Karunia dan Syukur di Ulang Tahun Pertama Blog


Blog Catalog Twitter (http://blog.blogcatalog.com)

Blog Catalog Twitter (http://blog.blogcatalog.com)

TANPA terasa, tepat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-81, Rabu 28 Oktober 2009, Blog “gado-gado” bermotto “Pencerah Langit Pikiran”  ini genap berusia satu tahun. Tiada untaian kata terindah yang terucap selain puja dan puji syukur ke hadirat Illahi Rabbi, Engkau telah memberi karunia tiada bertepi kepada hamba-Mu ini.

Dalam perjalanan yang ditempuhnya selama kurun waktu satu tahun terakhir ini, blog ini telah mengalami pasang surut. Baik dari soal kuantitas dan mutu postingan, statistik kunjungan, tampilan perwajahan, komentar-komentar yang bermunculan dan lain sebagainya.

Selama kurun satu tahun, telah terpublikasi tulisan sebanyak 252 buah, dan menuai komentar sebanyak 904 buah. Jumlah Kategori Blog ini sebanyak 16 buah dengan jumlah Tags sebanyak 1270 buah.

Namun demikian, dibanding jumlah posting yang hanya 252 buah, gambar-gambar berupa foto dokumentasi justru mendominasi Blog ini. Jumlah gambar yang terpampang sebanyak 696 buah.

Justru pada postingan dokumentasi foto inilah terletak kelebihan atau nilai plus Blog ini. Lantaran saya memiliki dokumentasi baik berupa dokumen tertulis maupun foto, maka banyak rekan-rekan yang ingin agar dokumentasi itu dipublikasikan. Di satu sisi agar dokumentasi itu dapat diketahui publik, sementara di sisi lain agar mereka juga dapat mendownloadnya. Perlu saya kemukakan di sini, dokumentasi yang tersaji itu baru sebagian saja dan masih banyak yang belum sempat diposting.

Tatkala menggoreskan postingan ini, tergambar di Diagram Statistik Dasbor jumlah kunjungan hari ini mencapai 660 views. Keseluruhan jumlah views selama tiga ratus enam pulu lima hari atau dua belas bulan ini mencapai 171.000 atau rata-rata per hari diakses sebannyak 468 views.

Sementara itu, hari tersibuk dalam jumlah kunjungan terjadi pada Rabu 8 April 2009. Pada hari itu tercatat jumlah views sebanyak 2.353 buah. Anda tentunya ingat, tanggal 8 April 2009 berarti H-1 jelang Pemilu Legislatif 2009. Kebetulan sekali, blog ini sebelum Hari-H Pemilu Legislatif acapkali menposting hal-hal yang berhubungan dengan pemilu dimaksud. Mulai dari UU, Peraturan KPU, dan hal teknis lainnya menyangkut kepemiluan. Lantaran postingan-postingan tersebut senantiasa bertengger di Top 10  Google, karenanya menjadi rujukan para netter.

Alhamdulillah, Blog “ecek-ecek” ini mempunyai manfaat bagi banyak orang. Dan itu memang salah satu misi yang mencuat tatkala memulai nge-blog. Berbagi (sharing) pada sesama. Termasuk saya juga banyak mendapatkan manfaat hal berguna dari aktivitas di blantika maya.

***

Sebagai penutup, akan saya kutip lengkap postingan pertama setahun silam pada 28 Oktober 2008:

Blog ini hanyalah percikan di langit pikiran. Mottonya, “Pencerah Langit Pikiran”. Karena sifatnya yang hanya percikan permenungan, blog ini jauh dari idealitas pengelolanya. Dimaksudkan sebagai ajang tukar gagasan, informasi, dan kerja-kerja kreatif pikiran lainnya.

Walau demikian, ke depan kami juga akan menyajikan data, dokumentasi atau apapun yang diharapkan bermanfaat bagi pembaca budiman. Sembari perlahan mempersiapkan ke arah blog yang bermanfaat bagi banyak orang itu, kami mengharap kritik dan saran yang bermanfaat pula.  Salam dari kesayupan… & yakin usaha sampai.”

***

Bercermin dari posting pendek di awal saya ng-Blog tersebut, ada kebanggan tersembunyi yang membuncah di dada bahwa beberapa hal yang diangan-angankan itu sebagian telah terlaksana. Dan sebagian lagi masih belum terwujud.

Hanya waktu jualah yang akan membuktikan, Blog ini mempunyai nilai tambah buat para pembaca budiman –termasuk diri saya sendiri tentunya. Semoga saja dan mohon doa restunya….

*****

Iklan

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s