Menembus Seratus Ribu Klik Pengunjung Blog


Google PageRank credit foto: http://landofthefreeish.com

Google PageRank credit foto: http://landofthefreeish.com

Tepat satu hari menjelang ulang tahun anak pertama yang lahir pada 14 April 1998, blog ini telah mencapai 100.000 (seratus ribu) klik pengunjung. Kurang lebih 6 (enam) bulan lamanya untuk mencapai statistik klik kunjungan sebesar itu semenjak saya ngeblog pada akhir Oktober 2008. Kalau boleh dikatakan hal demikian sesuatu yang berarti, maka keberadaan blog ini dan sedikit manfaatnya untuk sidang pembaca patut untuk disyukuri.

Pencapaian kecil itu pada diri saya amat berarti, mengingat banyaknya blog-blog yang bermunculan bagaikan cendawan di musim hujan. Mungkin saja blog-blog personal di tanah air ini telah mencapai ratusan ribu, mengingat mudahnya orang membuat blog. Kecenderungan peningkatan kuantitas blog-blog personal tidak mungkin bisa dibendung oleh siapapun.

Namun demikian,  kecenderungan peningkatan kuantitas blog di tanah air ini belum diimbangi oleh kualitas tulisan-tulisan yang dihasilkan para blogger. Isi-isi postingan yang bermutu dan berbobot serta mencerahkan pengunjung memang juga mengalami peningkatan di banyak blog, tetapi dibanding peningkatan kuantitas keberadaan blog-blog baru yang muncul, jurang perbedaan antara jumlah dan mutu masih menganga lebar.

Semua itu tergantung pada masing-masing individu blogger. Apakah dalam  ranah informasi yang semakin canggih ini ingin menjadi pengekor (follower) atau ingin menjadi pemandu kecenderungan ( trendsetter)? Lagi pula, di masing-masing isi kepala para blogger berbeda-beda dalam cara pandang dan melihat akan keberaadaan blog. Singkat kata tergantung kepentingannya.

Blog personal ini juga mengalami pasang naik dan pasang surut terhadap hasrat orang untuk mengunjunginya. Sudah cukup puas rasanya blog ini pernah lama bertengger di papan tengah Top Blogs dan Top Posts yang dilansir WordPress atau Blogs of the Day dalam bahasa Indonesia . Tatkala sudah tidak masuk dalam daftar pun, atau kemudian masuk daftar lagi juga tidak  masalah. Enjoy-enjoy saja.

Widgets AlexaCom credit foto: http://www.pitstopmedia.com

Widgets AlexaCom credit foto: http://www.pitstopmedia.com

PageRank blog ini memiliki nilai 4 dari 10 skala poin. Keberadaan blog ini  berarti ada faedahnya bagi sidang pembaca (cek PageRank blog anda dengan klik sini). Perihal skala 4 PageRank, mungkin juga lantaran domain WordPress blog ini. Sementara itu, di pemeringkatan AlexaCom perlahan tapi pasti grafiknya cenderung naik.  Dan memang secara alami pasti akan naik. Sejujurnya hingga saat ini, saya tidak mau ambil pusing soal-soal yang menyangkut PageRank atau pemeringkatan Alexa.

Disitus seorang teman, http://finderonly.com dikatakan, PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. Contoh: Sebuah situs yang mempunyai PageRank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai PageRank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Hal-hal lain yang membuat saya cukup gembira dalam aktivitas nge-blog ini, diantaranya: Pertama, keramahan blogger-blogger lain untuk berbagi ilmu. Asalkan pembawaan diri kita santun di ranah dunia maya, maka blogger lain pendatang baru atau telah makan asam garam dunia blog (senior) juga bersikap ramah dan terbuka. Mereka semua memiliki jurus-jurus tertentu yang bebeda satu dengan lainnya dalam urusan nge-blog. Dan rata-rata dari mereka tidak pelit untuk berbagi ilmu. Kepada mereka, dalam kesempatan yang baik ini tanpa perlu disebut satu per satu  saya ucapkan terima kasih.

Kedua, jalinan pertemanan semakin erat. Pernah saya kemukakan, bahwa sebuah blog pada hakekatnya seperti halnya situs jaring sosial atau pertemanan. Semakin hari, teman-teman baru yang kita dapatkan dari aktivitas nge-blog akan semakin bertambah. Pun kalau kita tidak pelit memberikan komentar, masukan atau kritik di blog seorang teman atau blog yang baru dikunjungi… jalinan pertemanan melalui dunia maya itu semakin erat, sekalipun kita tidak berjumpa muka.

Ketiga, perasaan lega dan cukup bangga bila postingan kita segera diendus raksasa mesin pencari, semisal Google atau Yahoo. Dua bulan setelah meluncurkan blog ini kepada publik, postingan-postingan atau foto tidak dilirik sama sekali oleh mesin pencari. Namun seiring waktu, ada pemahaman akan trik-trik agar sebuah postingan segera muncul di mesin pencarian. Saat ini, mungkin dalam hitungan menit atau jam saja sebuah postingan di blog ini akan segera diendus mesin pencari. Hal demikian juga layak disyukuri.

Sembari perlahan terus belajar mengasah ilmu soal-soal per-blog-an, yang sudah pasti terlepas pengunjung blog ini sedikit atau banyak setiap harinya, blog ini diharapkan adminnya sebagai pemandu kecenderungan (trendstter). Oleh karenanya, posting-posting orisinal menjadi fokus utama blog ini. Soalnya, jika sebuah blog hanya mengikuti kecenderungan informasi yang tersaji di media arus utama, hemat saya tidak perlulah membuat blog.

Menjadi sebuah blog pemandu kecenderungan memang tidak mudah. Orang boleh mengatakan melawan arus dan muskil. Akan tetapi, mengapa tidak dicoba?

*****

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Petak Ide dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Menembus Seratus Ribu Klik Pengunjung Blog

  1. arif berkata:

    Kunjungan Pertama Blog. Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikelnya ya. Ini alamatnya http://arifust.web.id

  2. adi berkata:

    wah pencerahan nih…tidak menyangka isi blog jenis ini mendapat perhatian yang banyak dari para netter. biasanya yang trafficnya tinggi mengulas berbagai berita seperti gosip, berita mesum (mau kriminal atau memang porno), dan berita-berita lain yang sedang tren. jadi kecenderungan untuk mengekor, seperti yang anda bicarakan, ada benarnya. karena kebutuhan untuk diapresiasi bagi para blogger adalah obat bahagia nomor 1…..hmmm 6 bulan ya! bagi-bagi dong ilmunya! hehehehe

  3. Ping balik: Penulis Kompasiana Berkaliber « Dwiki Setiyawan’s Blog

  4. Ririn berkata:

    waduuh…. boleh juga tuh ilmunya….

  5. webhostingmurah berkata:

    Wah selamat pa, blog sy belum tembus sampe segitu 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s