Arti Penting Menulis Komentar di Blog yang Anda Kunjungi


Giana Pratidina Basrindu credit foto facebook

Giana Pratidina Basrindu

Apakah setiap kali mengunjungi blog (WordPress, Blogspot dan sebagainya), anda acap memberikan komentar yang letaknya berada di bawah postingan? Seberapa pentingkah arti anda menulis komentar di blog tersebut?

Kalau anda belum tahu arti penting menuliskan sebuah komentar di suatu blog yang anda kunjungi, pasti anda akan terkejut oleh fakta-fakta penting berdasarkan pengalaman saya di WordPress (yang masih awam dan gaptek)  selama ini sebagai berikut:

Pertama, berlawanan dengan seperti yang mungkin  anda duga dan bayangkan, ketika menuliskan komentar di sebuah blog yang tengah dikunjungi (misalnya hanya menulis kata: makasih atau good) sebenarnya anda tengah menyimpan ‘arsip tulisan’ di dunia maya. Apabila setiap kali anda mengunjungi suatu blog dan senantiasa menulis komentar, maka arsip tulisan tersebut akan tambah banyak, tertata dan tersimpan rapi di almari penyimpanan dunia maya. Anda yang awam soal arti penting menuliskan komentar tersebut pasti akan terkejut (atau mungkin girang alang kepalang) manakala secara tidak sengaja,  tarian tangan  anda mengetikkan di sebuah mesin pencari, semisal Google atau Yahoo: nama anda sendiri!

Dari hasil pencarian mesin pencari atas nama anda tersebut, akan muncul komentar-komentar yang pernah anda tulis di suatu blog yang pernah dikunjungi. Entah itu yang pernah anda kunjungi 1 (satu) tahun lalu, 1 (satu) bulan lalu, 1 (satu) minggu lalu atau bahkan 1 (satu) hari yang lalu. Kalau anda merasa komentar itu kok terlalu pendek dan agak mengecewakan serta ‘kurang bermutu’ maka pastilah anda akan berusaha menulis suatu komentar di suatu blog yang lebih baik dan lebih bermutu, bukan? Karena tentunya anda juga akan merasa malu apabila komentar pendek itu dibaca, misalnya, oleh ayah, ibu, teman, guru, dosen, pak ketua rt, bahkan pacar atau mantan calon pacar dan lain-lain (sengaja lho saya tulis mantan calon pacar). He..he..he…

Kedua, maksud di suatu postingan blog diberi kolom komentar bagi pengunjung atau admin blog adalah agar tercipta suatu interaksi komunikasi kedua belah pihak atau antar pihak. Kan bisa terjadi komentar yang anda tulis juga dikomentari oleh pengunjung lain. Sehingga tercipta suatu dialektika di sebuah postingan blog. Antara admin blog dengan pengunjung atau antara pengunjung dengan pengunjung (istilah populernya interaktif gitu).

Ketiga, masih berkaitan dengan poin dua di atas. Apabila anda seorang pemula yang baru saja membuat blog (termasuk blog saya ini), komentar-komentar tersebut berguna untuk memperbaiki hal-hal yang berkaitan dengan blog seperti: disain tata wajah, kelengkapan fitur dan tampilan serta isi posting. Untuk hal pertama disain dan kedua kelengkapan fitur sebenarnya bukan hal yang mutlak penting. Yang amat dipentingkan pengunjung untuk mengunjungi blog anda tersebut: isi postingan yang anda buat memang hal yang dibutuhkan dan bermanfaat, cepat dibuka blog-nya dalam jendela browser (bandingkan kalau kebanyakan fitur, pasti agak cukup lama membuka blog tersebut), dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan serta mencerahkan pikiran.

Keempat, dengan menuliskan komentar di suatu blog yang dikunjungi, secara tidak sadar sesungguhnya anda tengah memperluas jaringan pertemanan dan jaringan sosial anda. Jadi, blog juga tidak jauh beda dengan situs-situs jejaring sosial seperti halnya Friendster, Facebook, MySpace dan sebagainya.

