Peluncuran Perangko Pemilu 2009 dan Blog Caleg


Berikut rilis berita dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) di situs resminya www.kpu.go.id. Komentar saya atas judul dan isi berita ini, KPU terlambat alias telat dalam meluncurkan blog untuk caleg di Pemilu Legislatif 2009. Soalnya, Hari-H Pemilu Legislatif dengan peluncuran blog untuk caleg itu hanya terpaut kurang lebih 1 (satu) bulan saja.

Kapan waktu luang caleg untuk nge-blog di situs calegku.info itu? Sementara hari-hari ini para caleg legislatif tengah sibuk-sibuknya menggalang dan mengorganisir calon pemilih di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Belum lagi ngurus situs atau blog personalnya sendiri.

Apa tidak sebaiknya blog itu digunakan saja untuk caleg terpilih. Akan lebih bermanfaat untuk memperkenalkan jati diri (profil) masing-masing caleg terpilih. Atau jangan-jangan nanti KPU juga bikin blog lagi untuk caleg terpilih? Ujung-ujungnya berjalin kelindan menyangkut urusan ‘proyek’ dech?

Coba kalau si caleg tidak terpilih? Saya sangsi blog yang dibuatnya akan diteruskan keberadaannya. Lagi pula, kan malu sudah nge-blog di tempat publik seperti disediakan KPU itu, si calegnya tidak terpilih.

Mendingan bikin blog personal semacam di WordPres ini. Seandainya tidak terpilih sebagai anggota dewan masih tetap dirawat keberlangsungan blog personalnya. Iya nggak?

Silakan baca rilis berita KPU berikut ini:

Kamis, 05 Maret 2009 Jakarta, kpu.go.id-Dalam rangka sosialisasi Pemilu 2009, Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan perangko Pemilu 2009 dan Blog Calon Legislatif (Caleg). Peluncuran ini berlangsung di Kantor KPU (05/03) di depan wakil dari parpol peserta Pemilu 2009 dan peserta Rapat Kerja (Raker) dengan Ketua KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary mengemukakan bahwa peluncuran perangko Pemilu merupakan bagian dari upaya KPU dalam sosialisasi Pemilu DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. “Sosialisasi ini juga merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam sosialisasi Pemilu 2009,” ujar Hafiz.

Pertemuan itu membahas perencanaan iklan layanan masyarakat mengenai hak pilihnya pada Pemilu 9 April 2009. Peluncuran Blog Para Caleg Indonesia dan perangko sampul hari pertama Pemilu 2009. Raker juga membahas pengumuman perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari masing-masing Provinsi, Kabupaten/Kota.

Menurut Hafiz, KPU telah merencanakan iklan layanan masyarakat di beberapa tempat, khususnya masing-masing daerah. ”Penayangan iklan diperkirakan bulan Maret sampai minggu tenang akan disampaikan ke pada masyarakat melalui media cetak dan elektronik,” ujar Hafiz.

Ketua KPU mengucapkan terima kasih atas perhatian Pos Indonesia yang telah membuat perangko bergambar bertema Pemilu 2009. Sementara itu Farida Dwi Cahyarini, Sekretaris Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, menjelaskan bahwa perangko Pemilu 2009 diedarkan dalam empat desain yang masing-masing dicetak dalam jumlah 300.000 lembar. ”Perangko dijadikan media pembelajaran demokrasi suatu bangsa. Dengan terbitnya perangko tersebut, sejarah pemilu dapat dipelajari,” kata Farida.

Hafiz menyebutkan, ada tiga strategi pokok sosialisasi Pemilu 2009. Pertama, komunikasi media, seperti tayangan iklan layanan masyarakat tentang Pemilu 2009 dibeberapa media massa, cetak maupun elektronik. Media promosi lainnya yang dibuat KPU antara lain, pamplet, spanduk, stiker, poster, dan lain-lain.”KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota juga telah membuat publikasi yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa daerah,” ujar Hafiz.

Kedua, komunikasi tatap muka dengan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang berbentuk bimbingan teknis, pertemuan dengan Menkominfo, dengan para pemilih pemula, pemilih perempuan, dan lainnya. Ketiga, mobilisasi sosial, KPU melaksanakan simulasi pemungutan suara di berbagai daerah, termasuk di Papua. ”Kami juga mengimbau kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk membuat spanduk mengenai tanggal berlangsungnya pemilu pada 9 April 2009,” ujar Hafiz.

Sebagai sarana kegiatan sosialisasi Pemilu 2009, KPU meluncurkan layanan blog bagi para calon legislatif (caleg) Indonesia. Blog yang akan diisi oleh para caleg ini diharapkan bisa memberikan pendidikan politik yang baik. Di sisi lain, para caleg akan mendapatkan timbal balik positif dan lebih dikenal masyarakat. ”Publikasi parpol mempunyai tujuan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh masing-masing parpol,” kata Aziz.

Pada dasarnya blog para caleg Indonesia merupakan catatan singkat para calon legislatif yang telah ditetapkan oleh KPU dapat untuk memaparkan visi dan misinya. Blog ini dapat dilihat di situs calegku.info.***

Iklan

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Pemilu 2009. Tandai permalink.

2 Balasan ke Peluncuran Perangko Pemilu 2009 dan Blog Caleg

  1. Riyogarta berkata:

    Just info saja, ini bukan proyek KPU, buakn juga proyek bagi siapa pun 🙂 Blog ini murni sumbangan dari IFES yang memang sudah memiliki MOU dengan KPU.

    Saya sangat mengetahui hal ini karena saya lah yg mengusulkannya. Sayang usulan yang sudah saya sampaikan sejak bulan Agustus tahun lalu baru di setujui oleh KPU beberapa hari yg lalu 😦

    • Dwiki Setiyawan berkata:

      Terima kasih infonya Bung Riyogarta. Saat memposting rilis berita KPU itu, saya belum tahu kalau blog itu hasil kerjasama KPU dan International Foundation for Electoral Syatem (IFES). Saya juga belum menelusuri blog Calegku.Info dimaksud.

      Media massa cetak yang saya baca kemarin tidak ada yang mempublikasi soal kerjasama KPU dengan IFES itu. Baru kemudian setelah saya memposting rilis berita ini, saya dapat kliping berita dari harian Indopos (6-3-2009) berjudul “Blog Gratis untuk Caleg”. Dimana nama Bung Riyogarta dijadikan salah satu sumber beritanya.

      Terima kasih atas infonya Bung Riyogarta. Semoga dilain waktu kita bisa jumpa darat, dan mungkin bisa menjalin kerjasama dalam bentuk lain: “dalam kerangka ikut mengantar transisi demokrasi menuju konsolidasi demokrasi (meminjam istilah Alfred Stepan) di tanah air tercinta ini.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s