Surat Edaran KPU Petunjuk Teknis Perihal Penggunaan KTP dalam Pilpres 2009


Mr Contreng (www.kpu.go.id)

Mr Contreng (www.kpu.go.id)

Bersama ini saya posting Surat Edaran  Komisi Pemilihan Umum  Nomor 1232 tertanggal 6 Juli 2009 perihal Petunjuk Teknis pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 102/PUU-VII/2009 tanggal 6 Juli 2009. Saya kutip dari Situs Resmi KPU.


Menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi Nomor  tanggal 6 Juli 2009 bersama ini disampaikan petunjuk teknis (penggunaan KTP) sbb :

1. Warga Negara Republik Indonesia yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.

2. Bagi Warga Negara Republik Indonesia yang menggunakan KTP harus dilengkapi dengan Kartu Keluarga (KK).

3. Penggunaan hak pilih bagi Warga Negara Republik Indonesia yang menggunakan KTP yang masih berlaku hanya dapat digunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di RT/RW atau nama sejenisnya sesuai dengan alamat yang tertera di dalam KTP tersebut.

4. Bagi Warga Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud pada angka 3, sebelum menggunakan hak pilihnya, terlebih dahulu mendaftarkan diri pada KPPS setempat. Pendaftaran dapat dilakukan paling lambat pada tanggal 8 Juli 2009 dimulai 1 (satu) jam sebelum berakhirnya pemungutan suara.

5. Ketua KPPS yang menerima pemilih sebagaimana dimaksud pada angka 1, melaksanakan kegiatan :

  • meneliti apakah KTP masih berlaku;
  • mencocokan pemilih dengan foto yang tercantum dalam KTP;
  • mencatat nama, tempat dan tanggal lahir, serta nomor KTP pemilih secara terpisah (contoh formulir terlampir);
  • memastikan bahwa nama pemilih tersebut tidak tercantum dalam salinan DPT untuk TPS yang bersangkutan;
  • meneliti dan mencocokan data KTP dengan Kartu Keluarga.

6. Dalam memberikan suaranya, pemilih    sebagaimana  dimaksud pada angka 1, ditentukan :

  • KPPS memberikan kesempatan kepada pemilih tersebut setelah pemilih yang namanya tercantum dalam DPT untuk TPS yang bersangkutan memberikan suaranya;
  • Apabila ternyata pada pukul 12.00 waktu setempat sampai dengan pukul 13.00 waktu setempat ternyata tidak tersedia jumlah surat suara yang memadai, yaitu jumlah surat suara pemilih yang tercantum dalam DPT untuk TPS termasuk surat suara cadangan telah digunakan semua, KPPS dapat mengarahkan pemilih tersebut ke TPS terdekat yang masih tersedia surat suara dalam lingkungan RT/RW sesuai alamat yang tertera pada KTP yang bersangkutan;
  • Apabila TPS terdekat yang masih tersedia surat suara dalam lingkungan RT/RW sesuai alamat yang tertera pada KTP yang bersangkutan sebagaimana dimaksud pada huruf b sudah tidak tersedia lagi surat suara, maka KPPS yang bersangkutan dapat meminta bantuan kepada KPPS di wilayah RT/RW lainnya tetapi masih dalam wilayah satu PPS/ desa/kelurahan untuk memberikan surat suara, dengan ketentuan pemberian surat suara tersebut di buat dalam berita acara yang ditandatangani oleh KPPS yang menyerahkan surat suara dan KPPS yang menerima surat suara dengan diketahui oleh PPS yang bersangkutan.

7. Untuk pelaksanaan hal tersebut angka 1, angka 2, angka 3, dan angka 4, selain melaksanakan kegiatan tersebut pada angka 6, KPPS melakukan kegiatan mencatat jumlah pemilih yang menggunakan kartu tanda penduduk dalam Model C PPWP pada huruf A angka 6 dan huruf B angka 1 huruf b serta pada Model C1 PPWP mencatat pada huruf A angka 2 dan huruf B angka 2 huruf b, yaitu ditulis terlebih dahulu jumlah pemilih dari TPS lain kemudian ditulis jurrlah pemilih yang menggunakan kartu tanda penduduk. Contoh jumlah dari TPS lain (10) dan jumlah pemilih dengan KTP (20).

8. PPS diminta untuk melakukan koordinasi distribusi surat suara di wilayah kerjanya.

****

Format File PDF Surat Edaran KPU dimaksud silakan klik disini…

Surat Edaran KPU Nomor 1232 Tahun 2009 Juknis KTP dan Paspor

Sedangkan Format File PDF Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 102/PUU-VII/2009 tanggal 6 Juli 2009, silakan pula klik disini…

Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 102-PUU-VII-2009

*****

Iklan

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Pemilu 2009 dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s