Sebagai contoh, di blog kami ini ada sebuah komentar dari seseorang bernama Giana Pratidina Basrindu. Nickname-nya giana pratidina,S.AB. Dia menulis komentar singkat di postingan saya berjudul Download Kalender Pemilu 2009 (sebuah tulisan yang belum selesai, karena masih belum lengkap). Komentarnya,”thanks for ur info, bung dwiki“. Saya jelas tidak tahu dan tidak kenal siapa identitas si pengirim . Namun lewat identitas email yang dia miliki dan mengetikkan namanya di Google barulah saya dapat mengungkap siapa gerangan Giana ini. Yang jelas dia terdaftar sebagai anggota situs jejaring sosial Facebook, sebagaimana saya juga terdaftar. Oleh karena Giana pernah menulis komentar di blog, maka permohonan saya untuk menjadi temannya langsung disetujui/dikonfirmasi. Sederhana bukan. Hanya lantaran dia tahu sedikit saya, begitu pun saya tahu sedikit tentang dia.

Mau tahu siapa Giana Pratidina Basrindu di atas? Wow, ternyata dia adalah Putri Pariwisata 2008. Cantik, smart, lincah, dan organisatoris. Lebih dari itu,  dara kelahiran Banjarmasin 1 Desember 1985 ini  juga seorang Calon Legislatif Partai Amanat Nasional (PAN) di provinsi asalnya Kalimantan Selatan.  Pantas tertarik masalah-masalah politik kekinian. Gadis lulusan STIA Bina Banua Banjarmasin Tahun 2008 ini, di profil Facebook memiliki teman lebih dari 400 orang. Melihat dan menikmati foto-foto di album Facebook-nya, kalau anda seorang lelaki normal, saya jamin akan pingsan menatapnya! Untungnya saya sudah berkeluarga. He..he..he.. (maaf ya Non Giana kalau anda membaca postingan ini)

Kelima, dikarenakan anda saat memberi komentar pada suatu blog biasanya harus dimoderasi (disetujui atau ditolak atau disunting) admin situs, maka dalam form komentar anda di dashboard admin blog akan terlacak dari siapa, kota mana, hari, tanggal dan jam berapa serta alamat email si pengirim komentar tersebut. Berdasarkan itu tidak jarang admin situs ‘menemukan kembali’ teman lama (masa kecil, sekolah, kuliah, perkumpulan, grup) yang lama ‘telah hilang ditelan bumi’. Saya membuktikan sendiri melalui blog ini, berjumpa dengan teman-teman lama yang juga lama tak terdengar kabar berita dan entah gerangan sebelumnya tidak tahu keberadaanya.

Keenam, apabila anda admin/pemilik suatu blog dan dengan kerendahanhati serta keluhuran budi juga ikut menulis komentar santun di blog lain (tidak peduli blog terkenal ataupun baru dibuat), niscaya admin blog tersebut akan merasa senang telah dikunjungi blognya. Rata-rata para admin blog tersebut akan membantu persoalan-persoalan menyangkut apa saja dan sebisa mungkin memenuhi ‘permintaan’ anda. Kuncinya terletak pada kesopanan dan kesantunan anda dalam mengetuk pintu dan jendela hati si admin blog tersebut

Berdasarkan alasan-alasan yang saya kemukakan di atas, sudah selayaknyalah mulai hari ini anda menulis suatu komentar di sebuah blog yang anda kunjungi!

Termasuk blog ini….

Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Petak Ide dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Arti Penting Menulis Komentar di Blog yang Anda Kunjungi

  1. elanamy berkata:

    oke deh… setuju……tak ksh comment deh… tp,syaratnya ngasih comment deh di blog-ku, bung dwiki.

  2. Abdi Ki Semar berkata:

    Trims mas Dwiki atas tipnya. karena aku betul betul pendatang baru di dunia maya. Lebih lebih di WordPress. Mudah mudahan tip ini akan menjadikan teman teman lebih ringan tangan untuk mengisi kolom komentar.

