Download Kalender Pemilu 2009


Apabila saya perhatikan kalender-kalender 2009 yang dibuat Calon Legislatif Pemilu 2009, hampir semuanya seragam. Ciri-cirinya:

  1. Latar belakang warna kalender mengikuti warna dasar partai,
  2. Ada No dan Lambang Partai Politik bersangkutan,
  3. Ada foto si Caleg bersangkutan,
  4. Ada rayuan untuk mencontreng No Urut Caleg bersangkutan,
  5. Parpol yang punya tokoh kharismatik, mencantumkan gambar si tokoh.

Oleh karena itu Caleg dari PDIP, misalnya, kalender yang dibuat sudah kasat mata dari kejauhan: Warna Merah, tercantum Nomor dan Logo Moncong Putih, Foto si Caleg Berjas Merah, dan rayuan mencontreng No atau Nama si Caleg dan (tambahan) gambar Ketua Umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri. Di kalender caleg Partai GOLKAR, Partai Demokrat, PKS dan lain-lain juga senada seirama.

Saya mengistilahkan kalender semacam itu Kalender ala Yahoo. Tampil warna-warni dengan disain yang menampilkan banyak ‘iklan’ gambar dan teks.

Mohon maaf ya, hal tersebut menandakan si caleg berprinsip dana (cetak-mencetak) keluar minimal dan hasil yang diharapkan maunya maksimal. Itu sah-sah saja. Karena bagaimanapun yang pertama diuntungkan oleh kalender model seperti itu:

  1. Perusahaan jasa cetak-mencetak,
  2. Perusahaan jasa ekspedisi pengiriman barang,
  3. Pribadi-pribadi yang diorder untuk mendistribusikan kalender tersebut.

Kalender ala Yahoo di atas, memiliki keterbatasan dalam hal penyebaran. Karena pada prinsipnya kalender tersebut diperuntukkan untuk konstituen tradisional parpol bersangkutan. Jika kalender dari Partai GOLKAR, misalnya, diberikan oleh individu yang simpatisan atau bahkan anggota PKS, sudah barang tentu diterima. Namun untuk ditempelkan di dinding rumah si penerima, saya kok pesimis itu dilakukan.

Kalender ala Yahoo tersebut juga memiliki keterbatasan apabila mau dibagikan di institusi pendidikan, instansi pemerintahan, institusi swasta dan sebagainya.

Oleh karena itu, kami menawarkan gagasan pembuatan Kalender ala Google. Menyampaikan informasi kepada khalayak hanya dengan iklan kecil teks biasa. Yang letaknya di sudut kiri bawah kalender. Sebagai caleg, anda bisa membuat Kalender 2009 tanpa ada sedikitpun embel-embel atribut partai. Kalender tersebut dibuat eksklusif, dan hanya mencantumkan misalnya kata-kata berfont kecil di sudut kiri bawah kalender sebagai berikut:

  • Dipersembahkan oleh Dwiki Setiyawan Caleg DPR-RI No Urut 10 Partai Kalang Kabut (PKK) Daerah Pemilihan Jawa Tengah V,
  • Cinderamata dari Dwiki Setiyawan Caleg DPRD Provinsi Jawa Tengah No Urut 10 Partai Kalang Kabut (PKK) Dapil Jateng V,
  • (atau kalimat yang anda konsep sendiri).

Kalender ala Google di atas terkesan netral, tanpa melupakan tujuan ‘promosi’ dan ‘iklan’ pribadi caleg kepada sasaran yang akan diraih. Karena kesan yang terlihat netral tersebut, kalender yang anda bagikan niscaya menjangkau banyak kalangan dan kelompok, dan mereka bersedia menempelkannya di dinding rumah! Anda umpamanya bisa membuat kalender pendidikan dengan sasaran institusi pendidikan. Sekali lagi jangan mencantumkan atribut partai politik anda sedikitpun.

Seandainya Tahun 2009 ini saya nyaleg, Kalender 2009 yang akan saya bagikan dan edarkan harus: lain dari pada lain, ekslusif, bisa menjangkau kalangan tertentu misalnya birokrasi pemerintahan, LSM, mahasiswa dsb. Kalender tersebut adalah Kalender Pemilu 2009 (wong ada kelender pendidikan, mengapa pula tidak ada kalender pemilu). Kalender tersebut kalender ala Google, hanya mencantumkan teks kecil sebagai iklan di sudut kiri kalender. Saya yakin, kalender tersebut mungkin satu-satunya di Indonesia. Cuma sayangnya tahun ini saya belum nyaleg. Ha..ha..ha.

Untuk institusi pemerintahan daerah saja, Kalender Pemilu 2009, pasti dibutuhkan. Tinggal anda menghitung di Daerah Pemilihannya, berapa yang mau diedarkan di kantor Pemda, Kandep, Kecamatan dan Kelurahan dan lain-lain.

Kalender dimaksud tengah kami persiapkan, dalam beberapa hari mendatang bisa Bapak/Ibu download. Patokan untuk membuat Kalender Pemilu 2009, adalah Tahapan Pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kalau sudah kami posting, anda pasti terkejut dan terbelalak dengan gagasan ini. Namun demi ketelitian dan kualitas gambar, mohon sabar menunggu.

Anda yang berkunjung ke blog kami ini, akan senantiasa kami manjakan dengan info dan gagasan-gagasan cemerlang seperti posting di atas. Persis seperti motto blog ini: “Pencerah Langit Pikiran”.

Eit, jangan-jangan anda yang sedang nyaleg juga tertarik dengan ide Kalender Pemilu 2009 ini. Dan mau mencetak lagi. Ya itu tadi, senantiasa ada yang diuntungkan oleh sebuah gagasan kecil namun cukup brilyan ini (memuju diri sendiri boleh kan). He..he..he.


Tentang Dwiki

Simpel dalam menatap hidup dan menapaki kehidupan!
Pos ini dipublikasikan di Pemilu 2009 dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Download Kalender Pemilu 2009

  1. senopatiarthur berkata:

    Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://pemilu-2009.infogue.com/download_kalender_pemilu_2009

  2. giana pratidina,S.AB berkata:

    thanks for ur info, bung dwiki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s