Sekedar Ucapan Terima Kasih


Terima Kasih Berbagai Bahasa (http://i.ehow.com)

Terima Kasih Berbagai Bahasa (http://i.ehow.com)

Memberikan sekedar ucapan terima kasih (apalagi secara tertulis) kepada pihak-pihak yang langsung maupun tidak langsung membantu tugas-tugas suatu kegiatan tertentu hemat saya hukumnya wajib. Kebiasaan orang-orang kita di tengah kehidupan masyarakat, setelah menggelar suatu acara atau setelah pembubaran kepanitiaan merasa semuanya sudah berakhir.

Padahal tidak. Hal ini berbeda dengan di organisasi, lembaga atau perusahaan bonafide di tanah air dimana hal-hal kecil seperti ucapan terima kasih itu telah menjadi suatu budaya perusahaan. Walau suatu kegiatan telah berakhir, tim public relation masih menuntaskan soal-soal remeh semacam ucapan terima kasih itu.

Tulisan ini dimaksudkan untuk mengingatkan kita semua, betapa hal-hal kecil semacam ucapan terima kasih dimaksud memiliki efek sangat besar guna mencitrakan tentang diri kita. Kesungguhan hati dan kinerja kita dan sebagainya. Yang pada gilirannya kelak di kemudian hari, kembali akan terjalin erat suatu kerjasama dan ada nuansa personalnya.

Sebagaimana saya kemukakan di awal tulisan, ada banyak pihak yang langsung maupun tidak langsung berperan mensukseskan sebuah kegiatan. Jika pembaca, misalnya, mempunyai hajat perkawinan anak, maka mulai dari pemilik gedung, catering, persewaaan alat pesta, penata rias, disainer baju pengantin, driver atau mungkin satpam suatu gedung dan sebagainya adalah pihak-pihak yang kecil atau besar berperan mensukseskan suatu acara.

Mungkin hanya segelintir orang saja yang memiliki “sense of social” dengan mengucapkan secara lisan ucapan terima kasih kepada mereka-mereka itu. Mungkin juga pembaca berpikiran, seolah-olah dengan telah membayar biaya atau sejumlah uang kepada mereka urusannya telah selesai.

Saya ingin ungkapkan kepada pembaca bahwa  yang kita hadapi dalam kehidupan sosial ini adalah manusia. Dengan segenap jiwa dan perasaan yang dikandungnya. Uang memang penting, namun bukan segalanya. Kadang suatu penghargaan dari kita hanya dengan sekedar mengucapkan secara tulus terima kasih, nilainya jauh lebih penting ketimbang materi yang telah mereka terima.

Kelihatannya sepele, namun efek jangka menengah dan panjangnya akan mempermudah tatkala kita melakukan suatu kegiatan lagi.

Barangkali pembaca saat ini menjadi panitia suatu even tertentu di lingkungan tempat tinggal. Mendapat dana dari warga atau sponsor dari suatu perusahaan tertentu. Masukan saya hendaknya pembaca juga memberi laporan keuangan berapa dana yang didapat dari warga dan penggunaannya disertai ucapan terima kasih secara tertulis. Kepada sponsor juga dilakukan hal sama dengan tambahan foto-foto dokumentasi kegiatan yang telah diselenggarakan.

Di samping kredibilitas dan intergritas diri sebagai panitia semakin dipercaya, hal-hal sepele semacam itu akan mempermudah akses kepanitiaan berikutnya. Sekalipun pembaca sudah tidak terlibat kembali didalamnya. Sekali lagi, layangkan melalui surat resmi sekedar ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memdukung dan memperlancar kegiatan yang kita selenggarakan.

*****

Iklan

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Petak Ide dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Sekedar Ucapan Terima Kasih

  1. hurek berkata:

    Bagus banget artikel ini. Saya pun merasakan betapa kata terima kasih yang sederhana, gampang, itu sekarang tidak lagi mudah diucapkan. Saya punya banyak pengalaman. Saya merasa sudah berbuat baik, tapi tidak dapat ucapan terima kasih.

    Saya menulis di alamat ini

    http://hurek.blogspot.com/2009/10/pamrih-terima-kasih.html

  2. rifansofar berkata:

    numpang promosi yahh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s