KPU Melakukan Validasi Surat Suara


Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai Kamis (29/1) sampai dengan Sabtu (31/1) melakukan validasi rancangan suara suara untuk DPRD Provinisi dan DPRD Kabupaten/Kota. Validasi surat suara ini dilakukan untuk mengecek ulang nama calon anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang tercantum dalam surat suara.

Untuk kegiatan validasi ini, KPU Pusat memanggil 33 Anggota KPU Provinsi dan 471 Anggota KPU Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang membidangi teknis Pemilu. Kegiatan ini dibagi dalam tiga rayon yaitu Indonesia bagian barat, bagian tengah, dan bagian timur.

Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary dalam pembukaan validasi surat suara mengatakan, validasi surat suara untuk memastikan tidak ada kesalahan nama caleg dalam surat suara. Menurutnya, caleg ganda juga tidak lagi tercantum dalam rancangan suarat suara. Nama-nama yang sudah tercantum dalam rancangan suara suara akan di-cek kembali dengan Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota . Jika rancangan suara suara sudah sesuai dan tidak ada lagi kesalahan nama dan gelar, maka Anggota KPU Provinsi dan Anggota KPU Kabupaten/Kota diminta untuk memberikan paraf pada rancangan surat suara itu.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) surat suara Anggota KPU Andi Nurpati mengatakan “jika nantinya dalam validasi suara suara ditemukan dalam rancanan surat suara ada caleg parpol yang dari DCT, atau tidak lagi memenuhi syarat sebagai caleg sebelum 17 Desember 2008, maka nama caleg tersebut dikeluarkan dari rancangan surat suara tanpa mengubah nomor urut.”

sumber: http://www.kpu.go.id

Iklan

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Pemilu 2009 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke KPU Melakukan Validasi Surat Suara

  1. Nur Aulia berkata:

    Assalamualaikum wr. wb.

    Pak Dwiki yang terhormat. APakah ada perbedaan warna antara kertas suara pemilih untuk DPR RI, DPRD I dan DPRD II? Ini berguna untuk memberi fasilitas pemahaman bagi mereka yang masih belum mampu membaca.

    Terima kasih

    Wassalamualaikum wr. wb.

    • Dwiki Setiyawan berkata:

      Saudara Nur Aulia. Perbedaannya hanya saat seseorang akan masuk ke bilik suara. Sebelumnya akan diberi 4 surat suara dalam kedaan terlipat (DKI Jakarta minus surat suara DPRD Kabupaten/Kota). Warna kuning DPR-RI, Biru DPRD Provinsi, Hijau DPRD Kabupaten/Kota dan Merah surat suara DPD. Itu saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s