Ide T-Shirt Berdisain Halaman Muka Surat Kabar Lokal


T-Shirt Kota Paris

T-Shirt Kota Paris

Saya punya puluhan t-shirt atau kaos tampak muka berdisain kota-kota besar dunia (gambar dan tulisan nama kota). Mulai dari Paris, Washington, Los Angeles, Roma, Venesia, Kairo, Amsterdam, Buenos Aires, Sidney, New Delhi, Bangkok, Manila, Singapura dan sebagainya.

Apakah saya pernah mengunjungi kota-kota metropolis tersebut? Jawabnya belum. Namun kalau sekedar ditanya tentang seluk beluk kota di atas mulai dari sejarah, tempat-tempat terkenal dan sebagainya Insya Allah saya bisa menjelaskannya sedikit (buka dulu  memori dari buku-buku yang pernah dibaca). We ke ke ke.

Apakah saya kolektor khusus t-shirt atau kaos semacam itu? Bisa ya, bisa pula tidak. Hanya senang dan kelihatan unik saja. Disamping enak dipakai.

Darimana saya mendapatkan kaos-kaos tersebut? Ikuti terus postingan ini sembari anda siap-siap geleng-geleng kepala dan bilang ide postingan ini absurd (meminjam istilah terkenal Albert Camus, seorang pengarang dan filosof terkemuka Perancis). Absurd?

Kadangkala sebuah ide itu pada mulamya memang absurd. Kelihatan mengada-ada dan tidak mungkin (imposible). Namun kata-kata jenderal dan kaisar Perancis di abad lampau, Napoleon Bonaparte, patut dicamkan bagi siapapun, termasuk anda yang akan memulai suatu bisnis baru: “Tidak ada yang tidak ada, dan tidak ada pula yang tidak mungkin”. Artinya, sesuatu yang kelihatan tidak ada bisa diadakan dan sesuatu yang kelihatan tidak mungkin bisa dimungkinkan!

T-shirt atau kaos di atas saya dapatkan dari ‘permohonan khusus’ ke beberapa anggota DPR-RI yang akan berangkat melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Tentu saja cuma-cuma. Paling banyak saya dapatkan oleh-oleh kaos dari Ibu Dra Iris Indira Murti MA, seorang anggota DPR-RI dari Fraksi Partai GOLKAR Periode 1999-2004. Setelah Pemilu Legislatif 2004, Ibu Iris Indira Murti ini menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Finlandia.

Kebetulan Periode DPR-RI 1999-2004, Ibu Iris Indira Murti duduk  sebagai  Anggota Komisi I DPR-RI (membidangi masalah keamanan dan luar negeri) dan menjabat Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP), yang memungkinkannya sering menghadiri undangan-undangan dari pemerintah, lembaga atau badan internasional lainnya.

Kepada beberapa orang Anggota DPR-RI yang saya kenal baik,  permohonan sejenis juga diajukan dan biasanya dipenuhi.

Ke topik bahasan. Minimal satu tahun sekali, setiap saya mudik lebaran ke Yogyakarta, saya menyempatkan jalan-jalan dan mencari oleh-oleh cinderamata khas Yogya di Jalan Malioboro. Namun, dalam 3 kali lebaran terakhir saya tidak pernah lagi membeli t-shirt atau kaos khas Yogya di Malioboro tersebut.

Persoalannya disain yang ditampilkan dalam tiga tahun terakhir ini tidak ada perubahan berarti. Sebagai bekas mahasiswa Komunikasi Massa Fisip UNS Solo dan pernah aktif di kegiatan jurnalistik, yang saya impikan dan inginkan adalah di Jalan Malioboro Yogya dijual t-shirt atau kaos berdisain halaman muka surat kabar lokal, misalnya Bernas atau Kedaulatan Rakyat.

Bisa kok para pekerja kreatif dan disainer membuat t-shirt atau kaos berdisain halaman muka surat kabar lokal. Perkara mau di depan atau belakang atau menutupi bagian semua t-shirt peletakan halaman muka surat kabar lokal tersebut, tergantung daya cipta si disainer.

Kan keren kalau kita pakai t-shirt atau kaos yang dibeli di Yogyakarta, bergambar halaman muka harian Kedaulatan Rakyat, edisi terbit tatkala gempa bumi menguncang Yogyakarta dan Jawa Tengah beberapa tahun silam? Tinggal disainer kaos juga jeli memilih edisi tanggal-tanggal berapa dari surat kabar lokal tersebut yang punya ‘kenangan mendalam’ bagi banyak orang.

