Contoh Surat Suara Pilpres 2009, CV Singkat dan Visi Misi Program Capres Cawapres


Sosialisasi Pilpres 2009 dari kiri Sekretaris PPS Syafriyanto, Ketua PPS Sri Wahyuni dan Gunadi Lurah Kalisari Pasar Rebo Jaktim (dwiki dok files)

Sosialisasi Pilpres 2009 dari kiri Sekretaris PPS Syafriyanto, Ketua PPS Sri Wahyuni dan Gunadi Lurah Kalisari Pasar Rebo Jaktim (dwiki dok files)

Postingan saya kali ini sebagian bahannya saya peroleh dari Sosialisasi Pilpres 2009 Tingkat Kelurahan Kalisari Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur, yang diselenggarakan oleh PPS Kelurahan Kalisari. Berlangsung pada  Jum’at malam lalu (19/6), bertempat di halaman Kantor Kelurahan Kalisari.  Saya hadir dalam kapasitas sebagai Ketua KPPS di lingkungan kelurahan setempat. Sekaligus  pada forum tersebut, sebelum acara sosialisasi dilaksanakan Pengucapan Sumpah Ketua-ketua KPPS se-Kelurahan Kalisari oleh PPS.

Ini kali kedua saya dipilih oleh tiga pengurus rukun tetangga (RT) yang tergabung dalam TPS 035 di RW 010, masing-masing dari RT 007, 008 dan 013. Sebelumnya pada Pemilu Legislatif April lalu juga menyandang jabatan serupa.

Perihal jumlah pemilih dalam setiap TPS, ada perbedaan antara Pemilu Legislatif 9 April 2009 dengan Pemilu Presiden-Wakil Presiden (putaran pertama) 8 Juli 2009 mendatang. Pada Pemilu Legislatif 2009, jumlah quota Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau jumlah pemilih setiap TPS maksimal 400 orang, kini di Pilpres quota DPT atau jumlah pemilih paling banyak 800 orang.

Hal ini dapat dipahami, karena pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Legislatif lalu jauh lebih rumit dan kompleks ketimbang Pilpres yang akan berlangsung beberapa hari mendatang.

Oleh karenanya, jumlah TPS di kelurahan dimaksud pun berkurang. Dari sebelumnya pada Pemilu Legislatif berjumlah 64, berkurang menjadi hanya 43 TPS.

Hal lain yang berubah, adalah waktu pelaksanaan pencontrengan di TPS. Dari sebelumnya pada Pemilu Legislatif dimulai tepat pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB, menjadi pada Pilpres dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. Sedangkan proses penghitungan suara dimulai setelah alokasi waktu pencontrengan di TPS selesai.

Soal saksi di TPS pun berbeda. Bila pada Pemilu Legislatif seseorang saksi harus membawa dan menyerahkan surat mandat pada Ketua KPPS yang ditandatangani oleh pengurus partai politik (parpol) serendah-rendahnya tingkat kecamatan, maka pada Pilpres 2009 saksi harus membawa dan menyerahkan surat mandat yang ditandatangani dan distempel Tim Sukses Capres-Cawapres. Bukan oleh pengurus parpol.

Selanjutnya mengenai penandaaan contreng atau sebutan lain yang dianggap sah oleh peraturan KPU di kertas suara, pada pilpres 2009 ini hanya penandaan contreng sekali saja yang dianggap sah. Argumentasinya, penandaan contreng pada pemilu legislatif lebih dari satu kali di surat suara lantaran melibatkan parpol dan caleg. Sedangkan pilpres tidak.

Ketentuan mengenai hal-hal yang saya ungkapkan di atas, silakan pembaca menelusuri lebih lanjut tulisan ini selanjutnya.

***

Tulisan ini saya lengkapi pula dengan contoh surat suara Pilpres 2009, Visi Misi dan Program masing-masing Capres-Cawapres serta Daftar Riwayat Hdup (CV) Singkat Capres-Cawapres tersebut. Baik dalam bentuk gambar maupun file pdf.

Dibagian akhir postingan ini, pembaca dapat mendownload ringkasan UU Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dalam file ppt (Microsoft Power Point) yang dibuat oleh KPUD Jakarta Timur, yang saya dapat atas kebaikan Bapak Syafriyanto Sekretaris PPS Kelurahan Kalisari.

Didalam berkas ringkasan UU Nomor 42 Tahun 2008 tersebut, pembaca akan mendapatkan informasi-informasi penting. Misalnya soal Tahapan Penyelenggaraan Pilpres, Surat Suara yang dianggap Sah atau Tidak Sah pada surat suara pilpres dan sebagainya.

Dengannya pula KPPS  dan peminat lain dapat mensosialisasikan Pilpres 2009  dengan lebih gamblang dan mudah pada calon pemilih di lingkungan terdekatnya.

****

CONTOH SURAT SUARA PILPRES 2009

Contoh Surat Suara Pilpres Tahun 2009 (http://mediacenter.kpu.go.id)

Contoh Surat Suara Pilpres Tahun 2009 (http://mediacenter.kpu.go.id)

VISI MISI DAN PROGRAM CAPRES-CAWAPRES 2009

Visi Misi dan Program Calon Presiden-Wakil Presiden RI Pilpres 2009 (http://mediacenter.kpu.go.id)

Visi Misi dan Program Calon Presiden-Wakil Presiden RI Pilpres 2009 (http://mediacenter.kpu.go.id)

PASANGAN NOMOR URUT 1 MEGAWATI-PRABOWO

Visi Misi Capres-Cawapres Mega-Prabowo Pilpres 2009

Daftar Riwayat Hidup (CV) Singkat Pasangan Megawati-Prabowo Pilpres 2009

PASANGAN NOMOR URUT 2 SBY-BOEDIONO

Visi Misi Capres-Cawapres SBY-Boediono Pilpres 2009

Daftar Riwayat Hidup (CV) Singkat Pasangan SBY-Boediono Pilpres 2009

PASANGAN NOMOR URUT 3 JUSUF KALLA-WIRANTO

Visi Misi Capres-Cawapres JK-Wiranto Pilpres 2009

Daftar Riwayat Hidup (CV) Singkat Pasangan Jusuf Kalla-Wiranto Pilpres 2009

CONTOH SURAT SUARA SAH DAN TIDAK SAH PILPRES 2009

Suara Sah dan Tidak Sah Pemilu Presiden-Wakil Presiden 2009

Suara Sah dan Tidak Sah Pemilu Presiden-Wakil Presiden 2009

PEDOMAN TEKNIS KPPS TPS PILPRES 2009

Peraturan_KPU_No.29_Tahun_2009_Pedoman_Teknis_TPS_Pilpres_2009

FILE PPT (POWER POINT) RINGKASAN UU 42 TAHUN 2008

Sosialisasi Pilpres 2009 UU Nomor 42 Tahun 2008 KPUD Jakarta Timur

Sumber :

  • Bahan Sosialisasi Pilpres 2009 PPS Kelurahan Kalisari
  • Situs Media Centre KPU

******

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Pemilu 2009 dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Contoh Surat Suara Pilpres 2009, CV Singkat dan Visi Misi Program Capres Cawapres

  1. iwan berkata:

    trimakasi banyak bwt informasinya

    blh tukeran link gk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s