Matikan HP Anda Saat Berkendara, atau HP yang Akan Mematikan Anda!


handphonedriving credit foto: www.singaporebikes.com

handphonedriving credit foto: http://www.singaporebikes.com

Selama ini memang belum pernah saya baca suatu berita di media massa, seseorang tewas celaka atau luka parah di jalan raya lantaran asyik ber-handphone ria (memegang gadget hp) tatkala berkendara. Kalaupun ada kasus pengemudi tewas semacam itu, mana mungkin kita bisa mengorek duduk perkaranya. Lha wong nyawa si pengemudi sudah dicabut Sang Kuasa? Bilapun si pengemudi tidak tewas, hanya luka parah, misalnya, menceritakan pada polisi lalu lintas kecerobohannya berkendara sambil ber-handphone ria kan dianggap memalukan!

Disamping liputan yang kurang seperti saya ungkap diatas, idem tito data-data statistik kecelakaan yang dilansir Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah dan dikutip media massa selama ini acap mengemukakan hal-hal kuantitatif. Terjadi kecelakaan di ruas jalan tersebut sekian, korban meninggal sekian dan luka-luka sekian.

Kalaupun ada tambahan informasi, paling yang berkaitan dengan jenis moda transportasi yang terlibat didalamnya. Urutan atas tentu saja moda transportasi sepeda motor, diikuti jenis lainnya.

Hemat saya, data-data statistik kecelakaan lalu lintas selama ini perlu diperkaya dengan data yang bersifat kualitatif. Untuk konteks tulisan ini, data mengenai sebab musabab terjadinya kecelakaan lantaran si pengemudi ber-handphone tatkala mengemudi penting di-input. Tujuannya agar memberi wawasan dan pengertian bagi publik tentang bahaya soal dimaksud.

Soal yang menyangkut larangan penggunaan ber-handphone tatkala berkendara, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya beberapa waktu lalu pernah bersuara akan menindak keras para pengemudi yang tetap nekat mempraktekkan tindakan berbahaya itu. Namun demikian, seiring waktu, tindaklanjut dan operasi dimaksud belum menunjukkan hasil memuaskan.

Realitanya, setiap hari di jalan raya kita tetap menyaksikan dengan kasat mata praktek-praktek berkendara sembari ber-handphone yang bukannya berkurang malahan menjadi-jadi. Baik itu oleh pengemudi kendaraan roda empat maupun roda dua.

Hebatnya lagi buat pengemudi kendaraan roda dua (sepeda motor) di tanah air tercinta ini. Sudah tangan satu memegang stang kemudi dan tangan satunya lagi memegang gadget hp dengan helm dinaikkan sedikit… ajaib, bisa ber-sms pula!

Perilaku buruk, ceroboh, tidak tahu etika dan berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan lain yang saya ungkapkan diatas, sesungguhnya sudah pada tahapan kriminal. Dan pelakunya harus ditindak tegas. Masalahnya ini sudah menyangkut kepentingan publik.

Dengan dalih apapun yang akan dikemukakan pengendara untuk soal yang satu ini, dipandang dari sudut manapun tetap saja itu tindakan salah dan berbahaya. Kalaupun hp yang dibawa berdering atau bergetar menandakan suatu berita penting akan masuk, dan kebetulan anda berkendara di jalan arteri, menepi sebentar dan kemudian menjawab panggilan bukankah itu menandakan anda seseorang yang bertanggungjawab?

Di jalan tol yang cukup lengang dan anda mengemudi dengan kecepatan tinggi serta membutuhkan konsentrasi penuh, berkendara sambil ber-handphone sebaiknya dihindari. Kecuali jika anda dan pengendara lain, di mata anda memiliki nyawa rangkap.

Sedangkan jika anda hanya ingin  “just say hallo”  pada atasan, kolega atau keluarga dan sebagainya, menunda barang sejenak tangan anda tidak gatal mengangkat hp bukankah itu suatu tindakan bijak.

Harap diingat, berdasarkan suatu sebab-sebab kompleks yang menyangkut situasi dan kondisi lalu lintas di tanah air, jalan-jalan raya yang kita lalui setiap harinya hakikatnya “the killing field“.  Mengintai dan setiap saat siap menerkam nyawa siapa saja. Tidak peduli siapapun anda.

Oleh karena itu, untuk keselamatan bersama di jalan raya, mulai sekarang matikan hp anda saat berkendara. Ataukah hp yang akan mematikan anda!

*****

DWIKI SETIYAWAN, seorang pemerhati sosial.


Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Petak Ide dan tag , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Matikan HP Anda Saat Berkendara, atau HP yang Akan Mematikan Anda!

  1. Ping balik: Empat Kali Bahaya Menggunakan Handphone Saat Mengemudi « Dwiki Setiyawan's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s