Download Perpu Nomor 1 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas UU Pemilu Legislatif


Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 1 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD  ini, pada pokoknya mengatur mengenai 2 (dua) hal.

Pertama, soal pemilih yang sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) tetapi belum tercantum dalam rekapitulasi daftar pemilih tetap secara nasional. Dan/atau terdapat kelebihan jumlah pemilih dalam rekapitulasi daftar pemilih tetap secara nasional, KPU melakukan perbaikan rekapitulasi daftar pemilih tetap secara nasional sebanyak 1 (satu) kali.

Kedua, soal keabsahan penandaan atau pencontrengan atau tanda lainnya pada surat surat lebih dari 1 (satu) kali. Meliputi pemberian tanda lebih dari satu kali pada surat suara calon anggota DPR dan DPRD; dan surat suara calon anggota DPD.

Yang menyangkut surat suara calon anggota DPR dan DPRD, disebutkan bahwa dalam hal KPPS pada saat melakukan penghitungan suara menemukan pemberian tanda lebih dari satu kali pada kolom nama partai dan/atau kolom nomor calon dan/atau kolom nama calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang sama dan dalam partai politik yang sama, suara tersebut dinyatakan sah dan dihitung satu suara.

Sedangkan menyangkut surat suara calon anggota DPD, dikemukakan bahwa dalam hal KPPS pada saat melakukan penghitungan suara menemukan pemberiaan tanda satu kali atau lebih pada nomor urut dan/atau kolom foto dan/atau nama calon anggota DPD yang sama, suara tersebut dinyatakan sah dan dihitung satu suara.

Ketentuan-ketentuan yang saya kemukakan diatas, merupakan perubahan atas Pasal 47 UUD Nomor 10 Tahun 2008 yang membicarakan soal daftar pemilih tetap. Ketentuan Pasal 47 ditambah 1 (satu) ayat yakni ayat (4).

Dan penambahan 2 (dua) ayat pada Pasal 176 UU Nomor 10 Tahun 2008 yang membahas tentang keabsahan surat suara.

Pedoman teknis pelaksanaan atas ketentuan-ketentuan Perpu Nomor 1 Tahun 2009 ini akan diatur lebih lanjut dengan Peraturan KPU.

Silakan download Perpu Nomor 1 tahun 2009 dalam format PDF berikut ini:

perpu-no-1-tahun-2009-pencontrengan

***

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Pemilu 2009 dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Download Perpu Nomor 1 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas UU Pemilu Legislatif

  1. agha berkata:

    PERATURAN PEMERINTAH KOK BISA MENGALAHKAN UNDANG-UNDANG…..ANEH..!!!!! PERCUMA DONG BIKIN UU DENGAN MELIBATKAN BANYAK PIHAK HANYA DIKALAHKAN OLEH PERPU

  2. anto, SH. berkata:

    Dini hari jum’at tanggal 13 Maret 2009 di Gedung Serba Guna Kantor Gubernur Kalimantan Timur, baru di sampaikan perihal diberlakukannya PERPU ini. Kata Ketua KPUD Kaltim di pusat baru saja disampaikan pada tanggal 4 Maret 2009 lalu. Tentu saja timbul barbagai macam reaksi / protes oleh masing-masing utusan partai yang sebagian adalah para caleg. Acara ini adalah acara Sosialisasi PerUU Pemilu dan Kewarganegaraan, yang dibuka oleh Menteri Negara RI, Andi Mattalatta. Intinya sejak sekarang kita selaku masyarakat jangan kaget atau curiga jika suatu saat calon pemilih atau caleg atau capres kita bermata biru en rambutnya pirang, ngomongnya kelondo-londo-an. Aneh. Lebih aneh lagi PERPU produk hukum tahun satu masih sakti, menang mengalahkan UU tahun 2009. Ini memang akal-akalannya orang di legislatif yang kerjanya datang, duduk, tidur, pulang cepat jemput anak, ceritanya minta di doakan dan minta restu untuk duduk kembali di DPR. Maaf mas, persepsi saya lebih baik punya pemimpin brengsek daripada negara ini tidak ada pemimpinnya. khan kacau. trims.

  3. arlo berkata:

    trus… kalo misalnya yg dicontreng kolom nama partai, suaranya diberikan ke caleg nomor brp donk?????

    • Dwiki Setiyawan berkata:

      Di lampiran Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2009 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS, ada form pengisian soal itu.

      Ada kolom untuk Parpol dan dibawahnya kolom Caleg bersangkutan. Soal diberikannya suara tersebut, sepengetahuan saya diberikan pada caleg yang memperoleh suara terbanyak.

  4. bunjamin berkata:

    Kab. Pontianak kok Caleg mash tetap 45 orang pada hal telah pecah dengan kabupaten kubu raya, seharusnya luas wilayah dan jumlah penduduk telah berkurang anggota dewan kabupaten pontianak juga seharusnya juga berkurang bukan 45 orang lagi. tolong sedangkan apbd kabupaten pontianak minim,bagaimana gtu lho…..

  5. arfik berkata:

    gimananih mas…… di kab poso ada partai yang memiliki suara (partai yang di contreng) tetapi tidak ada calegnya yang terdaftar….. apakah suara itu sah apa tidak karena seandainya sah…. mau di kasi siapa itu suara sedangkan caleg untuk DPRD kabupaten tidak ada. kalau tidak sah…. apakah ada peraturan yang mengatur hal itu…. ada yang tau ngga? tolong infonya……..
    makasih………..

  6. tyan berkata:

    bunyi perpu no. 1 tahun 2009 gmn ? yang menyatakan contreng atau yang menyatakan penandaan lebih dari sekali dianggap sah ?

    • Dwiki Setiyawan berkata:

      Bung Tyan. Anda download dulu perpunya. Di halaman 3 (dari 5 halaman) perpu tersebut jelas dinyatakan soal penandaan lebih dari satu kali yang dianggap sah.

      Terima kasih atas kunjungan dan komennya.

  7. macho berkata:

    sistem pencontrengan adalah suatu sistem menimbulkan kecurangan, apalagi dilengkapi tinta merah sehingga petugas sulit menemukan tanda contreng. akibatnya seperti masa orde baru, apabila petugas KPPS,PPK dapat saja dengan mudah menggatikan satu suara ke partai lain. kalau dicermati pemlu tahun ini adalah renkarnasi orde baru babak ke II untuk memenangkan partyai demokrat . itu kenyataaan yang sebenarnya, mungkin ini dimotori oleh KPU sendiri

  8. Earle Caetano berkata:

    Thanks for posting such a terrific website. this blog was not simply educated but additionally very ingenious as well. There usually are a restricted number of net house owners who can produce specialised information that creatively. we look for articles a couple of subject corresponding to this. I’ve gone intimately through many websites to search out data relating to this.Preserve composing in !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s