Dokumentasi Foto Badko HMI Jabagteng Periode 1993-1995


Beberapa teman saat sama-sama aktif di Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Jawa Bagian Tengah (Badko HMI Jabagteng) Periode 1993-1995, meminta agar saya mempublikasikan koleksi foto-foto yang dimiliki. Suatu permohonan kehormatan yang pantang untuk ditolak. Sambil berseloroh, saya katakan, “Jelas kompensasinya ya?”  Ha..ha..ha…

Dokumentasi foto yang kami tampilkan di postingan ini memang belum lengkap. Semoga koleksi berikut dapat ‘membahagiakan’ langit pikiran dan dataran hati teman-teman.

Sebagian teman di dokumentasi ini telah menjadi ‘orang’, dalam arti sukses meniti karier di medan pengabdiannya masing-masing. Dan terlacak keberadaannya. Sebagian yang lain, hingga postingan ini dibuat tidak ketahuan jejaknya dan semoga segera terdeteksi keberadaan dan medan juangnya.

Rangkaian dokumentasi foto ini dimulai dari dokumentasi Musda Badko HMI Jabagteng di Kudus Jawa Tengah pada 1995. Setelah Kongres HMI XX di Surabaya pada tahun yang sama. Di luar dugaan, pada musda tersebut calon kandidat Ketua Badko dari luar struktur kepengurusan, yakni Saudara Teuku Syahrul Anshari mendapatkan suara terbanyak berselisih beberapa saja dari Saudara Adib Zuhairi yang berasal dari struktur kepengurusan badko.

Rangkaian foto berikutnya ialah pertemuan ‘Tawangmangu’ antar HMI Cabang di lingkungan Badko HMI Jabagteng pada 1995 menjelang Kongres HMI XX di Asrama Haji Sukolilo Surabaya tahun yang sama. Pertemuan Tawangmangu itu menghasilkan gagasan-gagasan penting untuk memperkaya rekomendasi eksternal kongres. Antara lain, gagasan mengenai revisi Paket 5 Undang-Undang Bidang Politik, Audit Kekayaan Pejabat, Soal Monopoli, dan Fenomena Korupsi-Kolusi-Nepotisme (KKN). Lantaran gagasan-gagasan itu dituangkan dalam konsep tulisan disertai argumentasi yang kuat, hampir kesemua gagasan itu digolkan dalam kongres.

Ada sebuah cerita menarik dari pertemuan Tawangmangu tersebut. Dikarenakan tidak ada palu sidang, maka untuk mengesahkan draft-draft konsep yang akan dibawa ke Kongres HMI Surabaya itu, pimpinan sidang Saudara Rahadi dan Saudara Adib Zuhairi memakai sendok makan sebagai ganti palu sidang. Bukan diketokkan di meja sidang, melainkan pada sebuah piring yang telah disiapkan. ‘Cring‘ nyaring bunyinya, hingga teman-teman yang terkantuk-kantuk terbangun kaget. Sementara yang serius menyimak pembahasan draft itu tertawa berderai-derai. Lucu juga kalau ingat-ingat kisah konyol tersebut!

Dokumentasi foto-foto lainnya, saat ini tengah kami lacak dari arsip yang ada. Semoga segera dapat disertakan juga pada dokumentasi ini.

Di atas kesemuanya, tetaplah “Yakin usaha sampai”.

Klik gambar untuk memperbesar….



Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Jejak Langkah dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Dokumentasi Foto Badko HMI Jabagteng Periode 1993-1995

  1. iwan gunawan berkata:

    dwi, aku suka kegiatanmu di web ini. mendokementasikan segala peristiwa. apa yang terjadi, apa yang teringat tuliskanlah. pastilah berguna. akan lahirlah perspektif pada dunia, bukan hanya dari angan pikiran tanpa data dan fakta. inilah dokumentasi yang akan menjadi akar bukti bagi kita, kami dan semua ke depan.
    terima kasiha dwiki.

  2. much bachri berkata:

    mantap mas dwiki dr hmi cab kudus potoku ora ono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s