Pokoknya t-shirt atau kaos berdisain halaman muka surat kabar lokal. Bisa edisi masa penjajahan, masa revolusi kemerdekaan hingga masa sekarang. Itu jelas oleh-oleh khas t-shirt lokal. Dan saya yakin anda belum pernah menemukan t-shirt atau kaos berdisain seperti yang dikhayalkan itu di kota manapun yang pernah dikunjungi.

Dikarenakan hampir seluruh kota besar di Indonesia memiliki koran lokal berpengaruh, ide ini sebenarnya bisa diterapkan oleh orang-orang bernaluri bisnis yang tinggal di kota bersangkutan. Sebagai t-shirt trade mark kota bersangkutan.

Di Banda Aceh ada koran lokal berpengaruh harian Serambi. Di Medan ada harian Waspada. Di Palembang ada Sriwijaya Post. Di Lampung ada Lampung Post. Di Bandung ada harian Fikiran Rakyat. Di Solo ada harian Solopost. Di Bali ada Balipost. Di Makasar ada harian Fajar. Di Surabaya ada Jawa Pos atau Surabaya Post. Di Banjarmasin ada Banjarmasin Post. Dan sebagainya.

Kalau anda seorang pelajar atau mahasiswa, seorang karyawan yang baru saja di PHK atau Masa Persiapan Pensiun (MPP), seorang yang punya modal tapi bingung memutar uang dalam krisis keuangan saat ini, seorang bloger yang berharap dapat cipratan iklan di blog namun belum terealisasi dan sebagainya, coba dan terapkan ide absurd yang saya kemukakan ini.

Kalau berhasil dengan bisnis kaos tersebut, tinggal kontak saya mengucapkan terima kasih atas ide absurdnya (atau bahkan cemerlang?). Disertai kiriman paket contoh t-shirt atau kaos yang anda produksi ke alamat saya dan sedikit royaltinya. We ke ke ke.

Dari mana mendapatkan film halaman-halaman muka surat kabar yang saya maksud di atas? Anda tinggal mengontak pemimpin redaksi dan pemimpin perusahaan koran di kota asal anda bermukim. Mereka pasti akan bersedia dan mengulurkan tangan membantu usaha yang akan dirintis tersebut. Lha wong surat kabarnya mau diiklankan gratis masak menolak.

Namun jangan lupa pula, kalau usaha itu berhasil anda juga harus memberi paket kaos tersebut untuk pimpinan, wartawan dan karyawan surat kabar lokal tadi (sebagai entertaint). 1 x lagi: We ke ke ke.

Anda juga bisa berburu film atau microfilm koran-koran jaman baheula di perpustakan-perpustakaan pemerintah daerah atau lembaga arsip daerah. Yang saya lihat lengkap ada di Museum Pers Nasional di kota Solo Jawa Tengah. Di Museum Pers Nasional Solo, hampir semua koran sejak jaman penjajahan hingga sekarang ada semua.

Pusing memikirkan ide ini, dan menuangkannya dalam kenyataan? Daripada didahului orang lain, tangkap dan terapkan secepatnya!

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Petak Ide dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Ide T-Shirt Berdisain Halaman Muka Surat Kabar Lokal

  1. arif ust berkata:

    Kunjungan Blog Regedit, Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak satu lagi kalau mau tuker link masukan saja link teman di Guest Book insya Allah swt besok langsung saya pasang link teman.

  2. hymunk berkata:

    wah mantap neh idenya…makasih saya dapat pencerahan dari postingan anda ini…

  3. redaksi berkata:

    BANYAK PARTAI BIKIN BINGUNG

    Sudah menjadi pedoman hatiku, bahwa dalam pemilihan umum 2009 kita harus menentukan pilihan secara bijaksana. Tapi semua partai peserta pemilu, tiada kupandang tinggi, semua sama tak sapun mendapat keistimewaan.

    Karena bingung, aku membuat suatu undian. Di atas sekelumit kertas kutulis nama-nama partai. Akhirnya kertas itu kugulung sama serta kumasukkan dalam sebuah kotak kosong, yang kemudian kugoncang-goncangkan.

    Dengan mata terpejam kuambil sebuah diantara gulungan-gulungan kertas itu. Ketika gulungan itu sudah kukembangakan, kubuka mataku secara perlahan-lahan. Jantungku turut berdebar keras, Ketika salah seorang di antaranya memperoleh kemenangan.

    Ketahuailah… bahwa yang berhasil memperoleh kemenangan adalah……………………………

    inilah gambaran bimbang masyarakat, apa yang dijanjikan partai politik tak jua mencapai biduk kebahagiaan.

    sumber:http://asyiknyaduniakita.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s