  3. Chibisoft berkata:

    Wah mengisi komentar sih sebenarnya sudah merupakan kewajiban bagi para blogger yang ingin memperluas jaringan blognya ataupun untuk web nya mereka agar lebih dikenal dan lebih mudah ditemukan disegala search engine yang ada. mengisi komentar merupakan salah satu cara untuk SEO.
    Salam kenal ya Dwiki

  4. MASEDLOLUR berkata:

    ilmu iku kelakone kanthi laku, begitu wewarah mbah-mbah saya, Bung Dwiki nggak ngerti, ya?
    wis mesthi aku wong Jowo

    salam kenal!

  5. Dwiki Setiyawan berkata:

    Terima kasih untuk rekan-rekan yang telah memberikan komentar di blog ini.

    Tanpa mengurangi rasa hormat pada rekan-rekan, salah satu tujuan membuat blog ini adalah memperluas jaringan persahabatan dan persaudaraan.

    Saya tidak akan sekalipun di blog ini membeda-bedakan antara satu dengan yang lainnya. Apalagi menulis kata atau kalimat melukai orang lain (dari blog).

    Apabila rekan-rekan membutuhkan suatu bahan, data atau apalah istilahnya yang berkaitan dengan bidang aktivitas (kerja dan sosial), sedapat yang mampu saya lakukan akan saya bantu.

    Rentang waktu pengalaman yang saya lalui membuktikan bahwa bila kita bisa membantu sesama, Yang Maha Mengetahui akan membalasnya dengan cara lain yang kadang tidak pernah kita duga sebelumnya.

    Menjadi orang santun termasuk di kancah blog, memang membutuhkan kedewasaan, jejak rekam kehidupan dan jam terbang tinggi.

    Itu ilmu atau seni bergaul. Yang tidak akan didapatkan dalam praxis (teori & kenyataan) sekolah-sekolah formal.

  6. Na berkata:

    Artikel yg menarik.. Salam kenal..

  7. andre darmawan berkata:

    memang ada kalanya agak susah untuk mengikuti para blogger yang semakin hari semakin inovatif dalam memberikan informasi dan terobosan yang hebat dalam mengelola blog, tapi setelah membaca dari beberapa referensi teman teman yang sudah berkecimpung lama di bidang ini, jadi semangat lagi deh

    salam kenal aja, dan tetap semangat….. !!!!

    Salam Super dari tangerang

  8. satir berkata:

    wah terimakasih banyak ya pak atas ilmunya..karena jujur,saya masih belum pernah sama sekali memberikan postingan komentar pada setiap blog yang saya kunjungi..
    makanya,blog saya pun sepi dari komen,bapak kunjungi blog saya ya,dan berikan masukan pada karena saya baru belajar di blog,hehe..terimakasih…

  9. mistari berkata:

    trimaksih aku telah membaca artilel ini.

  10. mawa berkata:

    http://hajrabali.wordpress.com ini adalah blog pertama yang saya buat. seorang kawan berbaik hati mengajari bagaimana membuat blog menggunakan ‘wordpress’. ketika dia mengajari saya tanpa modal pengetahuan apa tentang dunia blog. saya juga belum siap dengan materi apa yang akan dimuat. barangkali tanpa kebaikan seorang kawan, saya sampai hari ini pasti tidak mengenal (walau sedikit) tentang dunia blog. saya juga lupa bagaimana cara meng update dan mengedit. oleh karena itu saya akhirnya membiarkan blog ini tanpa terurus. apalagi sejak saya dikenalkan dengan media blog lain, selain wordpress, yaitu ‘blogspot’. sekali terima kasih kpd semua guru, termasuk guru blog saya. Dengan menggunakan blogspot, saya beberapa kali sempat mengedit artikel (materi ala kadarnya) yang saya muat. Saya juga mulai dapat mengunggah gambar alias foto. Memang saya harus setiap hari melihat kemabli, mengedit, dan mengutak-atik weblog yg saya buat. Tujuannya agar tidak lupa. Sewaktu bulan syswal yang lalu, saya tidak sempat membuka weblog saya. Akibatnya saya mera-raba kembali cara membukanya dll. Kalau mau tahu weblog saya silakan kunjungi di http://mawa2014.blogspot.com atau http://socio-pragmatics.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s