com)

Maylaffayza Playing Mantra (http://maylaffayza.multiply.com)

Maylaffayza Her Strength Makes Her Sexi (http://maylaffayza.multiply.com)

Maylaffayza Her Strength Makes Her Sexi (http://maylaffayza.multiply.com)

Maylaffayza The Violin is My Weapon (http://maylaffayza.multiply.com)

Maylaffayza The Violin is My Weapon (http://maylaffayza.multiply.com)

Maylaffayza Good at This (http://maylaffayza.multiply.com)

Maylaffayza Good at This (http://maylaffayza.multiply.com)

*****

Iklan

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Salah Mentag Nova Riyanti Yusuf dengan Maylaffayza

  1. Yono Rianto berkata:

    Maylaffayza seorang pemain biola… tapi untuk dibilang ahli … hmm saya no comment..,, silahkan cek ke komunitas yang memang benar benar mengerti biola

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s